google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Rekomendasi Saham Mirae Asset Sekuritas | AALI, LSIP, SIMP Langsung ke konten utama

Rekomendasi Saham Mirae Asset Sekuritas | AALI, LSIP, SIMP


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (8 Januari, 2020)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Hariyanto Wijaya, CFA, CPA (Aust), CMT (hariyanto.wijaya@miraeasset.co.id)
IHSG ditutup lebih tinggi +0.4% pada hari Selasa sebagian karena kepercayaan konsumen yang lebih baik dari perkiraan pada bulan Desember (Desember: 126.4 vs ekspektasi: 123.4 vs November: 124.2). Kami memperkirakan fenomena "Januari effect" akan terjadi Januari ini (silakan lihat laporan strategi bulanan Januari kami) karena kami percaya bahwa investor akan menyambut baik pemulihan pendapatan FY20 IHSG. Top picks bulanan kami untuk Januari adalah BBCA, UNVR, INDF, JPFA, MAPI, ITMG, ANTM, dan WIKA. Pada 6 Januari, top picks kami yang sama-sama berbobot menghasilkan akumulasi pengembalian 15.2% (vs penurunan IHSG 2.1%) sejak awal pembentukan top picks bulanan kami pada Agustus 2019. Oleh karena itu, top picks kami mengungguli IHSG sebesar 17.3%.

Indeks AS ditutup lebih rendah pada hari Selasa karena investor terus mempertimbangkan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan sektor jasa AS tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada bulan Desember.


Market Indicator
JCI: 6,279.35 (+0.35%)
EIDO: 25.47 (-0.59%)
DJIA: 28,583.68 (-0.42%)
FTSE100: 7,573.85 (-0.62%)
USD/IDR: 13,878 (-0.47%)
10yr GB yield: 7.06% (-3bps)
Oil Price: 63.27 (+0.35%)
Foreign net purchase: IDR72.8bn 

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141) 
TOP BUY: BBRI, PGAS, ADRO, BRPT, SMGR
TOP SELL: BMRI, BBCA, TOWR, LPPF, CPIN

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102) 
BBRI, BBCA, BMRI, TLKM, ASII


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers 
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Actual   Forecast  Previous
ISM Non-Manufacturing PMI (Dec) US 55.0 54.5 53.9 

*ADRO +5.1%. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) membagikan dividen interim tahun buku 2019 sebesar Rp65,48 per lembar saham. Dengan total pembayaran dividen sebesar Rp2,094 triliun.
*EXCL +0.3%.Tahun baru 2020, XL Axiata (EXCL) catat kenaikan trafik data capai 77%.
*DILD +1.3%. PT Intiland Development Tbk (DILD) berhasil meningkatkan penjualan pada kuartal IV-2019. Pada triwulan keempat 2019, perusahaan properti ini berhasil menjual inventori lahan yang masuk kategori non-core seluas 40 hektare (ha) senilai Rp 460 miliar.
*PCAR -24.7%. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencermati pola transaksi saham PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) karena telah terjadi penurunan harga saham yang diluar kebiasaan (UMA).
*GIAA -1.6%. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menyatakan batal menerbitkan sukuk senilai US$ 900 juta, yang rencananya digunakan untuk refinancing utang-utang yang dimiliki oleh perseroan. Laporan keuangan yang belum selesai menjadi penyebab utama batalnya aksi korporasi tersebut.
*PGAS -2.3%. Pemerintah mengkaji opsi skema penurunan harga gas bagi industri dengan opsi mengurangi jatah pemerintah sebesar USD2.2 per MMBTU


Technical Insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,279.35 (+0.35%), consolidation, trading range 6,245 – 6,292. Indikator MFI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung turun, sementara itu indikator RSI optimized mulai bergerak naik .Sementara itu pada periode weekly indikator MFI optimized ,indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized masih bergerak turun. Daily support di 6,245 dan daily resistance di 6,292. Cut loss level di 6,240.

*AALI Daily, 13,400 (-0.74%) trading buy, trading range 13,250 – 13,675. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized, indikator RSI optimized masih bergerak turun namun sudah berada di oversold area. Daily support  di 13,250 sementara itu daily resistance 13,675. Cut loss level  di 13,225.

*LSIP Daily, 1,375(+0.36%), trading buy, trading range 1,355 1,410. Indikator MFI optimized  , indikator W%R optimized dan RSI optimized masih cenderung bergerak sudah berada di oversold area dengan kecenderungan menguat Daily support  di 1,355 sementara itu daily resistance  di 1,410. Cut loss level  di 1,320.

*SIMP Daily, 422(+1.44%) trading buy, trading range 414 –  428. Indikator MFI optimized sudah berada di oversold area,, sementara itu indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized Mukai bergerak naik  Perkiraan daily support di 414 dan daily resistance di 428.Cut loss level di 410.


Daily write up
Monthly Strategy - January: Expecting “January effect” phenomenon by Hariyanto Wijaya, CFA, CPA (Aust.), CFP, CMT (hariyanto.wijaya@miraeasset.co.id) 

- Harga CPO telah naik 52% sejak September 2019. Kami memperkirakan kenaikan signifikan pada harga CPO tersebut akan dapat meningkatkan konsumsi domestik mengingat sekitar 41% dari area perkebunan kelapa sawit Indonesia dimiliki oleh petani kecil dan inbdustri perkebunan memberikan kontribusi proporsi terbesar untuk pekerjaan di Indonesia dengan pangsa 27.3%.

- PMI manufaktur IHS Markit Indonesia naik menjadi 49.5 pada bulan Desember (dari 48.2 pada bulan November), yang mencerminkan pemulihan moderat dalam produksi, penjualan baru, dan input persediaan. Menurut survei Markit, business confidence pada bulan Desember naik ke level tertinggi dalam enam bulan, sementara aktivitas pembelian tumbuh lagi karena permintaan, terutama dari domestik, membaik pada akhir tahun 2019.

- Sejalan dengan perkiraan kami, IHSG menguat sebesar 4.8% MoM di bulan Desember dengan semua sektor ditutup positif. Bulan Desember juga menandai kembalinya investor asing ke ekuitas Indonesia setelah lima bulan berturut-turut melakukan penjualan bersih, di tengah berlanjutnya penjualan bersih asing terhadap ekuitas di negara-negara tetangga.

- Kami memperkirakan fenomena "efek Januari" akan terjadi di Januari ini karena kami yakin bahwa investor akan menyambut baik pemulihan laba bersih FY20 IHSG. Top picks bulanan kami untuk Januari adalah BBCA, UNVR, INDF, JPFA, MAPI, ITMG, ANTM, dan WIKA.

- Hingga 6 Januari, top picks kami menghasilkan akumulasi return 15.2% (vs penurunan IHSG 2.1%) sejak awal dibentuknya top picks bulanan kami pada Agustus 2019. Oleh karena itu, top picks kami mengungguli IHSG sebesar 17.3%.

(See full report: http://bit.ly/2SZPyM4 )


Flash Focus – Flash Focus – Discourse on industrial land ASP cap, how should we react? by Joshua Michael (joshua.michael@miraeasset.co.id) 

-Kemarin, beberapa media menerbitkan pernyataan Bahlil Lahadalia (Kepala BKPM) tentang batas atas harga lahan industri, yang dia yakini tidak boleh melebihi Rp200.000.

-Ini secara signifikan di bawah harga lahan industri domestik (DMAS dan SSIA) saat ini, yang berkisar antara Rp1,7-2,0 juta (~USD120-140)

-Kami percaya bahwa harga lahan industri domestik saat ini tidak berlebihan dan masih kompetitif dibandingkan dengan Vietnam. Karenanya, tidak ada alasan bagi pemerintah untuk membatasi harga lahan industri.

-Kami percaya dua katalis utama untuk penjualan lahan industri domestik adalah: 1) stabilitas ekonomi dan 2) peningkatan kemudahan melakukan bisnis dan indeks daya saing global, dalam rangka meningkatkan Penanaman Modal Asing.

-Adapun untuk saat ini, kami menghargai relaksasi fiskal dan implementasi omnibus law yang direncanakan pemerintah.

(See full report: http://bit.ly/39NdpEP )

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit