google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Saham ISAT | Mengukur Prospek Indosat di Tengah Kinerja yang Tersendat Langsung ke konten utama

Saham ISAT | Mengukur Prospek Indosat di Tengah Kinerja yang Tersendat


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri telekomunikasi dihantam berbagai tekanan sepanjang tahun 2018 lalu. PT Indosat Tbk (ISAT) pun harus menelan rugi bersih hingga Rp 2,40 triliun. Selain tercekik perang tarif, Indosat juga terkena dampak aturan registrasi kartu perdana prabayar yang berlaku sejak akhir 2017 silam.

Selama ini, Indosat memang banyak menjaring pelanggan dengan promo paket perdana. Alhasil, kebijakan registrasi kartu SIM membuat jumlah pelanggan Indosat menyusut drastis. Agar tak makin melempem, Indosat mengatur siasat untuk memulihkan kinerja. Salah satunya memperbaiki kualitas jaringan.

Menilik laporan keuangan Indosat tahun 2018, basis pelanggan perusahaan tercatat sebesar 58 juta atau turun 47,3% bila dibandingkan tahun 2017. Inilah yang jadi salah satu peyebab penurunan pendapatan sebesar 22,7% menjadi Rp 23,13 triliun. Di tahun 2017, operator telekomunikasi ini masih mampu mencetak pendapatan Rp 29,92 triliun dengan laba bersih Rp 1,13 triliun. 

Pendapatan dari tiga lini bisnis Indosat turun. Pendapatan bisnis seluler yang terdiri dari bisnis data, voice dan sms, merosot 26,4% jadi Rp 18,02 triliun. Sementara itu, pendapatan bisnis multimedia turun 3% menjadi Rp 4,38 triliun dan pendapatan dari bisnis telekomunikasi anjlok 20,1% menjadi Rp 729,3 miliar.

Faktor lain penekan kinerja Indosat yakni pendapatan dari bisnis data. Tahun lalu, Indosat masih agresif berpromosi paket data murah, sementara pesaingnya mulai menekan promosi dan mendorong penjualan paket data normal.

Diskon dan program loyalitas pelanggan Indosat sepanjang tahun 2018 telah mencapai Rp 5,22 triliun. Selain itu, biaya keuangan Indosat juga meningkat  5,1% menjadi Rp 2,19 triliun, yang makin menekan kinerja perusahaan. 

Ekspansi jumbo

Kini, perbaikan mutu layanan dan jangkauan sinyal jadi strategi para operator untuk menjaring pelanggan. Apalagi kini, operator tak banyak bisa bermain dengan volume dan besaran tarif data di saat jumlah pelanggan makin menyusut. 

Di bawah kepemimpinan Chris Kanter sebagai nahkoda baru, Indosat  menerapkan strategi bernama "LEAD" yang meliputi peningkatan kinerja SDM, network, B2B, dan layanan pelanggan. Group of Head Corporate Communications PT Indosat Tbk, Turina Farouk mengatakan, Indosat bakal fokus meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui berbagai macam program. 

Selain itu, Indosat menyiapkan belanja modal jumbo untuk memperbaiki kualitas jaringannya. Maklum, jika dibandingkan kompetitor, kualitas jaringan Indosat masih kalah saing.  Indosat berencana membangun sekitar 18.000 BTS jaringan 4G dengan menggelontorkan belanja modal (capital expenditure) Rp 10 triliun.  Perusahaan ini juga akan menambah site 4G sebanyak 4.200 site. Pada 2018, Indosat sudah memiliki 26.100 BTS 4G.

Indosat pun yakin industri telekomunikasi bakal lebih stabil di tahun ini. Registrasi kartu SIM dinilai membuat perang tarif mereda. "Persaingan menjadi lebih sehat," ujar dia kepada KONTAN, Kamis (4/4). Sehingga, ia berharap tahun ini pendapatan Indosat bisa kembali tumbuh. 

Indosat bahkan mencoba mencari peruntungan dari beberapa bisnis lainnya. Misalnya bisnis piranti lunak dan piranti keras untuk komputer, termasuk jasa konsultasi dan manajemen fasilitas yang berhubungan dengan komputer dan sistem informasi lainnya.

Selain itu, Indosat juga merambah ke bisnis hosting termasuk penyediaan infrastruktur dan pengoperasioan portal web dan platform digital. Perusahaan ini juga akan menyediakan tenaga kerja untuk call center. Ini menjadi diversifikasi bisnis Indosat untuk memperoleh nilai tambah di tengah erosi harga akibat perang tarif.

Masih akan rugi

Ekspansi Indosat meningkatkan kualitas jaringan dinilai cukup tepat. Gani, Analis Ciptadana Sekuritas Asia mengatakan, di antara pesaing utama Indosat, yakni PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL), kualitas jaringan Indosat memang paling ketinggalan. 

"Subscriber Indosat sudah turun karena kebijakan registrasi kartu SIM. Jadi Indosat harus mempertahankan subscriber yang ada dengan meningkatkan kualitas jaringan," ujar dia. 

Gani menghitung pendapatan Indosat masih bisa tumbuh tipis di tahun ini menjadi Rp 24,4 triliun. Namun, tingginya belanja modal perusahaan bakal menggerus margin. Sehingga, ia meramal Indosat masih akan membukukan kerugian sebesar Rp 2,5 triliun pada tahun ini. 

Dengan tarif yang lebih stabil, seharusnya Indosat bisa mencetak pertumbuhan pendapatan dalam beberapa tahun ke depan. Tapi hitungan Gani, meski bakal tumbuh, pendapatan Indosat dalam dua tahun ke depan masih belum bisa kembali ke angka tahun 2017 yang hampir mencapai Rp 30 triliun. Sehingga, Indosat diprediksi baru bisa mencetak laba pada tahun 2022 mendatang. 

Analis JP Morgan Ranjan Sharma juga bilang, kualitas jaringan Indosat masih akan menekan pangsa pasar dan profitabilitas. Dalam riset 28 Maret 2019, ia mengatakan Indosat belum banyak membukukan keuntungan dari bisnis data. Dus, kerugian Indosat masih akan berlanjut dalam tiga tahun ke depan. 

Meski demikian, kinerja saham Indosat sepanjang tahun ini alias year to date masih tumbuh 55,49%. Per Jumat (5/4) harga saham Indosat diperdagangkan di level Rp 2.620 per saham dengan price to book value 1,17 kali. 

Kinerja yang melempem di tahun 2018 pun membuat JP Morgan memberikan rekomendasi underweight untuk saham ISAT. Target harga di akhir tahun ini berada di level Rp 1.700 berdasarkan 4,2 kali forward EV/EBITDA. Sementara itu, Gani memangkas rekomendasi saham ISAT menjadi jual dengan target harga Rp 1.900 per saham dari sebelumnya Rp 2.000 per saham.

Sumber: KONTAN

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit