google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo KUARTAL PERTAMA KINERJA MAPA MELEBIHI EKSPEKTASI Langsung ke konten utama

KUARTAL PERTAMA KINERJA MAPA MELEBIHI EKSPEKTASI


PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), yang bergerak di bisnis sports, kids dan leisure, hari ini mengumumkan pencapaian kinerja untuk kuartal pertama yang berakhir pada 31 Maret. Pendapatan bersih perusahaan mencapai Rp1,3 triliun, sementara margin laba kotor tercatat sebesar 42,8%. Laba usaha tercatat senilai Rp33,4 miliar, sementara EBITDA dibukukan sebesar Rp187,5 miliar dengan laba bersih sebesar Rp638 juta.

Penjualan MAPA pada kuartal pertama melampaui ekspektasi perusahaan, seiring dengan terus membaiknya kondisi fundamental bisnis di Indonesia yang mendukung kuatnya pertumbuhan. Penjualan produk baru yang meningkat selama Tahun Baru Imlek di seluruh produk Running, Home Fitness, Leisure & Lounge, Sandals, dan Kids, mempertahankan momentum di kuartal ke-4 tahun 2020.

Namun, potensi penjualan secara menyeluruh masih terkendala oleh pengurangan jam operasional pusat perbelanjaan di Indonesia sebagai dampak dari pandemi. Selain itu, traffic pelanggan ke gerai fisik MAP yang melebihi ekspektasi pada kuartal ke-4 dan Tahun Baru Imlek mengakibatkan kurangnya ketersediaan produk-produk best seller.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyampaikan, "Melalui MAP CLUB loyalty platform, kami menyadari tingginya tingkat permintaan, namun kami mengalami keterbatasan pasokan produk merek-merek terbaik pada kuartal pertama, dikarenakan penjualan produk baru yang melampaui ekspektasi. Meskipun demikian, selama inventory tersedia, penjualan kami tetap kuat. Hal ini meyakinkan kami bahwa kinerja pada kuartal ke-2 akan jauh lebih baik seiring dengan keseimbangan antara inventory dengan penyesuaian strategi perusahaan".

Sementara itu, kenaikan kasus baru Covid-19 di pasar internasional MAPA: Thailand, Vietnam serta Filipina mengakibatkan kebijakan lockdown dan penutupan gerai-gerai kembali diterapkan selama beberapa waktu pada kuartal pertama. Hal ini menyebabkan melambatnya penjualan bersamaan dengan peningkatan inventory untuk memenuhi kebutuhan peluncuran merek baru. Fundamental bisnis diharapkan akan lebih menguntungkan pada kuartal ke-2 seiring dengan meredanya kebijakan pembatasan.

Ratih mengatakan, "Kami telah sukses melakukan peluncuran beberapa merek baru di Filipina dan Vietnam pada kuartal pertama. Pada saat geraigerai dibuka, momentum penjualan sangat baik, dan kami sangat optimis terhadap investasi jangka panjang di pasar yang berkembang ini akan menguat setelah tantangan pandemi Covid-19 ini berlalu."

Margin laba kotor mengalami peningkatan tertinggi dalam 12 bulan terakhir, dikarenakan adanya permintaan yang sesuai target market dari anggota MAP CLUB. Hal ini mendorong peningkatan rata-rata konversi produk berharga normal, melalui penerapan strategi Unified Retail MAP dalam gerai online maupun fisik. Kontribusi penjualan dari MAP CLUB loyalty program juga semakin bertumbuh, mengindikasikan berkembangnya keahlian perusahaan dalam komunikasi direct-toconsumer.

Sementara itu, penjualan Digital meraih level tertinggi yaitu 12,5% dari penjualan, didukung oleh peluncuran situs baru dan traffic dari pelanggan yang melebihi ekspektasi ke situs-situs utama perusahaan seperti Planet Sports, Kidz Station, dan platform MAP CLUB. Situs mono brand New Balance dan Skechers yang baru diluncurkan juga memiliki permintaan yang tinggi.

"Posisi eCommerce kami yang solid, melalui berbagai platform, termasuk multi brand, mono brand dan market place, telah membantu kami untuk mencapai potensi traffic pengunjung secara optimal," ungkap Ratih. "Terlepas dari peluncuran platform baru untuk pelanggan, investasi kami di area ini telah mengurangi dampak dari penutupan gerai akibat pandemi."

Kinerja MAPA di masa mendatang akan didukung oleh penjualan yang terus membaik dan kembalinya keyakinan konsumen. Pandemi masih akan terus mempengaruhi periode yang sedang berjalan, namun MAPA tetap percaya pada strategi pertumbuhan jangka panjang perusahaan untuk menjadi perusahaan brand commerce terdepan di kawasan regional.

"Kami tetap fokus pada 4 tujuan jangka panjang perusahaan, yaitu Integrasi gerai-gerai online dan offline; Ekspansi regional dengan mitra merek terbaik; Melanjutkan tranformasi digital yang berfokus pada program Loyalty dan CRM; serta Akuisisi atau kemitraan strategis," tutur Ratih menyimpulkan.

"Masih terdapat berbagai peluang yang menarik untuk pertumbuhan dan ekspansi kami di sports, kids dan leisure di tahun 2021 dan seterusnya," Ratih menyimpulkan.(end)

Sumber: IQPLUS

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Elliott Wave

Mengenal Elliott Wave Teori Elliott Wave dikembangkan oleh R.N. Elliott dan dipopulerkan oleh Robert Prechter . Teori ini menegaskan bahwa perilaku orang banyak surut dan mengalir dalam tren yang jelas. Berdasarkan pasang surut ini, Elliott mengidentifikasi struktur tertentu untuk pergerakan harga di pasar keuangan. Artikel ini adalah sebuah pengantar dasar untuk teori Elliott Wave. Suatu urutan dasar impuls 5-gelombang dan urutan korektif 3-gelombang dijelaskan. Saat teori Elliott Wave menjadi jauh lebih rumit daripada kombinasi 5-3 ini, artikel ini hanya akan fokus pada dasar-dasarnya. RN Elliott Derajat Gelombang dalam Elliott Wave elliott wave degree Konvensi pelabelan yang ditunjukkan di atas adalah yang ditunjukkan dalam buku Elliott Wave. Dalam Elliott-speak, konvensi pelabelan ini digunakan untuk mengidentifikasi tingkat atau tingkat gelombang, yang mewakili ukuran tren yang mendasarinya. Angka Romawi huruf besar mewakili gelombang derajat besar, angka sederha...

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...

Mengenal Indikator Saham OBV | On-Balance Volume

Apa itu On-Balance Volume (OBV)? On-balance volume (OBV) adalah indikator momentum perdagangan teknis yang menggunakan aliran volume untuk memprediksi perubahan harga saham. Joseph Granville pertama kali mengembangkan metrik OBV dalam buku 1963, "Granville's New Key to Stock Market Profits." Granville percaya bahwa volume adalah kekuatan utama di balik pasar dan dirancang OBV untuk diproyeksikan ketika gerakan besar di pasar akan terjadi berdasarkan perubahan volume. Dalam bukunya, ia menggambarkan prediksi yang dihasilkan oleh OBV sebagai "a spring being wound tightly." Dia percaya bahwa ketika volume meningkat tajam tanpa perubahan signifikan dalam harga saham, harga akhirnya akan melonjak ke atas atau jatuh ke bawah. indikator obv saham Intisari Penggunaan Indikator OBV On-balance volume (OBV) adalah indikator teknis momentum, menggunakan perubahan volume untuk membuat prediksi harga. OBV menunjukkan sentimen kerumunan yang dapat mempredi...