Langsung ke konten utama

Rekomedasi Saham Mirae Asset | CPIN, GGRM, MAPI


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (4 Februari, 2020)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Hariyanto Wijaya, CFA, CPA (Aust), CMT (hariyanto.wijaya@miraeasset.co.id)
IHSG ditutup lebih rendah -0,9% pada hari Senin karena investor asing membukukan penjualan bersih yang cukup besar dari IDR812milyar kemarin di belakang mood risk-off karena coronavirus. Kami perkirakan IHSG masih dalam konsolidasi hari ini karena investor tetap berada di sisi pasar sambil mengawasi rilis PDB Indonesia 4Q19 dan FY19 besok (konsensus memperkirakan PDB 4Q19 5,04%; FY19 PDB 5,03%).

Indeks AS ditutup lebih tinggi pada hari Senin rebound dari kemerosotan minggu lalu. IMP Manufaktur ISM untuk AS kembali ke wilayah ekspansi (pertama kali sejak Juli 2019) dengan melompat ke 50,9 pada Januari dari 47,8 pada Desember, mengalahkan perkiraan pasar sebesar 48,5. Dalam komoditas, harga minyak mentah WTI turun 2,9% menjadi USD50,03 / barel, titik terendah dalam lebih dari setahun. Pembicaraan tentang pembatasan pasokan OPEC + dibayangi oleh kekhawatiran bahwa coronavirus dapat membatasi konsumsi minyak Cina.


Market Indicator
JCI: 5,884.17 (-0.94%)
EIDO: 24.15 (-0.12%)
DJIA: 28,399.81 (0.51%)
FTSE100: 7,326.31 (0.55%)
USD/IDR: 13,742 (0.64%)
10yr GB yield: 6.70% (+2bps)
Oil Price: 50.11 (-2.81%)
Foreign net purchase: -IDR812.4bn 

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141) 
TOP BUY: BBRI, ADRO, CTRA, LPPF, PGAS
TOP SELL: BBCA, BMRI, ASII, ACES, UNVR

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102) 
BBCA, BRPT, BBRI, BMRI, TLKM


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers 
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Actual   Forecast  Previous
Manufacturing PMI (Jan) US 51.9 51.7 52.4
ISM Manufacturing PMI (Jan) US 50.9 48.5 47.8 

*ITMA +1.4%. PT Sumber Energi Andalan Tbk (ITMA) meraih laba bersih US$8,99 juta hingga periode 31 Desember 2019 naik dari laba bersih US$6,47 juta di periode sama tahun sebelumnya.
*SIDO +0.4%. Sido Muncul targetkan perbesar kontribusi ekspor hingga 10% di 2020
*ARNA +0.4%. PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) membidik sejumlah program pemerintah untuk mengerek pertumbuhan volume penjualannya sebesar 10% untuk tahun ini.
*MTPS -2.7%. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencermati pola transaksi saham PT Meta Epsi Tbk (MTPS) karena telah mengalami penurunan harga saham yang di luar kebiasaan (UMA).
*ELSA -4.4%, MEDC -4.2%. Harga minyak mentah USD51.56 turun 1.11%



Technical Insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 5,884.17 (-0.94%), consolidation, trading range 5,867– 5,914. Indikator MFI optimized , indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized sudah berada di oversold area dan cenderung konsolidasi. Sementara itu pada periode weekly indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized masih cenderung turun namun mulai terbatas. Daily support di 5,837 dan daily resistance di 5,914. Cut loss level di 5,850.

*CPIN Weekly , 6,200 (-6.77%), buy on weakness, trading range 5,950 – 6,575 Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized, dan indikator RSI optimized koreksi terbatas. Weekly support  di 5,950 sementara itu weekly resistance  6,575. Cut loss level  5,900.

*GGRM Daily, 55,475 (-0.54%), buy on weakness, trading range 55,000 – 56,150. Indikator MFI optimized ,indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized sudah berada di oversold area. Daily support  di 55,000 sementara itu daily resistance  di  56,150. Cut loss level  di 54,500.

*MAPI Weekly, 910 (-5.21%), buy on weakness, trading range 870–960. Indikator MFI optimized ,indikator RSI optimized serta indikator W%R optimized sudah berada di oversold area,. Perkiraan weekly support di  870 dan weekly resistance di 960.Cut loss level di 880


Daily write up
Weekly commodity alerts: A golden opportunity by Andy Wibowo Gunawan (andy.wibowo@miraeasset.co.id)

-Kami berpikir bahwa pasar logam mulia adalah satu-satunya yang terlihat menarik minggu ini di tengah berlanjutnya kekhawatiran tentang coronavirus.

-Kami memperkirakan bahwa harga minyak WTI akan diperdagangkan lebih rendah, mengingat kurangnya katalis pada sisi penawaran atau permintaan. Sementara itu, kami memperkirakan bahwa harga batubara global akan mengalami perdagangan campuran minggu ini, mengingat kekhawatiran akan virus corona. Minggu ini, China akan merilis impor total batubara Januari (lignit) Januari, yang kami pikir akan lebih tinggi dari bulan sebelumnya karena efek musiman.

-Kami berpikir bahwa harga nikel global akan terus turun minggu ini. Sementara itu, kami berharap bahwa harga timah global akan diperdagangkan dua arah, mengingat katalis dua sisi.

-Bahkan meskipun daya beli AS tetap solid, meningkatnya kekhawatiran tentang wabah koronavirus akan menyebabkan investor mengalihkan investasinya ke komoditas safe-haven, seperti emas. Dengan demikian, kami optimis bahwa harga emas global akan terus menguat minggu ini.

-Untuk minggu ini, kami melihat risiko penurunan terkait permintaan CPO global, terutama dari China sebagai salah satu importir CPO global terbesar. Risiko penurunan ditimbulkan oleh impor CPO Cina yang lebih rendah setelah pecahnya coronavirus beberapa minggu lalu. Dengan demikian, kami berpikir bahwa harga CPO global kemungkinan akan diperdagangkan lebih rendah minggu ini.

(See full report: https://bit.ly/2UibZwK )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity.

Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut:

Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail.

Pertimbangan untuk AlexDepositoInvestasi Toko/Warung RetailRisikoMinim, relatif nggak ada bagi AlexBisa bangkrut atau perkembangan bisnis tidak sesuai harap…

Saham TELE | TELE BANTAH GAGAL BAYAR OBLIGASI

IQPlus, (18/02) - PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE) membantah telah melakukan gagal bayar atas bunga dan pokok obligasi yang sudah jatuh tempo, karena sudah melakukan pembayaran kepada pemegang obligasi.
Hal ini menanggapi pengumuman yang disampaikan oleh pihak PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) perihal penundaan pembayaran bunga dan pokok obligasi terhadap pemegang obligasi.
Direktur Utama TELE, Tan Lie Pin, mengatakan perseroan telah melakukan kewajibanya untuk melakukan pembayaran kepada pemegang obligasi secara langsung, sebagaimana bukti yang telah disampaikan kepada KSEI.
"Namun KSEI tidak mengakui proses pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan karena dianggap menyalahi teknis pembayaran," katanya dalam keterangan resminya kepada media.
Menurut dia, alasan perusahaan melakukan proses pembayaran langsung kepada pemegang obligasi dikarenakan adanya permintaan dari pemegang obligasi kepada pihak perusahaan. Bukti pembayaran tersebut juga sudah disampaikan kepad…