Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 14 Agustus 2018

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review 14 Agustus 2018*

Tercatat 119 saham menguat dan 278 saham melemah. *IHSG -91.3 poin (-1.55%) ke level 5,769.8*, dan *LQ-45 -20.1 poin (-2.18%) ke level 903.08*.

*Sectoral Return :*
- Agri +0.71%
- Mining -0.77%
- Basic-Ind -2.51%
- Misc-Ind -3.27%
- Consumer -2.82%
- Property -1.11%
- Infrastructure -0.88%
- Finance -0.69%
- Trade -1.55%
- Manufacture -2.81%

Investor asing *net sell senilai Rp 782 Miliar*.

*USD/IDR -23.50 poin (-0.16%)* terhadap Rupiah di angka 14,584.

*Saham yang ditutup menguat*

- *SULI ditutup menguat Rp 5 (+4.38%) ke level Rp 119*. Produsen polywood PT SLJ Global Tbk (SULI) mencetak kenaikan pendapatan 38,40% di semester satu lalu. David, Vice President SLJ Global mengatakan, penjualan untuk semester I-2018 mencapai US$ 44,04 juta. Semester I tahun lalu, pendapatan SULI mencapai US$ 31,82 juta. Sekitar 90% pasar produk SULI merupakan ekspor, sehingga tidak terlalu terdampak dengan pelemahan rupiah. Porsi ekspor ini meningkat ketimbang 87% di semester pertama tahun lalu. Berdasarkan laporan keuangan SULI, penjualan ekspor mencapai US$ 39,78 juta di semester pertama. Penjualan ekspor ini melonjak 45,50% ketimbang semester pertama tahun lalu.

- *PALM menguat Rp 22 (+8.14%) ke level Rp 292*.  PT Provident Agro Tbk (PALM) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 260 miliar atau Rp 36,5 per saham. Aksi korporasi ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada hari Senin (13/8). Adapun dividen tunai yang dibagikan pada tahun ini diambil dari saldo laba Provident per 31 Desember 2017 yang sebesar Rp 267,46 miliar. Artinya, dividend payout ratio PALM sebesar 97,21%. RUPSLB juga menyetujui rencana untuk menggunakan sebagian saldo laba PALM per 31 Desember 2017 sekitar Rp 1 miliar sebagai cadangan wajib. 

- *MAYA menguat Rp 380 (+10.82%) ke level Rp 3,890*.  Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) kembali melakukan aksi korporasi untuk memperkuat struktur permodalannya dengan menggelar Penawaran Umum Terbatas (PUT) XI. Dalam prospektus ringkas yang diterima, Selasa disebutkan dalam PUT XI ini perseroan menawarkan saham seri B sebanyak 910.988.100 lembar saham dengan nilai nominal Rp100.

*Saham yang ditutup melemah*

- *EXCL melemah Rp 120 (-4.21%) ke level Rp 2,730*.  PT XL Axiata Tbk berencana menambah menara base transceiver station (BTS) di tahun ini mencapai 30.000 unit. Hingga tengah tahun ini, perusahaan telah membangun sekitar 25.000 BTS. Rahmadi Mulyohartono, Group Headof Commercial GTM XL Axiata mengatakan, ada kemungkinan realisasi BTS hingga akhir tahun 2018 melebih target. ¿Permintaan di luar daerah tinggi,¿ katanya, Senin (13/8). Tapi, jelas Rahmadi permintaan tersebut tidak mengubah belanja modal perusahaan tahun ini. Menurutnya XL Axiata tetap bakal mengeluarkan senilai Rp 7 triliun untuk belanja modal tahun ini.

- *SILO melemah Rp 200 (-6.89%) ke level Rp 2,700*. PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) catatkan kerugian pada bottom line sepanjang semester I-2018. Padahal semester I-2017 perusahaan mencatatkan laba bersih Rp 26,86 miliar. Caroline Riady, Vice President Director menjelaskan bahwa hal tersebut lantaran rencana ekspansi yang tengah dilakukan. Adapaun targetnya pada 2019 nanti, SILO memiliki 40 rumah sakit. Sepanjang semester I-2018 bed occupation rate (BOR) rumah sakit (RS) Siloam tercatat sebesar 53% dengan jumlah tempat tidur 3.567. Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu BOR RS Siloam tercatat sebesar 56% dengan jumlah tempat tidur 3.072.

- *TLKM melemah Rp 20 (-0.59%) ke level Rp 3,350*. Pada ajang Asian Games, Telkomsel memperkenalkan 5G melalui Telkomsel 5G Experience Center. Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, melalui teknologi 5G, Telkomsel berharap dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi yang ujungnya mendukung perekonomian nasional. Bagi masyarakat yang ingin merasakan kecanggihan layanan 5G dapat datang ke Telkomsel 5G Experience Center di perhelatan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Edward Ying Siew Heng, Direktur Planning and Transformation Telkomsel, mengatakan dengan layanan 5G ini masyarakat dapat merasakan cepatnya akses mobile internet.

- *TOBA melemah Rp 30 (-1.59%) ke level Rp 1,850*. Menggelar diversifikasi bisnis memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Hingga kini, manajemen PT Toba Bara Sejahtra Tbk masih mengawal proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sulut 3 di Sulawesi Utara, menuju tahapan akhir kepastian pembiayaan atau financial close. Emiten berkode saham TOBA di Bursa Efek Indonesia ini mematok target realisasi hingga tahun depan. "Untuk proyek listrik Sulut 3 target financial close akhir 2018 sampai awal 2019," ujar Elisabeth Novi Sagita Aruan, Sekretaris Perusahaan PT Toba Bara Sejahtra Tbk kepada Kontan.co.id, Senin (13/8). TOBA sudah meneken perjanjian jual-beli listrik atawa power purchase agreement (PPA) dengan PLN untuk PLTU Sulut 3 sejak April 2017. Masa kontrak PPA selama 25 tahun. Adapun PLTU Sulut 3 memiliki kapasitas setrum 2x50 megawatt (MW).

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik GarisBar Chart/Grafik BatangCandlestick Chart/Grafik Lilin Grafik Line Chart hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara Bar Chart dan Candlestick Chart hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya pribadi selalu menggunakan candlestick chart di platform trading yang sa…

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham. 
Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah.
Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham
Buyer Versus Seller
Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontrol, dan pihak m…