google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 30 November 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 30 November 2017

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Nov 30, 2017)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Darmawan Halim (darmawan.halim@miraeasset.co.id)
Pertemuan OPEC di Wina hari ini akan menjadi fokus dengan harapan pemotongan produksi minyak akan diperpanjang dari Maret ke Desember 2018, meskipun ada kekhawatiran mengenai komitmen dari Rusia. Perekonomian AS berada pada jalur pemulihannya dengan PDB 3Q yang direvisi menjadi 3,3%, yang juga dikonfirmasi oleh kesaksian Janet Yellen bahwa ekspansi terlihat secara luas di seluruh sektor. Dari sisi domestik, survei BI menunjukkan bahwa inflasi pada minggu ke 3 November mencapai 0,23%, sedikit lebih tinggi dari perkiraan semula di 0,18%.

Market Indicator
JCI: 6,061.37 (-0.15%)
EIDO: 26.87 (-1.36%)
DJIA: 23,940.68 (+0.44%)
FTSE100: 7,393.56 (-0.90%)
USD/IDR: 13,500 (-0.07%)
10yr GB yield: 6.53% (-6bps)
Oil Price: 57.30 (-1.19%)
Foreign net purchase: -IDR7,058.9bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: BBTN, UNTR, ICBP, EXCL, WSKT
TOP SELL: BMRI, BBCA, TLKM, BBRI, UNVR

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BMRI, BBCA, BBRI, TLKM, UNTR

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,061.37(-0.154%), test resistance at 6,082, trading range hari ini  6,040 – 6,082.  IHSG akan coba bertahan diatas center line dalam pola kenaikkan terbatas.  Hal ini mengingat indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized akan menguji support trend line, dan Stochastic %D cenderung naik terbatas. Sementara itu pada indikator Bollinger Band optimized indeks ini akan coba naik dan tembus BBTop. Pada pergerakkan weekly, Indikator MFI optimized dan Stochastic%D optimized cenderung turun dan indikator W%R optimized relatif flat dan harga pada Bollinger Band optimized akan bertahan sekitar BBTop.
*INKP Daily, 5,175 (+5,828%), trading buy, trading range 5,075 – 5,300. Indikator MFI optimized, indikator RSI optimized dan indikator Stochastic % D optimized cenderung naik. Pada pergerakkan daily harga saat ini naik ke level +5.828 % , normal kenaikkan sekitar +2.45 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly harga terkoreksi ke level -8.811%, normal koreksi sekitar -4.46 %. Dengan demikian potensi koreksi relatif terbatas dengan kecenderungan menguat. Daily resistance terdekat di 5,300 sebelum ke weekly resistance di 5,375. Daily dan weekly support di 5,075 dan 5,050. Cut loss level di 4,725.
*ACES Daily, 1,150 (+2.679%), trading buy, trading range 1,120 – 1,170. Indikator MFI optimized, indikator RSI optimized dan  indikator Stochastic%D cenderung naik. Disisi lain pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba naik mendekati center line. Lebih lanjut potensi kenaikkan normal harga pada pergerakkan daily sekitar +1.84%, saat ini di level +2,679 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly kenaikkan normal sekitar +3.99% saat ini harga di level +2.222%. Dengan demikian potensi kenaikkan masih terlihat. Weekly resistance di 1,195 dengan catatan daily resistance 1,170 dapat ditembus. Sementara itu daily dan weekly support di 1,120 dan 1,105.Cut loss level di 1,100.
*JSMR Daily, 6,500 (+0.386%), trading buy, trading range 6,400 – 6,575. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator Stochastic %D cenderung naik lebih lanjut. Jika dilihat lebih lanjut potensi kenaikkan l pada pergerakkan daily sekitar +1,25 %, saat ini di level +0,386 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly kenaikkan normal sekitar +2.83 % saat ini naik ke level +1.167%. Dengan demikan potensi kenaikkan mulai terlihat. .  Dengan demikian diperkirakan potensi kenaikkan masih terlihat. Perkiraan daily resistance di 6,600 dan weekly resistance di 6,650. Daily support di 6,400 dan weekly support di 6,250. Cut loss level di 6,400.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

*Pertumbuhan PDB kuartal III AS meningkat menjadi 3,3% dari 3%
*PDB kuartal ketiga A.S. adalah yang terkuat dalam tiga tahun
*Kenaikan belanja konsumen dipangkas menjadi 2,3% dari 2,4%

*BKSL +4.6%. BKSL bentuk usaha patungan dengan Sumitomo Corporation.
*SMRA +0.5%. SMRA terbitkan obligasi senilai Rp800 miliar.
*JSMR +0.3%. Desember 2017, Jasa Marga Bakal Catatkan Obligasi Komodo.
*EMTK -2.4%. Elang Mahkota akan rights issue 10% saham
*BBRI -2.3%. BRI kucurkan kredit Rp 350 miliar ke Pelindo I
*LTLS -0.4%. PT Lautan Luas Tbk (LTLS) hari ini mencatatkan Obligasi Berkelanjutan II Tahap II Tahun 2017 senilai Rp650 miliar.
*INTP -2.9%. Indocement mematok capex hingga Rp 1,5 triliun

Daily write up
[Trend Focus] Going public in 2018 by Mangesti Diah Sulistiani (mangesti@miraeasset.co.id)
- Kementrian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) mengatakan beberapa anak perusahaan BUMN akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO (Initial Public Offering) tahun depan. IPO ditargetkan dilakukan awal, pada 1Q18 oleh sepuluh anak perusahaan BUMN yang mayoritas dari sektor properti, termasuk PT Patra Jasa (anak perusahaan PT Pertamina), PT Adhi Persada Gedung (anak perusahaan PT Adhi Karya), dan PT Waskita Jalan Tol (anak perusahaan PT Waskita Karya).
- Four subsidiaries of SOEs successfully conducted IPOs in 2017: PT Garuda Maintenance Facility Aeroasia (GMF), PT PP Presisi (subsidiary of PT PP), PT Wijaya Karya Gedung (subsidiary of PT Wijaya Karya), and PT Jasa Armada Indonesia (subsidiary of PT Pelabuhan Indonesia II).
- Direktur Utama BEI, Bapak Tito Sulistio, menyarankan agar setiap perusahaan BUMN yang berencana melakukan IPO harus mempertimbangkan untuk memberikan potongan harga 20%, sehingga investor bisa mendapatkan capital gain. Mr Tito juga mengisyaratkan bahwa Januari-Maret 2018 adalah periode terbaik bagi anak perusahaan BUMN untuk melakukan IPO. Hal ini karena diperkirakan ada potensi penarikan dana dari sistem perbankan menyusul pelaksanaan pilkada serentak di 117 wilayah pada bulan Juni.

<Market Headlines>

Usulan cost sharing BPJS Kesehatan ditolak (Kontan)
Pemerintah masih mencari jalan keluar untuk menutup deficit BPJS Kesehatan.

INTP siapkan belanja modal IDR1.5tr (Kontan)
INTP menganggarkan capex 2018 sebesar IDR1.4tr-IDR1.5tr. Sumber pendanaan belanja modal INTP tersebut berasal dari kas internal.

Ekspansi pabrik Stainless Steel, Antam mencari mitra strategis (Investor Daily)
PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berencana membangun pabrik stainless steel dengan mengundang mitra strategis. Perusahaan saat ini sedang berdiskusi dengan beberapa mitra strategis yang berasal dari China, Taiwan, Eropa, dan Jepang.

Semen Baturaja menetapkan target pertumbuhan pendapatan sebesar 59% (Investor Daily)
PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) memprediksi pendapatan perusahaan akan tumbuh 59% YoY di tahun 2018. Selanjutnya, perusahaan juga memprediksi bahwa EBITDA akan tumbuh 70% YoY di tahun 2018.

Sokonindo Automobile Disiapkan Jadi Pabrikan Mobil Listrik (Bisnis Indonesia)
Pabrikan PT Sokonindo Automobile dipersiapkan untuk memproduksi mobil listrik. Investasi dari pabrik tersebut mencapai US$150 juta dan langsung menyerap tenaga kerja sebanyak 2.000 orang

Kemenperin Terus Perkuat Industri Kecil dan Menengah (Bisnis Indonesia)
Kementerian Perindustrian berupaya untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah di pasar global.

Tak Kunjung Bangun Smelter, Pemerintah Diminta Lebih Tegas (Bisnis Indonesia)
Haykel Hubies, Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I), mengatakan relaksasi ekspor mineral mentah sebagian besar dinikmati oleh perusahaan yang sudah kuat dan memiliki smelter. Yang perlu diperhatikan adalah perusahaan yang sudah mendapatkan ekspor, tetapi sedang atau baru berencana membangun smelter.

(Kompas)
Hilirisasi Tambang Mendesak: Perkembangan Teknologi Dorong Pertumbuhan Permintaan
Kualitas Layanan Ditingkatkan: Perkembangan Digital Munculkan Transformasi
Pisahkan Politik dan Ekonomi: Presiden Ajak Pengusaha untuk Tidak Menunggu
Investasi China Diharapkan Segera Terealisasi
Pemerataan Pembangunan Penuh Tantangan: PLN Pacu Kecukupan Pasokan Listrik di Daerah

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit