Langsung ke konten utama

Rekomendasi Saham Mirae Asset | ADRO, INKP, PTBA


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (13 Januari, 2020)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Hariyanto Wijaya, CFA, CPA (Aust), CMT (hariyanto.wijaya@miraeasset.co.id)
IHSG ditutup flat +0.0% pada hari Jumat karena kenaikan di sektor pertambangan dan perdagangan diimbangi oleh kerugian di industri dasar, dan sektor konsumen. Menurut survei Bank Indonesia pada penjualan ritel, penjualan ritel mencatat pertumbuhan YoY yang lebih rendah dari yang diharapkan pada bulan November (aktual: 1.3% vs ekspektasi: 3.5% vs Oktober: 3.6%). Rupiah menguat ke level tertinggi sejak Jan 2018. Kami berharap IHSG diperdagangkan mixed cenderung naik hari ini.

Indeks AS mundur dari level tertinggi sepanjang masa pada hari Jumat karena investor mencerna laporan ketenagakerjaan bulanan yang lebih rendah dari yang diperkirakan dan pembaruan geopolitik. New jobs of the US non-farm AS mencapai 145,000 pada bulan Desember, yang mana lebih rendah dari yang diperkirakan (vs konsensus: 160,000 vs November: 256,000). Tingkat pengangguran tetap stabil di 3.5%, dan kenaikan upah tahunan mencatat kenaikan terkecil sejak pertengahan 2018. Investor juga mengawasi pembaruan geopolitik, setelah Gedung Putih mengumumkan sanksi baru terhadap Iran dalam menanggapi serangan rudal yang menargetkan pangkalan militer AS.


Market Indicator
JCI: 6,274.94 (+0.01%)
EIDO: 26.07 (+1.52%)
DJIA: 28,823.77 (-0.46%)
FTSE100: 7,587.85 (-0.14%)
USD/IDR: 13,772 (-0.59%)
10yr GB yield: 6.93% (-9bps)
Oil Price: 59.04 (-0.87%)
Foreign net purchase: IDR95.2bn 

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141) 
TOP BUY: BBRI, TLKM, GGRM, SMGR, UCID
TOP SELL: BBCA, BMRI, ADRO, UNVR, ICBP

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102) 
BBRI, BBCA, BMRI, TLKM, BBNI


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers 
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Actual   Forecast  Previous
 Nonfarm Payrolls (Dec) US 145K 164K 256K
 Unemployment Rate (Dec) US 3.5% 3.5% 3.5% 

*KINO +9.0%. PT Kino Indonesia Tbk (KINO) mengandalkan produk personal care di sepanjang tahun ini untuk menyiasati daya beli masyarakat yang akan tertekan oleh berbagai sentimen, salah satunya naiknya iuran BPJS Kesehatan hingga dua kali lipat.
*MARK +0.8%. PT Mark Dynamics Indonesia Tbk terus melebarkan sayap usahanya, MARK akan menjajal bisnis produk-produk sanitasi di tahun 2020.
*PTPP +1.4%. PT PP Tbk (PTPP) melakukan negosiasi dengan sejumlah calon investor terkait rencana pelepasan saham di proyek investasi pelabuhan dan jalan tol tahun ini. Perseroan menargetkan bisa mengantongi dana Rp 750 miliar hingga Rp 1 triliun dari divestasi tersebut.
*DILD -4.3%. PT Intiland Development Tbk (DILD) kesulitan menaikkan harga sewa dan harga jual gedung perkantoran. Ini akibat ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan gedung kantor.
*TPIA -0.5%. Tensi politik yang memanas di area Timur Tengah, pasca penyerangan Iran terhadap basis militer Amerika Serikat di Irak berpotensi membuat fluktuasi harga minyak dunia. Produsen petrokimia dalam negeri, PT Chandra Asri Petrocehmicals Tbk (TPIA) menyebutkan dari sisi produksi industri ini tidak mengalami dampak yang berarti sama sekali. Lantaran TPIA bukan pemakai minyak bumi langsung, melainkan olahannya berupa nafta cracker


Technical Insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,274.94 (+0.01%), consolidation, trading range 6,238 – 6,285. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized masih cenderung naik Sementara itu pada periode weekly indikator MFI optimized ,indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized masih bergerak turun. Daily support di 6,2556 dan daily resistance di 6,603. Cut loss level di 6,192.

*ADRO Daily, 1,550 (+3.68%) trading buy, trading range 1,510 – 1,580. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized, indikator RSI optimized masih cenderung naik. Daily support  di 1,510 sementara itu daily resistance 1,580. Cut loss level  di 1,500.

*INKP Daily, 8,200 (+1.55%), trading buy, trading range 8,050 – 8,375. Indikator MFI optimized  , indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized masih cenderung naik secara umum. Daily support  di 8,050 sementara itu daily resistance  di 8,375. Cut loss level  di 7,800.

*PTBA Daily, 2,780 (+4.12%) trading buy, trading range 2,710 – 2,830. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized masih cenderung naik. Perkiraan daily support di 2,710 dan daily resistance di 2,830.Cut loss level di 2,710.


Daily write up
Retail - New tax regulations on e-commerce goods by Christine Natasya (natasya@miraeasset.co.id) 

- Pemerintah Indonesia akan menurunkan batas harga untuk semua barang impor yang dikirim B2C, juga dikenal sebagai peraturan de minimis, sebesar USD3/nota pengiriman/hari dari sebelumnya USD75 di 2019.

- Di bawah peraturan baru, produk buatan luar negeri — seperti tas, tekstil, pakaian, dan sepatu — dengan nilai pengiriman impor minimal USD3 akan dikenakan tariff berbeda. Bea impor untuk tas adalah 15% –20%, sepatu 25% –30%, dan tekstil 15% –25%, tergantung dari negara asal produk. Pajak-pajak tersebut akan dibebankan di atas pajak pertambahan nilai (PPN) 10% dan pajak penghasilan 7.5-10%, sehingga total pajak impor e-commerce naik signifikan. 

- Sebaliknya, pendapatan pajak penghasilan untuk penjual di e-commerce akan dihapus (10% untuk penjual dengan NPWP, dan 20% untuk mereka yang tidak memiliki NPWP) teruntuk pengimpor produk selain sepatu, tas, dan pakaian, sehingga pajak impor yang dikenakan turun dari 27.5% -37.5% menjadi hanya terdiri dari PPN dan bea masuk, yang masing-masing dipertahankan sebesar 10% dan 7.5% -10%. Peraturan ini berlaku pada tanggal tentatif 20 Januari 2020.

- Kami mempertahankan Netral untuk sektor ini. Kami percaya aturan impor yang ketat menciptakan persaingan yang setara untuk produk lokal. Kami melihat dampak netral pada LPPF dan RALS dalam jangka panjang, meskipun dampak jangka jangka pendek positif untuk kedua perusahaan

(See full report: http://bit.ly/2Nb0Fhm )

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik GarisBar Chart/Grafik BatangCandlestick Chart/Grafik Lilin Grafik Line Chart hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara Bar Chart dan Candlestick Chart hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya pribadi selalu menggunakan candlestick chart di platform trading yang sa…

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham. 
Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah.
Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham
Buyer Versus Seller
Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontrol, dan pihak m…