Global Market | 15 Mei 2019

Sponsored Links:

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Global Market

(May 15, 2019)
Investment Information Team
(angga.choirunnisa@miraeasset.co.id)


U.S


Saham ditutup lebih tinggi karena pasar mendapatkan posisi bullish setelah penurunan akibat perang dagang

Saham-saham AS ditutup lebih tinggi pada Selasa karena pasar memperoleh kembali posisi bullish, sehari setelah peningkatan tajam dalam ketegangan perdagangan AS-China memicu sesi terburuk untuk indeks utama sejak awal Januari.

Dow Jones +0,82%, menambahkan 207,06 poin menjadi 25.532,05. S&P 500 +0,80%, naik 22,54 poin menjadi 2.834,41. Nasdaq +1,14%, naik 87,47 poin menjadi 7.734,49.

Awal minggu ini ditandai oleh peningkatan ketegangan perdagangan setelah China membalas tarif AS dengan tugas pembalasan yang dapat mencapai 25% dari $60 miliar dalam ekspor tahunan AS. Hal Itu terjadi setelah AS pekan lalu menaikkan tarif impor tahunan China sebesar $200 miliar dari 10% menjadi 25%, dan mengancam lebih banyak lagi setelah pembicaraan yang berakhir Jumat tanpa kesepakatan antara kedua negara.

Investor khawatir bahwa pertarungan yang meningkat antara keduanya dapat membahayakan ekonomi AS, Cina, dan global. Tetapi beberapa ketenangan tampaknya telah dipulihkan setelah Presiden Donald Trump mengatakan Senin malam bahwa hal itu harus jelas dalam "tiga atau empat minggu" jika perjalanan delegasi AS ke China baru-baru ini untuk membahas perdagangan berhasil. "Saya merasa hal ini akan sangat sukses," tambahnya.

Eropa


Saham Eropa kembali menguat, berharap perdagangan AS-China lebih lancar

Saham Eropa naik pada hari Selasa, memulihkan sebagian besar kerugian sesi sebelumnya, karena komentar optimis dari Washington dan Beijing membantu menenangkan kekhawatiran investor tentang pertengkaran perdagangan dua negara yang meningkat. Presiden A.S. Donald Trump mengatakan dia memiliki hubungan "luar biasa" dengan Presiden China Xi Jinping dan pembicaraan perdagangan belum runtuh. Sebelumnya pada hari itu, Cina mengatakan setuju untuk melanjutkan pembicaraan tentang perdagangan.

Indeks STOXX 600 Eropa naik 1%.

DAX yang sensitif terhadap perdagangan Jerman dan ekuitas yang terdaftar di London naik 1%, sementara saham Perancis naik 1,5%. Saham-saham otomotif dan teknologi Eropa yang sensitif diperdagangkan masing-masing melambung 2,2% dan 1,2%, setelah terperangkap dalam aksi jual Senin, di mana STOXX 600 mengungguli S&P 500.

"Saya percaya Trump tidak akan mau mengambil risiko akibat putaran tarif kedua pada ekonomi AS, sehingga meninggalkan ruang untuk de-eskalasi", kata analis.

Komentar