google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 19 September 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 19 September 2018

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review 19 September 2018*

Tercatat 230 saham menguat dan 166 saham melemah. *IHSG +61.8 poin (+1.06%) ke level 5,873.5*, dan *LQ-45 +11.3 poin (+1.24%) ke level 923.6*.

*Sectoral Return :*
- Agri -1.14%
- Mining +0.45%
- Basic-Ind +2.08%
- Misc-Ind +4.59%
- Consumer +1.47%
- Property +0.44%
- Infrastructure -0.12%
- Finance +0.65%
- Trade +0.90%
- Manufacture +2.11%

Investor asing *net buy senilai Rp 257 Miliar*.

*USD/IDR +20.00 poin (+0.13%)* terhadap Rupiah di angka 14,875.

*Suspended: ABBA*
Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara perdagangan saham ABBA di Pasar Reguler dan Pasar Tunai pada hari ini sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan. Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini.

*Saham yang ditutup menguat*

- *ASII ditutup menguat Rp 375 (+5.33%) ke level Rp 7,400*. Emiten konglomerasi otomotif PT Astra International Tbk. mencicipi bisnis layanan digital melalui lini Astra Digital. Astra Digital akan menyediakan layanan berbasis teknologi sekaligus memperkuat platform digital yang dibutuhkan masyarakat. Chief of Astra Digital Djap Tet Fa menyampaikan emiten dengan sandi ASII tersebut memperkuat platform bisnis digital untuk menghadirkan solusi yang berorientasi kebutuhan konsumen sekaligus relevan dengan kondisi saat ini.

- *TCPI menguat Rp 460 (+15.23%) ke level Rp 3,480*. Perusahaan jasa pelayaran logistik dan batubara, PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) dalam waktu dekat ini akan mengakuisisi dua perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran yaitu PT Energy Transporter Indonesia (ETI) dan PT Sentra Makmur Lines (SML). Caranya, Direktur Utama TCPI, Dirc Ricard Talumewo mengatakan, TCPI akan mengakuisisi kepemilikan saham PT Kanz Gemilang Utama (KGU) sebagai pemegang saham utama ETI dan SML. Sayangnya, ia belum dapat menyebutkan total investasi yang dibutuhkan. Yang pasti, dana untuk akuisisi itu akan diambil dari kas internal dan sebagian dari hasil initial public offering (IPO).

- *PANI menguat Rp 63 (+34.42%) ke level Rp 246*.  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Keputusan Dewan Komisioner OJK terkait dengan penetapan Efek Syariah yaitu Keputusan Nomor: KEP-48/D.04/2018 tentang Penetapan Saham PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk. sebagai Efek Syariah. Dengan dikeluarkannya keputusan itu, maka efek tersebut masuk ke dalam Daftar Efek Syariah sebagaimana Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-24/D.04/2018 tanggal 24 Mei 2018 tentang Daftar Efek Syariah.

- *DIGI menguat Rp 84 (+24.70%) ke level Rp 424*.  Usai melangsungkan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) PT Arkadia Digital Media Tbk. akan fokus menempuh investasi-investasi yang berorientasi pada kenaikan traffic kunjungan media daring perseroan. Direktur Utama Arkadia Digital Media William Martaputra menyampaikan perseroan akan menggunakan dana hasil IPO yang sebesar Rp30 miliar untuk memperkaya infrastruktur keras dan lunak perseroan, sekaligus penambahan modal kerja.

*Saham yang ditutup melemah*

- *ADHI melemah Rp 15 (-1.11%) ke level Rp 1,330*.  PT Adhi Karya (persero) Tbk (ADHI) menyiapkan strategi untuk mengantisipasi rencana penundaan proyek infrastruktur pemerintah. Ki Syahgolang, Sekretaris Perusahaan Adhi Karya melihat, setiap menjelang tahun pemilu memang terjadi sedikit fluktuasi terhadap pasar konstruksi, namun setelah pemilu biasa kembali terjadi peningkatan. Ki Syahgolang menyebut dari komposisi proyek yang didominasi proyek LRT yang ditargetkan selesai tahun depan. Dengan begitu, kinerja Adhi akan terus positif.

- *MAPB melemah Rp 20 (-1.14%) ke level Rp 1,725*. Komisaris Utama PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB) Agus Gozali mengundurkan diri dari jabatannya. Perusahaan menerima surat pengunduran Agus Gozali dari jabatan tersebut pada hari Senin, 17 September 2018. Sesuai dengan POJK no. 33/POJK.04/2014 mengenai Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik tanggal 8 Desember 2014. Perusahaan melalui surat bernomor L-072/CS/FK/MAPB/0918 menyampaikan pengunduran diri tersebut.

- *AALI melemah Rp 475 (-3.76%) ke level Rp 12,150*. PT. Cipta Agro Nusantara (CAN), salah satu anak perusahaan grup Astra Agro Lestari, Tbk (AALI) yang beroperasi di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, akhirnya meraih sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) setelah memperjuangkannya sejak beberapa tahun terakhir. Keterangan yang diperoleh dari Humas PT. Astra Agro Lestari, Tbk di Palu, Rabu, menyebutkan ISPO untuk PT.CAN yang diserahkan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Ir Bambang, MM di Jakarta, Selasa (18/9) itu merupakan yang pertama kali.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr