10 Cara Belajar Trading Saham Bagi Pemula

Sponsored Links:
Investor Pemula yang mengambil langkah pertama untuk mempelajari dasar-dasar trading saham harus memiliki akses ke berbagai sumber untuk belajar saham yang berkualitas. Sama seperti mengendarai sepeda, coba-coba ditambah dengan kemampuan untuk terus maju pada akhirnya akan mengarah pada kesuksesan.

Satu keuntungan besar dari trading saham terletak pada kenyataan bahwa permainan itu sendiri berlangsung seumur hidup. Investor memiliki waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan mereka. Strategi yang digunakan dua puluh tahun yang lalu masih digunakan sampai sekarang. Permainan selalu dengan kekuatan penuh.

Jadi bagi investor pemula yang ingin mengambil langkah pertama mereka, berikut ini saya sampaikan 10 jawaban bagus untuk pertanyaan sederhana, "Bagaimana saya memulai belajar trading saham?"

Cara Belajar Trading Saham Bagi Pemula

1. Buka Akun Pialang Saham

Temukan pialang saham online yang bagus dan buka akun. Berusahalah untuk terbiasa dengan tata letak dan mengambil keuntungan dari alat perdagangan gratis dan penelitian yang ditawarkan kepada klien si brokter itu saja. Beberapa broker menawarkan perdagangan virtual yang bermanfaat karena Anda dapat berdagang dengan uang mainan. Anda bisa coba memulai dengan Stockbit atau Metatrader untuk mulai belajar analisa teknikal saham.

2. Baca Buku Trading Saham

Buku menyediakan banyak informasi dan tidak mahal dibandingkan dengan biaya kelas, seminar, dan DVD pendidikan yang dijual di web. Ada sebuah buku menarik yang mungkin bisa anda cari jika bisa, adalah How to Make Money in Stocks by William O’Neil, pendiri CANSLIM Trading yang Cover bukunya digambarkan di bawah ini.

3. Baca Artikel Saham

Artikel adalah sumber yang fantastis untuk pendidikan. Website kami telah memposting lebih dari dua belas ribu artikel saham gratis di sini di www.sahamonline.id. dan di Halaman Belajar Saham, anda bisa membaca artikel untuk pendidikan saham di sana. Juga pada Halaman Inspirasi yang mungkin bisa memotivasi anda dalam trading saham. Situs web yang kami sarankan untuk pendidikan investasi adalah investopedia.com dan tentu saja pencarian Google.

4. Carilah Mentor

Seorang mentor bisa jadi adalah anggota keluarga, teman, profesor masa lalu atau saat ini, rekan kerja, atau individu yang memiliki pemahaman mendasar tentang pasar saham. Seorang mentor yang baik bersedia menjawab pertanyaan, memberikan bantuan, merekomendasikan sumber daya yang bermanfaat, dan tetap bersemangat ketika pasar menjadi sulit. Semua investor sukses di masa lalu dan sekarang memiliki mentor selama masa-masa awal mereka.

Forum dapat menjadi sumber untuk banyak pertanyaan dan jawaban. Berhati-hatilah dengan siapa yang Anda dengarkan. Sebagian besar peserta bukanlah trader profesional, apalagi trader yang menguntungkan.

5. Belajar dari Para Legenda Saham

Belajar tentang investor terhebat di masa lalu akan memberikan perspektif, inspirasi, dan penghargaan untuk permainan yang kita sebut dengan pasar saham. Orang-orang hebat termasuk Warren Buffett, Jesse Livermore, George Soros, Benjamin Graham, Peter Lynch, John Templeton dan Paul Tudor Jones, antara lain. Salah satu seri buku menarik untuk dibaca adalah Market Wizards oleh Jack Schwager.

peter lynch
peter lynch

6. Baca dan ikuti perkembangan pasar saham

Situs berita seperti Yahoo Finance dan Google Finance berfungsi sebagai sumber yang bagus untuk investor baru. Anda juga bisa mengecek website Saham Online, Investing, Kontan dan Bisnis. Dengan memantau pasar setiap hari dan membaca berita utama, investor dapat memaparkan diri mereka pada tren, analisis pihak ketiga, ditambah lagi konsep ekonomi dan bisnis umum. Menarik kutipan dan mengamati data fundamental juga bisa berfungsi sebagai sumber paparan lain yang bagus.

