google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 8 Desember 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 8 Desember 2017

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Des 8, 2017)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Darmawan Halim (darmawan.halim@miraeasset.co.id)
Tidak banyak petunjuk dari pasar global, bahkan pasar AS mengabaikan kemungkinan pemerintah AS tutup karena kekurangan dana anggaran. Dari sisi domestik, survei BI pada bulan November 2017 mengindikasikan bahwa konsumen masih menahan diri dari belanja dan lebih memilih menabung, karena proporsi konsumsi terhadap pendapatan turun sebesar 0,4% menjadi 65,3% sementara proporsi tabungan terhadap pendapatan meningkat sebesar 0,8% menjadi 21%.

Market Indicator
JCI: 6,006.84 (-0.47%)
EIDO: 26.97 (+0.37%)
DJIA: 24,211.48 (+0.29%)
FTSE100: 7,320.75 (-0.37%)
USD/IDR: 13,554 (+0.06%)
10yr GB yield: 6.56% (+3bps)
Oil Price: 56.69 (+1.30%)
Foreign net purchase: -IDR890.2bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: BBTN, ITMG, SCMA, INDF, LPPF
TOP SELL: BMRI, BBCA, BBRI, JSMR, ASII

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BBCA, TLKM, BBRI, BMRI, BUMI

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,006.83(+0.475%), test resistance at 6,038, trading range hari ini  5,996 – 6,038.  IHSG masih coba  naik lebih lanjut mendekati center line .  Hal ini mengingat indikator MFI optimized akan coba naik dari support trend line, indikator RSI optimized dan indikator Stochastic %D optimized cenderung turun. Pada Bollinger Band optimized harga akan coba tembus center line.  Sementara itu pada Figure 3 pada periode weekly ,indikator MFI optimized akan menguji support trend line, indikator RSI optimized dan indikator stochastic %D optimized  cenderung naik.  Daily resistance di 6,039 dan daily support di 5,996. Cut loss level di 5,984.
*INDY Daily, 2,440 (-5,42%), buy on weakness, trading range 2,400 – 2,520. indikator MFI optimized, indikator W%R  optimized dan indikator Stochastic % akan akan menguji support trend line. Sementara itu harga pada indikator Bollinger Band optimized akan coba bertahan diatas BBBottom. ). Pada pergerakkan daily harga saat ini turun ke level -5,426 % , normal kenaikkan koreksi -2.30 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly harga terkoreksi ke level -12.86%, normal koreksi sekitar -5.89 %. Dengan demikian potensi koreksi relatif terbatas dengan kecenderungan menguat . Daily resistance terdekat di 2,520 sebelum ke weekly resistance di 2,790. Daily dan weekly support di 2,410.Cut loss level di 2,400.
*JSMR Weekly, 6,275 (-1.57%), buy on weakness, trading range 6,150 – 6,500, optimalisasi indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator Stochastic %D optimized cenderung turun terbatas. Disisi lain pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba bertahan sekitar center line.. Lebih lanjut potensi kenaikkan normal harga pada pergerakkan daily sekitar +1.12%, saat ini di level 0.00 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly koreksi normal sekitar -2.58 % saat ini harga di level -1,57%. Dengan demikian potensi kenaikkan masih terlihat namun mulai tertahan. Weekly resistance di 6,500 dengan catatan daily resistance 6,325 dapat ditembus. Sementara itu daily dan weekly support di 6,175 dan 6,150. Cut loss level di 6,100.
*ACES Weekly, 1,125(-5.462%), trading buy, trading range 1,090 – 1,180, , indikator MFI optimized dan indikator Stochastic %D optimized cenderung naik, sementara itu indikator W%R optimized akan menguji support trend line. Pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba naik diatas BBBottom. Dengan demikian diperkirakan potensi kenaikkan mulai terlihat . Jika dilihat lebih lanjut potensi kenaikkan pada pergerakkan daily sekitar +1.85 %, saat ini di level +0.897 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly koreksi normal sekitar -3.99 % saat ini naik ke level -5.48%. Dengan demikan potensi koreksi mulai terbatas dengan kecenderungan menguat. Perkiraan daily resistance di 1,140 dan weekly resistance di 1,180. Daily support di 1,100 dan weekly support di 1,090. Cut loss level di 1,090.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

* Klaim pengangguran mingguan awal A.S. turun 2.000 menjadi 236.000
* Klaim pengangguran rata-rata empat minggu turun 750 sampai 241.500

*TPIA +1.8%. Laba Bersih Chandra Asri Naik 15,8%, Penguatan Kinerja Berlanjut.
*BMSR +6.1%. Harga naik tajam, BEI cermati pola transaksi saham BMSR.
*GJTL +1.4%. Gajah Tunggal sudah punya 195 gerai ritel ban
*RBMS -1.2%. PT Ristia Bintang Mahkotasejati Tbk (RBMS) menargetkan pendapatan di 2018 sebesar Rp120 miliar, setelah akuisisi PT Tiara Raya Bali Internasional sebagai pemilik Hotel Le Meridien Bali.
*LINK -0.2%. Link Net keluarkan duit Rp 1.3 triliun untuk buyback saham.
*BKSW -2.9%. QNB Bank Indonesia dapat tambahan dana US$61 JUTA.
*BALI -1.1%. Bali Towerindo dapat kredit Rp 50 miliar.

Daily write up
MIRAE’s annual event: Korea Investment Seminar by Mangesti Diah Sulistiani (mangesti@miraeasset.co.id)
- Pada tanggal 6 Desember, kami menyelenggarakan acara akhir tahun “Korea Investment Seminar” yang ke-empat di Hotel Mulia, Jakarta, yang dihadiri sekitar delapan puluh investor dan pebisnis Korea yang berbasis di Indonesia. kami menyajikan sebagian besar tentang  kondisi ekonomi terkini dan prospek pasar modal dan ekonomi Indonesia, yang menarik perhatian masyarakat Korea yang berbasis di Indonesia.
- Mr. Ku Yonguk memulai sesi pertama dengan presentasinya yang berjudul " Economic outlook & global asset allocation strategy", khususnya mengenai masalah ekonomi global dan prospek ekonomi dan mata uang Korea. Sesi kedua dipresentasikan oleh Mr. Shin Yoon Sung, membahas prospek harga bahan baku untuk tahun 2018, yang secara khusus membahas tren harga dan prospek  oil price, serta prospek harga bahan baku global.
- Mr. Taye Shim, Kepala Divisi Riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia, mengakhiri seminar dengan presentasi berjudul "Gearing up for growth". Beliau membahas ekonomi dan prospek pasar saham Indonesia, khususnya mengenai prospek ekonomi dan mata uang untuk tahun 2018 dan industri dan saham yang menjanjikan untuk  investasi. Ke depan, kami akan terus mengadakan seminar investasi semacam ini untuk komunitas Korea, terutama untuk memperbarui pengetahuan para profesional Korea berbasis di Indonesia mengenai isu ekonomi global dan prospek ekonomi Indonesia.

<Market Headlines>

Emiten masih tahan laju ekspansi (Kontan)
Belanja modal emiten di tahun depan cenderung melandai.

Sentul City siap tancap gas di 2018 (Kontan)
Tahun depan PT Sentul City Tbk membidik pendapatan IDR3.2tr dan laba IDR1tr.

IMF kembali ingatkan risiko system finansial tiongkok (Investor Daily)
Dana Moneter Internasional (IMF) kembali mengingatkan risiko di dalam system perbankan tiongkok. Kreditor global tersebut menemukan lusinan kreditor besar di tiongkok perlu memperkuat pertahanan terhadap kemungkinan pecahnya krisis keuangan

Holding BUMN migas terbentuk kuartal 1, 2018 (Investor Daily)
Setelah terbentuknya holding BUMN industri pupuk, semen, dan pertambangan, menteri BUMN Rini Soemarno akan membentuk holding BUMN migas. Pementukan holding migas dilakukan untuk meningkatkan daya saing BUMN dalam rangka menghadapi tantangan daya saing di sector migas.

Astra Infra serius jadi operator Patimban (Bisnis Indonesia)
Astratel Nusantara berencana membentuk konsorsium jika dipercaya pemerintah menjadi operator Pelabuhan Patimban yang terletak di kawasan Subang, Jawa Barat.

2019, Moretelindo IPO (Bisnis Indonesia)
Perusahaan yang menggarap proyek Palapa Ring ini membutuhkan modal kerja sekitar IDR2tr setiap tahunnya.

(Kompas)
Konsumen Tidak Dikenai Biaya Transaksi
Usaha Rintisan Teknologi Finansial Perlu Mendaftar
Sektor Tambang Bermasalah: Pemerintah Janjikan Persoalan Tata Kelola Tuntas Bulan Ini
Stok Dijamin Cukup: Kebutuhan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru Meningkat
Registrasi Harus Segera Dilakukan: Data Potensi Industri Digital Bisa Lebih Valid
Momentum Pemulihan pada 2018 Bisa Terjaga

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr