google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Resiko Investasi Saham Langsung ke konten utama

Resiko Investasi Saham

Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang resiko investasi saham. Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi lengkap tentang resiko investasi saham. Kami telah menyusun artikel kali ini dengan seksama. Harapannya melalui artikel ini mampu memahamkan kita semua tentang resiko investasi saham dengan baik.

Resiko Investasi Saham

resiko investasi saham
Pada semua kegiatan investasi yang dilakukan oleh siapapun, akan selalu ada tingkatan resiko yang harus kita pertimbangkan ketahui. Apabila kita bisa mengetahui seberapa tinggi level resiko yang bisa mungkin akan kita alami, itu akan membuat hati kita lebih tenang seandainya saja ada dari resiko, yang sudah kita pikirkan sebelumnya itu, yang terjadi. Pada setiap level resiko mempunyai perbedaan dampak terhadap aktifitas investasi kita. Perlu kita ketahui bahwa ada level resiko yang bisa kita ambil dan Apabila itu terjadi maka dapat kita abaikan, di sisi lain, ada juga level resiko yang dari sebelumnya harus kita hindari.

Kita juga harus membedakan antara dua hal yang kelihatan hampir sama : resiko investasi saham dan kesalahan investasi sahamResiko investasi saham adalah sebuah resiko kerugian yang bisa saja terjadi ketika investasi yang kita lakukan dengan cermat, penuh kehati-hatian dan penuh pertimbangan. Kesalahan investasi saham merupakan kerugian yang mungkin terjadi terjadi karena kita melakukannya tidak dengan cermat, tidak ada kehati-hatian dan tidak melakukan pertimbangan matang dalam melakukan investasi saham tersebut. Kesalahan investasi saham ini terjadi disebabkan karena sejak dari awalnya aktifitas investasi saham itu sudah dimulai dengan tidak benar.
Ketika kita melakukan aktifitas investasi saham, sebagai investor saham, kita harus paham beberapa level resiko yang dapat terjadi, antara lain:

1. Bangkrutnya Sebuah Perusahaan

Pada dasarnya, bangkrutnya sebuah perusahaan adalah resiko terbesar di dalam sebuah aktifitas investasi saham. Apabila sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan, maka kita sebagai investor atau pemegang saham minoritas bisa dipastikan tidak mendapatkan apapun dari kekayaan perusahaan yang mengalami kebangkrutan itu. Resiko investasi yang satu ini adalah sebesar dana yang kita investasikan di perusahaan tersebut. Maka dari itu, apabila resiko investasi ini terjadi, bisa dipastikan bawah semua dana kita akan hilang. Oleh karena itu, pada saat kita akan membeli sebuah saham, kita harus pastikan bahwa sebuah perusahaan yang akan kita beli tidak akan bangkrut. Untuk memastikan ini, kita bisa mengkaji dari laporan keuangan, usaha dan kepemilikan mayoritas serta pengelolaan perusahaan tersebut.

2. Likuiditas Saham

Resiko dalam likuiditas saham ini merupakan sebuah kerugian yang bisa muncul ketika saham tersebut tidak lagi ada transaksi jual beli yang memadai di pasar sekunder. Hal ini merupakan resiko investasi saham terbesar kedua. Apabila saham yang kita punya ternyata tiba-tiba tidak ada transaksi jual beli yang terjadi di pasar sekunder, entah apakah disebabkan kinerja perusahaan yang benar-benar buruk, atau mungkin disebabkan kepercayaan pelaku pasar yang hilang, atau sebab apapun yang lainnya, maka bisa dipastikan harga saham yang kita punya itu akan jatuh menuju pada titik terendahnya, ini bahkan dapat lebih rendah lagi dari harga paling rendah yang bisa diizinkan di bursa saham. Maksudnya adalah harga terendah yang sudah diatur bursa efek Indonesia adalah Rp 50 per saham, nah, harga saham kita dapat saja menjadi lebih rendah lagi oleh karena kita harus menjualnya di pasar negosiasi.

3. Fluktuasi Harga Saham

Resiko fluktuasi harga saham ini merupakan kerugian yang bisa terjadi karena saham yang kita beli nilai harga sahamnya turun di pasar sekunder, baik dikarenakan faktor mikro yang bersifat sementara maupun faktor makro. Faktor makro ini contohnya adalah keadaan perekonomian indonesia atau dunia secara keseluruhan. Faktor mikro contohnya adalah karena sektor bisnis tertentu yang dijalani perusahaan terkait sedang tidak menguntungkan, atau bisa juga karena kondisi internal perusahaan. Kerugian jenis ini biasanya tidak akan sampai 100% dan tentu juga tidak akan sampai pada harga terendah saham tersebut. Karena sebenarnya sebab dari terjadinya fluktuasi harga sahamini tidak mendasar dan tentu sifatnya sementara.

Demikian tadi adalah artikel tentang resiko investasi saham. Kami berharap yang sedikit ini mampu menambah wawasan kita semua. Juga semoga artikel tentang resiko investasi saham ini memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain Apabila menurut anda artikel ini akan berguna bagi orang lain juga. Anda juga bisa berlangganan di blog kami melalui email Apabila anda berkenan. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr