Analisa Pasar Global | 26 Desember 2018

Sponsored Links:
Mirae Asset Sekuritas Indonesia Global Market
(Desember 26, 2018)
Investment Information Team
(angga.choirunnisa@miraeasset.co.id)

U.S

Dow turun menjadi 2,9%; S&P 500 berada di puncak pasar bearish

Indeks saham A.S. membukukan sesi perdagangan terburuk dalam sejarah sesi singkat liburan malam Natal mereka, menempatkan S&P 500 di ambang penurunan sebesar 20% dari puncak baru-baru ini yang dianggap sebagai pasar bearish.

*Dow Jones -2,91%, berakhir 653,17 poin lebih rendah pada 21.0792,20. S&P 500 -2,71% turun 65,52 poin menjadi 2.351,10. Nasdaq -2,21% diperdagangkan turun 140,08 poin dan berakhir pada 6.192,92. *

Sumber kecemasan baru adalah tweet dari Menteri Keuangan Steven Mnuchin bahwa ia telah berbicara dengan CEO dari enam bank terbesar di negara itu untuk menilai kesehatan sistem perbankan.

Meskipun demikian, tweet itu membayangi setiap impuls positif dari Kementerian Perdagangan China yang menyatakan bahwa "kemajuan baru" telah dicapai dalam diskusi perdagangan "tingkat wakil menteri" dengan AS dalam sebuah telekonferensi pada Jumat, South China Morning Post melaporkan.

Eropa

Saham Eropa mengalami ketakutan akibat penutupan AS dan kekacauan politik

Pasar Eropa ditutup turun dalam sesi liburan pendek pada hari Senin, investor tidak dapat mengatasi kegelisahan atas kerugian baru-baru ini di Wall Street dan pergolakan politik AS.

Stoxx Europe 600 ditutup turun 0,42% pada 334,85.

Departemen Keuangan AS mengkhawatirkan krisis keuangan pada hari Minggu dengan pernyataan bahwa Sekretaris Steven Mnuchin telah melakukan panggilan dengan CEO dari enam bank terkemuka untuk mengkonfirmasi apakah mereka memiliki likuiditas yang cukup. Ini dilakukan dalam upaya untuk meyakinkan pasar untuk membantu mencegah aksi jual Wall Street pada Senin.

Hal ini sejalan dengan keputusan Federal Reserve pekan lalu untuk menaikkan suku bunga dan di tengah peringatan dari administrasi Trump bahwa penutupan sebagian pemerintahan AS dapat berlanjut hingga Januari.


Komentar