Langsung ke konten utama

Rekomendasi Saham Mirae Asset | BRPT, CPIN, SIMP

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (11 Februari, 2020)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Hariyanto Wijaya, CFA, CPA (Aust), CMT (hariyanto.wijaya@miraeasset.co.id)

IHSG dalam konsolidasi kemarin sejalan dengan melemahnya indeks regional didukung oleh coronavirus risk-off mood. Indonesia membukukan Neraca Pembayaran 4Q19 (BoP) surplus USD3,3 miliar (vs defisit BoP - USD46juta di 3Q19) karena surplus neraca keuangan yang lebih tinggi mampu mengompensasi pelebaran defisit neraca berjalan. Kami berharap IHSG akan diperdagangkan lebih tinggi hari ini.

Indeks AS ditutup pada rekor tertinggi baru dengan sebagian besar sektor maju pada Senin karena investor terus menilai dampak ekonomi potensial dari coronavirus yang memiliki tingkat kematian 1%, yang jauh lebih rendah daripada tingkat kematian SARS 9,5%. 

Market Indicator
JCI: 5,952.08 (-0.79%)
EIDO: 24.54 (-0.16%)
DJIA: 29,276.82 (+0.60%)
FTSE100: 7,446.88 (-0.27%)
USD/IDR: 13,712 (+0.27%)
10yr GB yield: 6.60% (+1bps)
Oil Price: 49.57 (-1.49%)
Foreign net purchase: IDR330.3bn 

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141) 
TOP BUY: TLKM, BBCA, BMRI, UNTR, BBNI
TOP SELL: BBRI, ASII, HMSP, MIKA, SMGR

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102) 
BBRI, BBCA, MYOR, TLKM, BMRI


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers 
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)
Actual   Forecast  Previous
Italian Industrial Production (MoM) (Dec) -2.7% -0.5% 0.1% 
Italian Industrial Production (YoY) (Dec) -4.3% -0.2% -0.8% 

*TAMA +69.1%. Pada hari ini (10/1/2020), PT Lancartama Sejati Tbk (TAMA) mencatatkan sahamnya di lantai bursa untuk pertama kalinya. PT Lancartama Sejati Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi properti khususnya perumahan dan komersial sejak 1990. Proyek perseroan umumnya menyebar di Jabodetabek dan Sumatera Selatan. Rata-rata portofolio proyek berupa ruko, perumahan bahkan gedung perkantoran.
*TOTO -1.5%. PT Surya Toto Indonesia Tbk. (TOTO) menyatakan bakal fokus menggarap segmen menengah ke bawah untuk penjualan produk sanitasi di dalam negeri. Perseroan juga akan tetap mengandalkan segmen pasar ekspor untuk menopang penjualan, Managemen mengatakan pasar domestik saat ini memang sedang lesu.
*EXCL -3.4%. Lelang menara masih proses, XL Axiata ingin harga sewa kembali yang lebih rendah.
*TINS -3.4%. Harga Timah USD16255.00 turun 2.49%.
*INCO -1.5%. Harga Nikel USD 12832.50 turun 2.10%.
*AALI -4.9%, LSIP -5.4%, BWPT -7.8%. Harga minyak sawit RM2776 turun 1.49%.


Technical Insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)
*IHSG Daily, 5,952.08 (-0.79%), consolidation, trading range 5,925 – 5,973. Indikator MFI optimized , indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized cenderung turun. Sementara itu pada periode weekly indikator MFI optimized koreksi terbatas, indikator W%R optimized cenderun naik dan indikator RSI optimized masih konsolidasi . Daily support di 5,926  dan daily resistance di 5,973. Cut loss level di 5,889.

*BRPT Weekly, 1,245 (-1.58%), buy on weakness, trading range 1,190 – 1,320. Indikator MFI optimized , indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized sudah berada di oversold area. Weekly support  di 1,190 sementara itu weekly  resistance  1,320.  Cut loss level  1,170.

*CPIN Weekly, 6,225(-2.35%), buy on weakness, trading range 6,000 – 6,600. Indikator MFI optimized ,indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized sudah berada di oversold area. Weekly support  di 6,150 sementara itu Weekly resistance  di  6,400. Cut loss level  di 6,000.

*SIMP Weekly, 366 (-3.68%), buy on wekaness, trading range 358 –386. Indikator MFI optimized cenderung naik, ,indikator RSI optimized serta indikator W%R optimized masih cenderung konsolidasi. Perkiraan weekly support di  362 dan weekly resistance di 386.Cut loss level di 346.



Daily write up
Weekly Commodity Alerts - Hope rests on tin and CPO by Andy Wibowo Gunawan ( andy.wibowo@miraeasset.co.id ) 

-Harga timah dan CPO global akan menarik minggu ini. Sementara itu, kami kurang optimis bahwa harga komoditas lainnya akan menarik.

-Harga batubara global akan turun minggu ini, mengingat pertumbuhan laba industri Cina yang lebih rendah pada bulan Desember.

-Kami memperkirakan bahwa harga timah global akan rebound minggu ini, kami optimis bahwa persediaan timah LME akan terus turun minggu ini. Selain itu, kami berpikir bahwa perkiraan yang lebih tinggi untuk CPI Januari Cina Tahunan akan menjadi risiko terbalik terhadap harga timah global untuk minggu ini.

-Kami kurang optimis bahwa harga nikel global akan diperdagangkan lebih tinggi minggu ini, mengingat kurangnya katalis positif.

-Kami berpikir bahwa meningkatnya kekhawatiran tentang coronavirus adalah satu-satunya risiko naiknya harga emas global untuk minggu ini.

-Kami optimis bahwa produksi CPO Malaysia Januari akan turun karena pengaruh musim. Dengan demikian, kami berpikir bahwa kekhawatiran tentang coronavirus akan tetap sebagai katalis negatif untuk harga CPO global karena China adalah salah satu konsumen CPO global terbesar.

(See full report: http://bit.ly/3bqsyN2 )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Analisa Saham TELE | 14 Februari 2020

Saham TELE pada tanggal 13 Februari 2020 ditutup menguat pada harga 197, naik 3,14%. Hal ini disertai dengan kenaikan volume, yaitu 165% dari hari sebelumnya. Berdasarkan indikator Stochastics Slow, saham ini berada pada area oversold. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) terlihat berada di bawah garis 0 dengan kecenderungan mendatar disertai sedikit penguatan.
Rekomendasi : Spec. Buy Jika naik di atas 204 maka berpeluang ke 220 Jika turun di bawah 185 maka lupakan
www.sahamonline.id Disclaimer ON

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity.

Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut:

Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail.

Pertimbangan untuk AlexDepositoInvestasi Toko/Warung RetailRisikoMinim, relatif nggak ada bagi AlexBisa bangkrut atau perkembangan bisnis tidak sesuai harap…