google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Saham | AISA | 21 Juli 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Saham | AISA | 21 Juli 2017

Analisa Saham | AISA | 21 Juli 2017

Berita penyegelan Gudang Utama dari PT Indo Beras Unggul, anak Perusahaan dari AISA muncul seperti Petir di Siang BolongBerita ini langsung menjadi topik utama di berbagai media sosial dan forum saham sepanjang hari ini. Hal ini bukan hal yang mengherankan, karena emiten yang satu ini sebelumnya dikenal sebagai emiten yang punya Fundamental yang baik, banyak pakar saham bahkan rajin merekomendasikan saham ini di tengah masa penurunannya dua bulan terakhir, karena saham ini dianggap layak untuk masuk dalam kategori ‘Value Investing’, dan sangat baik dibeli ketika harganya turun.

Jadi tidak heran kalau berita PENYEGELAN GUDANG BERAS UTAMA milik AISA ini mengagetkan banyak pihak, bahkan investor-investor fundamental sekalipun. Berita yang keluar pagi ini tentunya sangat-sangat mengkhawatirkan bagi para pemegang saham AISA.

Dalam berita ini ada beberapa point penting yang menunjukan parahnya korusakan yang bisa ditimbulkan kejadian hari ini untuk masa depan perusahaan.

PENUTUPAN DILAKUKAN LANGSUNG DILAKUKAN OLEH KAPOLRI TITO KARNAVIAN DAN MENTERI PERTANIAN AMRAN SULAIMAN
Artinya dua orang dengan posisi tertinggi di Indonesia yang berhubungan dengan  kasus ini, merasa perlu untuk langsung turun ke lapangan untuk melakukan penyegelan, fakta ini sudah sangat mencerminkan gawatnya kondisi saat ini. Kita tahu untuk menyegela satu tempat yang diduga melakukan tindak pidana  sama sekali tidak diperlukan petinggi kepolisian apalagi sampai KAPOLRI.

Dalam Konfrensi Persnya Kapolri menyebut beberapa point yang tidak kalah mengerikan, pertama beliau mengatakan bahwa tindak pidana yang dituduhkan Kepolisian sudah merugikan Masyarakat dan Pemerintah sampai puluhan Triliun. Selain itu beliau juga mengkaitkan tindak pidana ini dengan “Mafia Beras’ di dalam negeri.

POLISI TELAH MELAKUKAN PENYELIDIKAN SELAMA BERBULAN-BULAN

Dalam pernyataan Kapolri yang lainnya, dikatakan bahwa pihak kepolisian sudah melakukan penyelidikan selama berbulan-bulan untuk membongkar kasus ini, dan setelah bukti dianggap cukup KAPOLRI sendiri turun kelapangan untuk melakukan ‘penangkapan’.  Artinya sangat kecil kemungkinan AISA bisa lolos dari tuduhan yang diberikan dalam proses peradilan nanti.

Selain itu informasi ini juga menjelaskan mengapa saham AISA bergerak turun sangat signifikan dalam 2 bulan terakhir, yang juga disertai aksi jual besar-besaran oleh para BIG PLAYER dan INVESTOR ASING di saham ini.

sejak akhir bulan Mei lalu secara misterius investor asing terus melakukan penjualan secara massive di saham AISA. Ada aksi jual yang sangat-sangat besar, sesuatu yang tidak pernah terjadi di masa lalu.

Outflow ini memang sejak awal mendatangkan kekhawatiran bagi kami, karena seperti kita lihat bahwa sebelumnya investor asing sedang mengakumulasi saham ini, namun secara tiba-tiba strategi asing di saham ini berubah 180 derajat, bahkan dari perhitungan yang kami lakukan pada periode distribusi ini, kami mendapati bahwa asing sudah menjual saham AISA di bawah level akumulasi mereka sebelumnya (alias Cut Loss).

Hari ini akhirnya kita mengetahui alasan di balik aksi panic selling yang dilakukan oleh Investor Asing ini, terjawab hanya dengan satu statement Kapolri “Penyelidikan dilakukan selama berbulan-bulan”

Selain investor asing kami juga mendapati bahwa para pemain-pemain besar dalam negeri juga melakukan distribusi besar-besaran di saham ini, di masa penyelidikan tersebut.

KEJATUHAN AISA HARI INI & AKSI BELI MISTERIUS YANG DILAKUKAN MERRILL LYNCH

Sampai akhir perdagangan hari ini AISA ditutup dalam posisi Auto Reject Bawah, dan bukan mustahil saham akan segera di suspend oleh bursa, jika mempertimbangkan parahnya kasus yang sedang menimpa perusahaan ini.

Jika kita memperhatikan pergerakan AISA sepanjang sesi satu asia para banyak trader yang sudah memahami analisa bandarmologi menemukan satu fakta yang cukup misterius, yaitu munculnya satu broker raksasa MERRILL LYNCH sebagai Top Buyer sepanjang perdagangan hari Jumat ini.

Hal ini cukup mengherankan karena pada umumnya ketika saham terjun bebas seperti AISA hari ini, biasanya sekuritas YP (Mirae Asset) dan PD (Indo Premier) yang notebene adalah kedua broker dengan jumlah investor ritel terbesar di Indonesia yang akan menjadi TOP BUYER, karena seperti selalu kami bahas masih minimnya pengetahuan investor ritel mengenai Ilmu Bandarmologi membuat investor ritel hampir selalu menjadi korban BANDAR dalam kondisi-kondisi seperti ini.

Namun seperti kita lihat pada broker summary di atas meskipun YP dan PD memang telah menjadi korban di saham ini, namun ML tetap menjadi ‘korban utama’ dengan jumlah pebelian sebesar 94 ribu lot sepanjang perdagangan hari ini. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan bagi para investor ritel.

Apakah ada udang di balik batu? Mengapa sekuritas sekelas ML, yang jelas tidak diisi oleh investor ritel memilih untuk memborong satu saham yang terancam keberadaanya seperti AISA saat ini ?

Kalau ML mau membeli saham ini di level harga yang murah, mengapa mereka tidak membiarkan investor ritel yang dihajar lebih dulu oleh para pemain besar yang panik sepanjang perdagnangan hari ini, sehingga membuat saham ini bisa terus Auto Reject bawah  selama beberapa hari kedepan, baru setelah itu mereka memulai pembelian mereka di harga yang jauh lebih murah dari hari ini ?

saham AISA sebenarnya sudah sempat berada di level Auto Reject bawah, pada jam 9.30 pagi tadi, dalam periode tersebut INVESTOR RITEL terlihat sudah menjadi korban utama dalam penurunan harga saham ini, terlihat dari kurva biru pada grafik yang terus naik di masa penurunan saham ini di awal sesi.

ML sendiri terlihat tidak bergerak sama sekali pada periode penurunan pertama tersebut, dalam kondisi tersebut jika ML mau membeli saham ini di harga murah mereka bisa menunggu beberapa hari kedepan, dimana kejadian yang kurang lebih sama akan terjadi lagi karena ritel juga tidak akan kuat menahan aksi jual para pemain besar lainnya seperti yang terjadi dalam 30 menit pertama perdagangan hari ini.

Namun anehnya ML justru memilih untuk muncul hari ini, dan aksi beli yang mereka lakukan membuat saham AISA kembali bangkit, terlihat dari kurva merah yang naik seiring dengan bangkitnya harga AISA di sesi 1 tadi.  Namun ujung-ujungnya harga AISA tetap jatuh juga dan balik lagi ke level AutoReject Bawah sampai penutupan hari ini. Jadi banyak yang menganggap aksi nekad ML ini sudah gagal total hari ini.

BANDAR MASIH PUNYA BANYAK BARANG YANG BELUM DIJUAL

Alasan di balik pembelian misterius ML tersebut sebenarnya cukup sederhana, hal itu dapat terjawab dengan melihat pergerakan  YP dan PD setelah pergerakan misterius ML tersebut. Kita melihat meskipun harga sempat naik tapi para investor ritel bukannya profit taking dan menyelamatkan diri dari saham ini malah terus memborong saham ini, kurva pergerakan YP dan PD pun terus bergerak naik sesudah ML mengangkat saham ini.  Artinya karena aksi beli yang dilakukan  ML, jumlah investor ritel yang membeli saham ini justru bertambah banyak.

Inilah sebenarnya tujuan dibalik pembelian misterius MERRILL LYNCH, broker ini bukanlah broker nekad yang gagal mengangkat harga, melainkan broker yang digunakan oleh BANDAR yang sama dengan yang sedang berusaha menjual saham ini sebanyak-banyaknya ke investor ritel.

Kita melihat jika ML tidak digunakan BANDAR, jumlah barang yang bisa dijuan BANDAR ke RITEL dalam kasus ini (YP dan PD) hanya sebesar 55 ribu lot (level dimana harga AISA sudah berada dalam level auto reject bawah di awal perdangan sesi 1 tadi). Namun dengan menambahkan ‘faktor ML’ dalam aksi distribusi yang dilakukan BANDAR hari ini jumlah barang yang bisa didistribusi ke INVESTOR RITEL bisa naik lebih dari dua kali lipatnya.

Jika melihat dari sudut pandang ini kita bisa melihat dengan jelas tujuan BANDAR sepanjang hari ini, dan mengapa ML tiba-tiba muncul sebagai pembeli misterius dalam perdagangan hari ini. Semua itu bertujuan untuk menjual saham ini sebanyak-banyaknya ke Investor Ritel dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Karena bukan mustahil saham ini akan segera di SUSPEND oleh bursa minggu depan, seperti yang terjadi di saham DGIK minggu ini. Jadi bagaimanapun caranya BANDAR harus menjual saham ini sebanyak mungkin ke INVESTOR RITEL.

Apalagi kita sama-sama tahu untuk BANDAR  menjual semua sahamnya di AISA dibutuhkan waktu yang cukup panjang, dan tidak mungkin dilakukan hanya dalam waktu 2 bulan seperti yang terjadi dalam kasus ini dimana BANDAR sudah melakukan aksi jual besar-besaran sejak awal penyidikan.

Jadi prediksi kami BANDAR akan menggunakan berbagai trik yang dimiliki untuk menjual sebanyak mungkin saham AISA ke INVESTOR RITEL dan sebagai investor ritel terutama yang belum membeli saham ini, sebaiknya kita menjauh dulu dari saham ini.

 

Kasus AISA ini merupakan satu lagi bukti bahwa Analisa Bandarmologi bukan hanya dapat membantu memprediksi pergerakan BANDAR, namun juga dapat membantu kita melihat sesuatu yang selama ini tidak terlihat oleh investor ritel, dengan melihat distribusi besar-besaran yang dilakukan oleh Bandar maka secara otomatis kita akan lebih berhati-hati bahkan menjauhi saham ini meskipun kita belum tau apa alasan Bandar melakukan aksi panic selling tersebut.

by Creative-Trader

Komentar

  1. analisannya kurang jitu,,liat tuh AISA naik trs

    BalasHapus
  2. Perlu juga jurus W.Buffet beli saat orang menjauhinya.. Alhasil.. Nanjak terus.. Bravo..

    BalasHapus

Posting Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit