4 Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Saham

Sponsored Links:
Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari saham? Investasi saham adalah investasi yang menguntungkan. Ketika memutuskan investasi saham, maka keuntungan yang akan kita peroleh berasal dari beberapa hal. Berikut ini adalah cara kita mendapatkan keuntungan dalam saham.


Keuntungan Investasi Saham

Terdapat dua keuntungan yang akan kamu dapatkan jika terjun ke investasi saham, yaitu:

1. Dividen


Dividen merupakan pembagian laba yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Nah, dividen itu sendiri berasal dari keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.

Dividen itu sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu tunai dan saham.

Kalau dividen tunai yang dibagikan, berarti perusahaan akan memberikan uang tunai kepada pemegang saham per satu lembar saham yang mereka miliki.

Sedangkan dividen saham artinya perusahaan tersebut memberikan dividen berupa saham. Dengan demikian, jumlah saham yang dimiliki investor akan bertambah.

Akan tetapi, ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada pemegang saham walaupun mereka memperoleh laba.

Umumnya perusahaan tersebut ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan usaha. Tapi biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan yang dalam tahap pengembangan.

2. Capital gain (kenaikan harga saham)


Capital gain merupakan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham dari hasil selisih harga beli dan harga jual saham.

Jadi, harga jual harus lebih tinggi ketimbang harga beli. Nah, capital gain itu umumnya terbentuk karena adanya aktivitas perdagangan di bursa efek.

Contohnya, kamu membeli saham A yang harga per lembarnya sebesar Rp 3.000. Kemudian kamu menjualnya di angka Rp 4.000 per lembar. Nah, berarti kamu akan mendapatkan capital gain sebesar Rp 1.000 per lembarnya.

3. Saham Bonus


Keuntungan pemegang saham dapat pula diperoleh dari saham bonus yang diambil dari agio saham. Agio saham merupakan selisih antara harga jual terhadap harga normal suatu saham ketika perusahaan melakukan penawaran di pasar perdana. Meski cukup menarik, namun tidak semua perusahaan memberikan saham bonus.

4. Memiliki hak ikut serta dalam RUPS dan diakui sebagai pemilik perusahaan.


Memiliki saham berarti kita memiliki sebuah perusahaan dimana sebagai pemilik kita mempunyai kewajiban dalam ikut menentukan pemimpin perusahaan dan strategi perusahaan yang dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS), juga berhak mendapatkan keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan, keuntungan ini disebut dengan dividen.

Demikianlah 4 cara mendapatkan keuntungan dari investasi saham. Apakah Anda tertarik? Silahkan menghubungi sekuritas terdekat jika Anda ingin segera investasi saham.

Referensi:

Komentar