Langsung ke konten utama

SMGR | PELINDO III-SEMEN INDONESIA SINERGIKAN TIGA BIDANG


IQPlus, (28/08) - Pelindo III dan Semen Indonesia bekerja sama untuk mensinergikan tiga bidang yakni logistik, energi dan kepelabuhanan, tujuannya untuk memberikan nilai lebih pada bisnis masing-masing perusahaan.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, Selasa mengatakan Pelindo III memiliki kemampuan dan fasilitas di sektor logistik pelabuhan, sehingga bisa mendorong distribusi produk Semen Indonesia ke pelosok negeri.

"Sinergi BUMN ini dilandasi berbagi keahlian, agar dapat memberikan nilai lebih pada bisnis masing-masing. Antara Pelindo III di bidang kepelabuhanan dengan Semen Indonesia sebagai produsen semen besar nasional," kata Doso, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya.

Doso mengatakan, dari sisi energi, Pelindo III juga mampu menyediakan fasilitas sumber energi listrik untuk kapal sandar di dermaga, dan bisa dimanfaatkan untuk menyuplai energi listrik pada crane bongkar muat yang ada di kapal (pengangkut muatan milik Semen Indonesia).

"Sehingga bisa lebih menghemat biaya operasional. Karena energi listrik lebih efisien daripada menggunakan bahan bakar minyak untuk diesel mesin tambahan kapal saat sandar," katanya.

Pelindo III sebagai BUMN operator pelabuhan juga siap membantu mengoperasikan sejumlah pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang dimiliki Semen Indonesia di berbagai daerah.

"Tujuan utamanya untuk meningkatkan utilisasi aset TUKS yang masih rendah pemanfaatannya agar bisa meningkat," katanya.

Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso mengakui, peningkatan arus bongkar muat pelabuhan juga akan memberikan peningkatan efisiensi.

"Jadi yang dibutuhkan dalam bisnis sekarang ini tidak hanya penguasaan fasilitas. Tapi peningkatan utilisasi pelabuhan dan saling berbagi manfaat ekonominya. Karenanya dibutuhkan mitra yang kompeten seperti Pelindo III dan juga tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan pihak ketiga," katanya.

Hendi berharap, dengan adanya sinergi operasi logistik dan kepelabuhanan bersama Pelindo III, Semen Indonesia dapat semakin meluaskan jangkauan dan penguasaan distribusi produknya ke banyak pasar baru di Indonesia.

"Bila sinergi operasi ini sudah lancar produk kami akan lebih cepat sampai ke pelanggan, dengan harga yang lebih terjangkau pula. Di antaranya diharapkan dapat mendorong akselerasi pengiriman dari pabrik di Tuban dan Cilacap," katanya.(end)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Saham BJBR | BJBR BERNIAT LAKUKAN PENAMBAHAN MODAL DENGAN HMETD

IQPlus, (20/01) - Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BJBR) berniat melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI dan VII dengan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) 
Menurut keterangan perseroan Senin disebutkan, Jumlah saham yang akan dikeluarkan sebanyak 400.000.000.000 lembar saham dengan nilai nominal Rp3 per saham sepanjang telah mendapatkan persetujuan dari OJK.
Perseroan bermaksud menggunakan seluruh dari hasil PUT VI dan PUT VII PMHMETD untuk pengembangan bisnis khususnya penyaluran kredit. Perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham dalam RUPS Luar Biasa pada 26 Februari 2020 mendatang. (end)

Analisa Saham BBCA | 17 Januari 2020

Saham BBCA pada tanggal 16 Januari 2020 ditutup menguat pada harga 34250, naik 0,21%. Hal ini disertai dengan kenaikan volume, yaitu 117% dari hari sebelumnya. Berdasarkan indikator Stochastics Slow, saham ini berada pada area pertengahan ke arah bawah. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) terlihat berada di atas garis 0 dengan kecenderungan bullish.
Rekomendasi : Buy, ikuti Trend, pasang SL. Jika naik di atas 34450 maka berpeluang ke 35300 Jika turun di bawah 33975 maka berpeluang ke 33550
www.sahamonline.id Disclaimer ON