google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Wang Wei, Raja Logistik China Berharta Rp 240 Triliun Langsung ke konten utama

Wang Wei, Raja Logistik China Berharta Rp 240 Triliun


China punya banyak sekali pengusaha yang merintis bisnisnya dari nol hingga menjadi besar dan bersaing di dunia. Yang paling terkenal bisa jadi adalah Jack Ma, pendiri e-Commerce Alibaba yang telah melebarkan sayap ke sejumlah negara.

Kisah inspiratif seorang Wang Wei tak kalah luar biasanya dari Jack Ma. Bos kurir terbesar di negeri Tirai Bambu itu merupakan orang terkaya nomor lima di China (2017) dengan total harta mencapai Rp 240 triliun.

Dibandingkan dengan Jack Ma, pendiri SF Express ini memang kurang populer namanya. Tapi bisnis kurirnya di China telah memberikan posisi yang luar biasa bagi seorang Wang Wei. Padahal, awal di merintis bisnis ini tampaknya mustahil untuk bisa bertahan lama.

Layanan logistik atau kurir sendiri sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi China dan pasar e-Commerce yang terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Sejak melepas saham perdananya ke pasar modal pada 23 Februari 2017 lalu, SF Express kini memiliki kapitalisasi pasar tak kurang dari US$ 38 miliar atau sekitar Rp 551 triliun.

Angka ini mendekati FedEx, perusahaan pengiriman populer asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1971 dengan valuasi US$ 51 miliar.

Harta Wang Wei bahkan sempat mengalahkan Jack Ma pada awal 2017 dengan menjadi orang terkaya ke-2 di China. Dia telah melampaui Tencent's Pony Ma, yang perusahaannya berada di belakang platform WeChat yang populer.

Wang Wei adalah putra dari seorang seorang guru bahasa Rusia di salah satu universitas. Wang Wei lahir di Shanghai pada tahun 1971, hingga akhirnya mengikuti orang tuanya ke Hong Kong.

Tumbuh di sana, Wang Wei hanya menyelesaikan sekolah menengah dan kemudian mulai bekerja yang akhirnya berakhir di sebuah percetakan kecil di kota Shunde di provinsi Guangdong.

Saat mengirim sampel percetakan ke Hong Kong untuk ditinjau oleh klien, ia memperhatikan peningkatan volume dan kurangnya opsi pengiriman yang tersedia. Hal ini dilihatnya sebagai peluang masa mendatang di bidang logistik.

Di lain hal, selama di Shunde, China sendiri saat itu tengah menjalani proses transformasi membuka diri kepada dunia di bawah kepemimpinan Deng Xiaoping. Banyak bisnis Hong Kong kemudian memutuskan untuk mendirikan pabrik di provinsi Guangdong yang mengarah ke peningkatan permintaan untuk layanan pengiriman antara Hong Kong dan China daratan.

Pada tahun 1993, pada puncak reformasi ekonomi China, Wang Wei yang berusia 22 tahun, memutuskan untuk bermitra dengan lima temannya memulai usaha jasa kurir bernama Shunfeng (SF) Express. Modalnya saat itu berasal dari Sang Ayah yang memberikan pinjaman 100.000 RMB atau sekitar US$ 13.000.

Seperti halnya Uber dan Airbnb pertama kali dimulai, model bisnis Wang Wei saat itu adalah ilegal karena bisnis kurir swasta tak diperbolehkan di China hingga 2009. Satu-satunya opsi legal adalah sistem kantor pos nasional yang tidak efisien, meski akhirnya hal ini tidak menghentikan SF express.

Selama 20 tahun sejak pendirian perusahaan, Wang Wei secara pribadi mengendalikan 99,99% SF Express dan menghindari mengambil pendanaan eksternal. Kurangnya informasi ke publik dan investor telah membuat Wang Wei menjadi orang yang sulit dihubungi saat itu.

Ditanya tentang alasannya kerap menghindar dari media, Wang Wei pernah berkata "Menjadi sukses dan menghasilkan uang hanyalah masalah nasib. Itu sebabnya saya tidak berpikir orang harus menyombongkan prestasi dalam karir mereka.

Dari melakukan pengiriman lintas batas secara ilegal ke China dengan menggunakan minivan untuk membeli armada pesawat Boeing, bos SF Express ini kini telah meningkatkan geliat belanja online untuk menjadi salah satu orang terkaya di China.

Industri pengiriman ekspres China adalah yang terbesar di dunia, dengan penjualan mencapai 4 triliun yuan pada tahun 2016. Ini mewakili lebih dari 40% bisnis global di industri.

Dia sekarang adalah orang terkaya kelima di China, dengan total harta US$ 16,4 miliar. Saat ini SF Express, yang juga dijuluki sebagai 'Fedex' nya China itu telah mempekerjakan lebih dari 80.000 staf, menggunakan tiga lusin pesawat dan ribuan kendaraan guna mengirim paket ke seluruh kota-kota besar China.


sumber : detik.com

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Elliott Wave

Mengenal Elliott Wave Teori Elliott Wave dikembangkan oleh R.N. Elliott dan dipopulerkan oleh Robert Prechter . Teori ini menegaskan bahwa perilaku orang banyak surut dan mengalir dalam tren yang jelas. Berdasarkan pasang surut ini, Elliott mengidentifikasi struktur tertentu untuk pergerakan harga di pasar keuangan. Artikel ini adalah sebuah pengantar dasar untuk teori Elliott Wave. Suatu urutan dasar impuls 5-gelombang dan urutan korektif 3-gelombang dijelaskan. Saat teori Elliott Wave menjadi jauh lebih rumit daripada kombinasi 5-3 ini, artikel ini hanya akan fokus pada dasar-dasarnya. RN Elliott Derajat Gelombang dalam Elliott Wave elliott wave degree Konvensi pelabelan yang ditunjukkan di atas adalah yang ditunjukkan dalam buku Elliott Wave. Dalam Elliott-speak, konvensi pelabelan ini digunakan untuk mengidentifikasi tingkat atau tingkat gelombang, yang mewakili ukuran tren yang mendasarinya. Angka Romawi huruf besar mewakili gelombang derajat besar, angka sederha...

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...

Mengenal Indikator Saham OBV | On-Balance Volume

Apa itu On-Balance Volume (OBV)? On-balance volume (OBV) adalah indikator momentum perdagangan teknis yang menggunakan aliran volume untuk memprediksi perubahan harga saham. Joseph Granville pertama kali mengembangkan metrik OBV dalam buku 1963, "Granville's New Key to Stock Market Profits." Granville percaya bahwa volume adalah kekuatan utama di balik pasar dan dirancang OBV untuk diproyeksikan ketika gerakan besar di pasar akan terjadi berdasarkan perubahan volume. Dalam bukunya, ia menggambarkan prediksi yang dihasilkan oleh OBV sebagai "a spring being wound tightly." Dia percaya bahwa ketika volume meningkat tajam tanpa perubahan signifikan dalam harga saham, harga akhirnya akan melonjak ke atas atau jatuh ke bawah. indikator obv saham Intisari Penggunaan Indikator OBV On-balance volume (OBV) adalah indikator teknis momentum, menggunakan perubahan volume untuk membuat prediksi harga. OBV menunjukkan sentimen kerumunan yang dapat mempredi...