7 ALASAN INVESTASI SAHAM

Sponsored Links:

Masih Galau Investasi Saham? Perkuat dengan 7 Alasan Ini yuk!

 

Mempersiapkan keuangan untuk masa depan tentu sudah menjadi kewajiban. Selain menabung, investasi pun menjadi kegiatan yang harus dilakukan. Pilihan investasi sendiri sangatlah banyak. Mulai dari membeli rumah, tanah, atau perhiasan, sampai membangun usaha.

Namun, sesungguhnya masih ada satu instrumen investasi lainnya yang gak kalah menggiurkan, tapi kerap dihindari oleh kebanyakan orang, yakni investasi saham di pasar modal. Jika kamu pernah mendengar sebelumnya terkait investasi pasar modal, lalu tunggu apa lagi untuk segera mencobanya? Dengan berbagai alasan di bawah ini pasti bikin kamu makin mantap untuk segara membeli saham di pasar modal.

1. Praktis dan Simpel


Kata siapa berinvestasi di pasar modal menjadikan kita harus memperhatikan laju perkembangan saham tiap saat? Asumsi ini seringkali bikin orang sungkan mencoba bermain saham di pasar modal, padahal belum tentu benar. Berinvestasi di pasar modal sesungguhnya praktis dan bisa dilakukan semua orang, termasuk bagi pemula sekalipun. 

Kamu tinggal buka rekening sekuritas di bank favoritmu dan masukkan modal sesuai yang kamu mau. Hampir semua bank menawarkan jasa pialang yang bertugas memantau nilai saham dan menginvestasikan uangmu. Jadi gak ada kata repot dan sulit kan?

2. Gak Butuh Modal Besar


Berbeda dengan investasi tanah dan emas yang membutuhkan modal yang gak sedikit, investasi saham memudahkanmu berinvestasi, meski gak punya modal besar. Bahkan, saat ini kamu sudah bisa menanamkan saham dengan modal Rp 500 ribu saja!

3. Mengikuti Laju Inflasi


Nilai saham yang kamu miliki tentu akan terus meningkat sesuai dengan tingkat inflasi. Jadi, jika kamu awalnya memiliki saham senilai satu juta, nilai sahammu berpotensi besar untuk terus bertambah, menyesuaikan dengan level inflasi.

4. Pilihan Tepat untuk Investasi Jangka Panjang


Karena sifatnya yang terus mengikuti inflasi, jadi bisa diperkirakan bahwa semakin lama kamu menanam modal, kemungkinan besar semakin tinggi nilai sahammu. Bisa dibayangkan keuntungan yang kamu peroleh jika semakin lama menyimpan modal.

5. Kata Siapa Berisiko Tinggi?


Nih, salah satu mitos lainnya yang sering ditelan mentah-mentah. Memang semua jenis investasi memiliki risiko. Namun, untuk investasi di pasar modal sendiri, risiko yang dimiliki itu gak jauh lebih besar sebenarnya.

Takut uang kamu raib? Selama kamu investasi di lembaga sekuritas yang resmi terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia, tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Atau takut saham yang kamu beli malah merugi?

Di situlah peran penting para pialang, karena mereka yang akan memilih saham yang paling menguntungkan, melalui analisis dan kalkulasi yang sudah menjadi spesialisasi mereka. Biasanya, para pialang pasti akan menyarankanmu untuk membeli saham-saham blue chip, atau saham yang paling terpercaya dan memiliki tingkat keuntungan tertinggi. Jadi gak perlu takut terjebak investasi bodong.

6. Membantu Perekonomian Indonesia dengan Menanam Saham


Ratusan perusahaan lokal milik swasta dan milik negara di berbagai sektor terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia. Jadi, bisa dikatakan, dengan berinvestasi di pasar modal memungkinkan kita berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian. Karena, dengan modal yang kita berikan membuat meningkatkan aktivitas perekonomian di Indonesia. Sebagai imbal baliknya, kamu pun akan memperoleh keuntungan dari pembagian hasil keuntungan yang mereka dapat.

7. Para Artis Juga Menanam Saham lho.


Kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan tentu bikin instrumen investasi yang satu ini jadi incaran mereka yang mendambakan masa pensiun aman. Bahkan, dari kalangan artis dan musisi juga turut meramaikan pasar modal di Indonesia lho. Andien, Giring Nidji, bahkan Raisa juga mengaku telah menanam saham, guna mempersiapkan masa depan mereka nanti. Tentunya kamu juga gak boleh kalah dong?!

Gimana? Sudah cukup tergiur dari alasan-alasan tersebut? Tunggu apa lagi deh, yuk investasi saham dari sekarang. Semakin cepat, semakin menguntungkan tentunya.

Sumber: 

Komentar