TV adalah cara lain untuk memonitor pasar setiap hari dengan IDX TV / CNBC menjadi saluran paling populer. Bahkan menyalakan IDX TV / CNBC selama 15 menit sehari akan memperluas basis pengetahuan investor. Jangan biarkan istilah atau gaya berita menjadi gangguan, cukup saksikan dan biarkan komentator, wawancara, dan diskusi meresap. Namun berhati-hatilah, seiring waktu Anda mungkin menemukan bahwa banyak acara investasi di TV lebih mengarah pada gangguan dan secara keseluruhan penuh dengan rekomendasi buruk. 

IDX Channel TV

7. Pertimbangkan langganan berbayar

Membayar untuk riset dan analisis bisa mendidik dan berguna. Beberapa investor mungkin menemukan menonton atau mengamati profesional di bidang pasar saham menjadi lebih bermanfaat daripada mencoba menerapkan pelajaran yang baru dipelajari sendiri. Ada banyak situs berlangganan berbayar yang tersedia di seluruh web, kuncinya adalah menemukan yang tepat untuk Anda. Ada misalnya juruscuan atau WH-Project yang menawarkan produk menarik, di samping layanan yang lainnya.

PENTING - Hati-hati. Banyak langganan berbayar berasal dari pedagang dan layanan independen yang mengklaim memiliki keuntungan yang fantastis dan dapat "mengajarkan" Anda bagaimana menjadi sukses. Banyak dari mereka adalah penipuan.


8. Pergi ke seminar, ambil kursus

Seminar dapat memberikan wawasan berharga tentang pasar keseluruhan dan jenis investasi spesifik. Sebagian besar seminar akan fokus pada satu aspek spesifik pasar dan bagaimana pembicara telah berhasil menggunakan strategi mereka sendiri selama bertahun-tahun. Contohnya termasuk Mang Amsi, Tasrul Tanar juga Luke Syamlan adalah sedikit contoh dari beberapa trading trainer lainnya.

Tidak semua seminar dibayar untuk itu. Beberapa seminar disediakan gratis yang bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat, hanya sadar akan promosi penjualan yang hampir selalu akan datang pada akhirnya. Ini seperti yang dilakukan Mirae Asset tiap bulannya. Ketika datang ke kursus, ini biasanya mahal, tetapi seperti seminar, juga bisa sangat bermanfaat untuk anda.

PENTING - Seperti langganan berbayar, berhati-hatilah dengan kelas dan kursus. Sebagian dijual dengan janji palsu untuk memperoleh pengetahuan yang berharga. Corong penjualan fantastis mereka akan menyedot Anda, mengambil uang Anda, membuat Anda bergairah selama kursus, kemudian meninggalkan Anda dengan strategi yang bahkan tidak menguntungkan sama sekali. 

luke syamlan

9. Beli saham pertama Anda atau praktikkan trading melalui simulator

Dengan pengaturan akun broker online Anda, cara terbaik untuk memulainya adalah dengan mengambil risiko dan melakukan trading pertama Anda. Jangan takut untuk memulai dari yang kecil, membeli 1 atau 2 lot tidak akan menyakiti jika rugi, tapi cukup menaikkan adrenaline anda.

Jika trading dengan modal nyata pada awalnya tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan simulator stok untuk trading virtual. Berbagai broker online menawarkan trading virtual untuk berlatih.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan para trader adalah total trading berlebihan dan mencoba untuk mendapat nilai besar dengan posisi portofolio penuh. Ini adalah kesalahan yang sering menyakitkan dan mengapa banyak investor pemula menderita kerugian besar sejak dini. Alokasi portofolio yang tepat sangat penting. 

10. Ikuti Trend

Bagi mayoritas pemula, trading akan cenderung rugi karena mereka berjudi dan berspekulasi. Warren Buffett, investor terbesar sepanjang masa, merekomendasikan investor hanya mengikuti pasar atau trend saja daripada mencoba untuk mengalahkan pasar sendiri, berharap sesuatu yang tidak jelas.

Komentar