google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 2 Januari 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 2 Januari 2017

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Jan 2, 2018)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Darmawan Halim (darmawan.halim@miraeasset.co.id)
Selamat Tahun Baru! IHSG di 2017 naik 20% ke rekor tertinggi baru di 6.355, dengan Desember membukukan kenaikan 6,8% MoM.  Memasuki Januari, meski tidak ada perubahan dalam fundamental, ada potensi profit taking mengingat kenaikan yang tajam di bulan sebelumnya. Secara global, pasar akan fokus pada notulen Fed yang akan dirilis pada hari Rabu. Sementara itu, kabar baik datang dari Korea Utara yang membuka dialog untuk memperbaiki hubungan dengan Korea Selatan. Namun, kerusuhan yang meluas di Iran dapat menjadi ancaman bagi wilayah Timur Tengah dan mungkin berdampak pada harga minyak.

Market Indicator
JCI: 6,355.65 (+0.65%)
EIDO: 28.43 (+0.25%)
DJIA: 24,719.22 (-0.48%)
FTSE100: 7,687.77 (0.00%)
USD/IDR: 13,555 (-0.01%)
10yr GB yield: 6.32% (-2bps)
Oil Price: 60.42 (+0.97%)
Foreign net purchase: IDR337.7bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: TLKM, SMGR, UNTR, UNVR, ASII
TOP SELL: BBNI, INDF, LPPF, SRIL, ADHI

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BDMN, POOL, TRAM, ASII, BJBR

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,335.65(+0.659%), Limited upside, trading range hari ini  6,332 – 6,379. Indikator MFI optimized, indikator RSI optimized akan menguji resistance trend line dan indikator Stochastic %D optimized  rawan koreksi. Pada Bollinger Band optimized harga akan coba bertahan diatas normal upper band namun rawan koreksi.  Sementara itu pada Figure 3 pada periode weekly ,indikator MFI optimized, Indikator W%R optimized dan indikator stochastic %D optimized naik terbatas. Daily resistance di 6,379 dan daily support di 6,332. Cut loss level di 6,306.

*TLKM Weekly, 4,440 (+1.139%), trading range 4,390 – 4,500. Indikator MFI optimized akan menguji support trendline, indikator RSI optimized dan indikator SStochastic%D  optimized masih cenderung naik dalam pola terbatas. Pada indikator Bollinger Band optimized  akan coba bertagan diatas centerline. Daily resistance terdekat di 4,480 sebelum ke weekly resistance di 6,500. Daily dan weekly support di 6,400 dan 4,390. Cut loss level di 4,290.

*UNTR Weekly, 35,400 (+3.36%),trading buy, trading range 33,875 – 36,400. Indikator MFI optimized, indikator RSI  optimized dan indikator Stochastic %D optimized masih cenderung naik.  Disisi lain pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba naik mendekati dan tembus BBTop. Weekly resistance di 36,500 dengan catatan daily resistance 35,875 dapat ditembus. Sementara itu daily dan weekly support di 34,850 dan 33,875. Cut loss level di 33,325.

*JSMR Weekly, 6,400 (+1.59%), trading buy, trading range 6,175  – 6,500,  indikator MFI optimized ,indikator W%R Optimized dan indikator Stochastic%D cenderung naik. Pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba bertahan diatas center line . Dengan demikian diperkirakan potensi kenaikkan masih terlihat. Perkiraan daily resistance di 6,475 dan weekly resistance di 6,500. Daily support dan weekly support di di 6,300 dan 6,175. Cut loss level di 6,125.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

*West Texas Intermediate oil untuk pengiriman Februari naik 0,9% pada $ 60.38 / bbl

*PCAR +69.3%. Prima Cakrawala bidik pasar ekspor Asia dan Eropa
*WSBP +0.4%. Berkat Tol Becakayu, Waskita Beton Catat Kontrak Baru Rp9,89 Triliun
*TLKM +1.1%. Telkom Inisiasi Wifi Corner Demi Sinergi BUMN-UMKM
*BMRI +0.6%. Bank Mandiri pangkas bunga deposito nasabah kaya
*NIRO +17.6%. Mall Nirvana Development tak terimbas online
*BDMN -1.7%.  Akuisisi tahap I Danamon Rp 15,87 triliun rampung
*WOMF -1.0%.  WOM Finance Tambah Jaringan di Sumsel

Daily write up
A year in review and preview by Taye Shim (taye.shim@miraeasset.com)

- 2017 merupakan tahun harapan campur kekecewaan. Menurut pandangan kami, private sector spending yang lamban disebabkan oleh 1) pemotongan subsidi listrik, 2) meningkatnya ketidakpastian makro, 3) pengawasan pajak yang lebih besar, dan 4) inflasi yang rendah.

- Kami menyoroti tiga tren utama yang cenderung menempatkan Indonesia di sweet spot. Pertama, menguatnya pertumbuhan global cenderung mendorong kenaikan harga komoditas. Kedua, peningkatan sekuensial ekonomi global seharusnya mendorong ekspor lebih tinggi dan menyebabkan defisit transaksi berjalan semakin narrow. Ketiga, kami percaya market meremehkan potensi kenaikan inflasi.

- Kami reiterate target IHSG 2018 sebesar 6.795pt, karena kami yakin perbaikan makro global dan domestik menjadi pertanda baik bagi corporate earnings. Sektor pilihan kami adalah consumer (ICBP, GGRM, KLBF, RALS, ASII, SRIL) dan mining (PTBA, ANTM). Neutral pada utilities (TLKM, JSMR) dan media (SCMA), dan merekomendasikan Underweight pada financials (BBCA, BMRI, BBNI), basic industry (BRPT, INKP), properti (WIKA, BSDE), dan agriculture.

<Market Headlines>

Tender Trada Alam Minera tender offer 49,9% saham SMR Utama (Investor Daily)
PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) melakukan tender offer sebesar 49,9% saham PT SMR Utama Tbk (SMRU) dengan harga pelaksanaan IDR502/saham.
Barito menjadwal ulang rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) (Investor Daily)
PT Barito Pacific Tbk (BRPT) sedang menjadwal ulang RUPSLB untuk mendapat persetujuan dari para pemegang saham untuk right issue dan akuisisi Star Energy.
Berharap kesaktian January Effect (Kontan)
Pelaku pasar optimistis IHSG tahun ini bisa menembus level 7,000.
Pembiayaan alat berat kembali bangkit di tahun ini (Kontan)
Penjualan alat berat di Indonesia diperkirakan akan menembus lebih dari 12,800 unit pada 2018. Jumlah tersebut meningkat dari proyeksi sepanjang tahun lalu yang sebanyak 11,200 unit.
100.000 mobil lewat GT Cikarang (Bisnis Indonesia)
Lebih dari 100.000 unit kendaraan diestimasi bakal melintas di gerbang tol Cikarang
Kredit tumbuh 8% (Bisnis Indonesia)
Pertumbuhan kredit perbankan sampai tutup tahun 2017 tumbuh sekitar 8%.
(Kompas)
Sumber Dana Lain Diperlukan: Bursa Saham Alternatif Usaha Rintisan
Tahun 2018, Saatnya Ekonomi Digital Kian Menggeliat
Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit Merah Terdongkrak

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr