google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 8 Agustus 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 8 Agustus 2018

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review 8 Agustus 2018*

Tercatat 186 saham menguat dan 220 saham melemah. *IHSG +3.5 poin (+0.05%) ke level 6,094.8*, dan *LQ-45 -2.6 poin (-0.26%) ke level 964.9*.

*Sectoral Return :*
- Agri +4.06%
- Mining -0.62%
- Basic-Ind +1.59%
- Misc-Ind +0.57%
- Consumer -1.43%
- Property -0.89%
- Infrastructure -0.17%
- Finance +0.47%
- Trade +0.80%
- Manufacture -0.31%

Investor asing *net sell senilai Rp 483 Miliar*.

*USD/IDR -3.00 poin (-0.02%)* terhadap Rupiah di angka 14,439.

*Saham yang ditutup menguat*

- *FILM ditutup menguat Rp 78 (+24.84%) ke level Rp 392*. Pencatatan perdana PT MD Pictures Tbk (FILM) hari ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk banyak artis. Kabarnya, saham perusahaan ini banyak diborong oleh para artis dari perusahaan tersebut. Hal inilah yang menurut Manooj membuat saham FILM mengalami kelebihan permintaan. Ia mengatakan, di level pooling, perusahaan ini mencatatkan oversubscribed sebanyak 300 kali. Hari ini, FILM resmi mencatatkan diri di BEI dengan melepas sebesar 1,3 miliar saham dan memperoleh pendanaan sebesar Rp 274 miliar. Beberapa artis menghadiri pencatatan perdana saham FILM ini seperti Pandji Pragiwaksono, Prilly Latuconsina, Shandy Aulia dan Dwi Sasono.

- *SMDR menguat Rp 20 (+6.02%) ke level Rp 352*. PT Samudera Indonesia Tbk menandatangani perjanjian pengadaan dua unit kapal peti kemas berukuran 1.900 TEUs kemarin (6/8). Perjanjian itu dilakukan dengan perusahaan galangan kapal Jepang Naikai Zosen Corporation dan Osaka Asahi Kaiun Co Ltd. Perjanjian ditandatangani oleh Direktur Utama Samudera Indonesia Masli Mulia, President Naikai Zosen Corporation Michihiro Kawaji dan President Osaka Asahi Kaiun Co Ltd Katsunobu Kitamura. Dua unit kapal tersebut akan dibangun di Galangan Kapal Naikai Shipyard yang berlokasi di Hiroshima, Jepang. Kedua kapal tersebut dijadwalkan akan diserahterimakan di tahun 2020.

*Saham yang ditutup melemah*

- *WSKT melemah Rp 70 (-3.24%) ke level Rp 2,090*.  PT Waskita Karya Tbk (WSKT) tengah menanti pencairan pembayaran proyek light rail transit (LRT) Palembang. Pencairan piutang tersebut bakal menentukan arah pendanaan restrukturisasi utang perusahaan ini di tahun ini. Direktur Keuangan WSKT Harris Gunawan mengatakan, pembayaran senilai Rp 4 triliun tersebut prosesnya tengah dalam tahap pemeriksaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Proses pemeriksaan biasanya memakan waktu sekitar tiga minggu. Sejatinya, pembayaran yang akan diterima WSKT seluruhnya mencapai Rp 9 triliun. Pembayaran senilai Rp 4 triliun tersebut merupakan pembayaran kedua, berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saat ini. Pembayaran pertama dengan nilai sebesar Rp 1,8 triliun sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

- *INCO melemah Rp 40 (-0.91%) ke level Rp 4,350*. PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mengumumkan kegiatan eksplorasi bulan Juli 2018 yang masih berlanjut dan fokus pada daerah-daerah dalam kontrak karya. Menurut keterangan Rabu disebutkan biaya eksplorasi yang dikeluarkan untuk eksplorasi Juli sebesar US$843.550. Daerah eksplorasi dilakukan di Blok Soworako-Petea dan Sorowako Outer Area di Luwu Timur Sulawesi Selatan serta Blok Bahodopi di Morowali, Sulawesi Tengah.

- *CMNP melemah Rp 30 (-2.17%) ke level Rp 1,350*. PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) berencana menambah kapasitas jalan tol yang saat ini dikelola. Salah satu ruas yang ditargetkan akan ditambah kapasitasnya adalah tol Wiyoto Wiyono yang menghubungkan Tanjung Priok hingga Tomang. Direktur Independen Citra Marga Nusaphala Persada, Suarmin Tioniwar, mengatakan, volume kendaraan yang melewati ruas tol tol Wiyoto Wiyono sudah melebihi kapasitas. Akibatnya, banyak pengguna tol yang mengeluhkan kemacetan.

- *BUVA melemah Rp 6 (-2.04%) ke level Rp 288*. PT Bukit Uluwatu Villa Tbk (BUVA) optimistis dapat menekan kerugian di semester II 2018 ini seiring kenaikan pendapatan yang diperoleh perusahaan ini. Di semester I 2018 lalu, pendapatan BUVA bahkan melejit hingga 74,52%. Operasi hotel property yang dimiliki perusahaan menunjukan tren peningkatan yang disebabkan pertumbuhan okupansi dan faktor depresiasi rupiah, ujar Benita Sofia, Corporate Secretary Bukit Ulutwatu Villa.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr