google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 22 Juni 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 22 Juni 2018

*Market Review 22 Juni 2018*

Tercatat 138 saham menguat dan 275 saham melemah. *IHSG -0,52 poin (-0,00%) ke level 5.821,81*, dan *LQ-45 +1,88 poin (+0,20%) ke level 909,17*.

*Sectoral Return :*
- Agri -0,60%
- Mining +0,47%
- Basic-Ind -1,27%
- Misc-Ind -0,79%
- Consumer -0,28%
- Property -0,37%
- Infrastructure -1,01%
- Finance +1,58%
- Trade -1,14%

Investor asing *net sell senilai Rp 969,60 Milyar*.

*USD/IDR -16,00 poin (-0,11%)* terhadap Rupiah di angka 14.086.

*Saham yang ditutup menguat*

- *KLBF ditutup menguat Rp 60 (+4,80%) ke level Rp 1.310*. PT Kalbe Farma Tbk. optimistis penjualan perseroan pada kuartal II/2018 terdongkrak oleh peningkatan daya beli masyarakat selama periode Ramadan dan Lebaran 2018. Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengharapkan adanya peningkatan daya beli masyarakat selama periode Ramadan dan Lebaran tahun ini. Pihaknya menyatakan optimistis penjualan akan meningkat dibandingkan dengan periode 2017. Vidjongtius mengatakan tren konsumsi produk kesehatan meningkat selama periode Ramadan dan Lebaran. Apalagi, emiten berkode saham KLBF itu terus melakukan penetrasi pasar dan distribusi.

- *EXCL  menguat Rp 30 (+1,16%) ke level Rp 2.600*.  Moody's Investors Service menaikkan peringkat PT XL Axiata Tbk (EXCL), Kamis (21/6). Ini merupakan kali pertama Moody's menyematkan rating investment grade terhadap emiten telekomunikasi tersebut. Berdasarkan keterangan resmi Moody's, rating EXCL naik dari sebelumnya Ba1 menjadi Baa3. Moody's juga mengubah outlook EXCL dari stabil menjadi positif. Naiknya rating EXCL menjadi Baa3 tidak terlepas dari ekspektasi Moody's pada induk usaha, Axiata Group Berhad yang saat ini memperoleh rating Baa2 dengan outlook stabil. Seperti diketahui, Axiata mendekap saham EXCL sebesar 66,4%.

- *BULL menguat Rp 4 (+2,91%) ke level Rp 141*. PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) berencana melepas 2,51 miliar saham baru melalui aksi korporasi (Rights Issue). Adapun target raihan dana dari rights issue sekitar Rp351,86 miliar. Direktur Utama PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), Kevin Wong berharap penggalangan dana di pasar modal ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Sehingga, ekspansi perusahaan juga dapat berjalan kencang nantinya.

- *LPKR menguat Rp 6 (+1,78%) ke level Rp 342*.  Grup Lippo memastikan kondisi keuangan perusahaan masih cukup solid untuk memastikan proyek-proyek perseroan berjalan sesuai rencana serta memenuhi kewajiban-kewajiban perseroan, meskipun mega proyek Meikarta akhir-akhir ini diterjang berbagai isu negatif. Saham induk perusahaan Grup Lippo, PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), terus mengalami tekanan sepanjang tahun ini bersama dengan berhembusnya berbagai isu negatif seputar proyek Meikarta. Proyek ini ditangani oleh anak usaha perseroan, yakni PT Lippo Cikarang Tbk.

*Saham yang ditutup melemah*

- *BBTN melemah Rp 110 (-3,92%) ke level Rp 2.690*. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) mengakui, pada tahun ini, pendapatan bunga bersih tak tumbuh kencang. Bank yang fokus mengembangkan Kredit Perumahan Rakyat (KPRI ini memproyeksi, pendapatan bunga bersih bank hanya naik satu digit. Mahelan Prabantarikso, Direktur BTN bilang ini disebabkan karena kenaikan suku bunga acuan 50bps pada Mei 2018. Inilah yang menyebabkan margin bank sedikit tergerus dan terefleksi dari pendapatan bunga bersih yang hanya naik 1 digit. Terkait ini, BTN akan meningkatan efisiensi untuk mengkompensasi kenaikan beban bunga. Pendapatan bunga bersih (net interest income) 10 bank besar April 2018 hanya naik satu digit 3,46% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 78,7 triliun.

- *MAPI melemah Rp 15 (-1,75%) ke level Rp 840*. Starbucks Indonesia di bawah pengelolaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) akan menambah 120 gerai selama dua tahun, yakni periode 2018-2019. Kondisi ini berbanding terbalik dengan rencana Starbucks menutup 150 gerai di Amerika Serikat (AS). Corporate Secretary & Head of Investor Relations MAPI Fetty Kwartati mengungkapkan, jaringan kedai kopi Starbucks di Indonesia terus berkembang. Ekspansinya justru menggeliat di tahun politik ini dengan rencana menambah 60 gerai baru per tahun.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr