Langsung ke konten utama

DIGITAL MEDIATAMA BERHASIL CATAT PERTUMBUHAN LABA BERSIH 235% PER SEPTEBER 2020


PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) terus menunjukkan pertumbuhannya dengan pendapatan dan laba bersih pada 9M20 tumbuh 270,4% YoY dan 235,7% YoY, masing-masing menjadi Rp347,6 miliar dan Rp24,8 miliar. Kinerja keuangan yang kuat sebagian besar didorong oleh ekspansi yang kokoh dari segmen cloud advertising dan trade marketing.

Segmen digital cloud advertising (Managed Services and Infrastructure-as-a-Services) DMMX menghasilkan pertumbuhan top-line sebesar 57,8% YoY menjadi Rp71,5 miliar di 9M20, sebagian besar berasal dari aktivitas penyebaran layar yang berkelanjutan. Pada akhir September, DMMX telah memasang 12.823 layar (+103,8% YoY), mencakup 9.373 titik (+90,6% YoY). Pendapatan segmen trade marketing tumbuh sebesar 467,8% YoY menjadi Rp275,5 miliar di 9M20, didukung oleh peningkatan jumlah anggota gerai Pojok Bayar sebesar 57,1% YoY menjadi 74.078 pada akhir September.

Laba kotor dan laba operasi 9M20 tumbuh 97,8% dan 87,7% YoY masing-masing menjadi Rp36,2 miliar dan Rp18,1 miliar, didukung oleh ekspansi top-line yang kuat. Selama situasi COVID-19, DMMX terus menunjukkan ketahanan profitabilitas dengan margin laba kotor tetap kuat di 10,4% (vs. 10,7% di 1H20), meskipun terdapat peningkatan kontribusi top line dari segmen trade marketing yang digerakkan oleh GMV (79,2% dari pendapatan 9M20 vs. 77,8% dari pendapatan 1H20). Sejalan dengan itu, margin laba operasi mencapai 5,2% di 9M20 (vs. 5,7% di 1H20), sedikit tertekan oleh peningkatan rasio biaya operasional terhadap pendapatan dari 5,0% di 1H20 menjadi 5,2% di 9M20, terkait dengan peningkatan dalam penyebaran layar (+2.093 layar di 3Q20 vs. 982 layar di 2Q20).

Laba bersih yang dapat diatribusikan pada 9M20 tumbuh sebesar 235,7% YoY menjadi Rp24,8 miliar, sebagian besar disebabkan oleh ekspansi organik dan evolusi operasi DMMX. DMMX mempertahankan posisi keuangan yang kuat dengan posisi kas bersih sebesar Rp174,1 miliar pada 9M20, memberikan banyak ruang ekspansi untuk membiayai upaya ekspansi jaringan titik iklan yang terus berlanjut.

Bisnis Konten Digital DMMX-Bumilangit mulai terbentuk; Didukung oleh Tailwind Bumilangit

Pada Juli 2020, DMMX mengumumkan kemitraan dengan PT Bumilangit Entertainment Corpora (“Bumilangit”), sebuah perusahaan hiburan yang mengelola +1.100 kekayaan intelektual/intellectual property (IP) superhero komik di Asia. DMMX akan meminjamkan kemampuan platform dan keahlian digitalnya kepada Bumilangit, sembari mendapatkan akses ke basis data IP Bumilangit, yang memiliki potensi pengembangan luar biasa dalam hal memperkaya konten DMMX. Sebagai gantinya, Bumilangit akan mendapatkan peningkatan eksposur terhadap produk dan layanannya melalui platform digital DMMX yang sedang berkembang serta mengakses peluang ikatan/bundling dengan klien DMMX.

Pada 3Q20, kemitraan DMMX-Bumilangit telah mulai berkembang dengan konten berbasis IP Bumilangit, berinovasi untuk melibatkan berbagai fandom buku komik dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Misalnya, DMMX memperkenalkan chatbot Bumilangit (dibangun di atas WhatsApp Business Account (WABA) Grup MCAS), yang mana penggemar dapat memperoleh akses ke konten-konten eksklusif (stiker karakter) dan rewards (paket produk digital). DMMX dan Bumilangit dapat memperoleh insight berharga tentang berbagai fandom karakter yang akan menyempurnakan strategi promosi, terutama untuk 5 film mendatang dalam rangkaian Bumilangit Cinematic Universe.(end)

Sumber: iqplus

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri. Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut: Tanaman Pangan BISI International Tbk Perkebunan Astra Agro Lestari Tbk BW Plantation Tbk Gozco Plantations Tbk Jaya Agra Wattie Tbk Multi Agro Gemilang Plantation Tbk Provident Agro Tbk PP London Sumatra Tbk Salim Ivomas Pratama Tbk Sampoerna Agro Tbk SMART Tbk Tunas Baru Lampung Tb

Direktur PT Adaro Energy Tbk Jual Saham ADRO Sebanyak 2 Juta Saham

Tren penguatan harga batu bara membuat saham emiten terkait komoditas tersebut turut memanas, termasuk saham PT Adaro Energy Tbk. (ADRO). Pada penutupan perdagangan Selasa (1/12/2020), saham ADRO berada di level Rp1.390. Harga saham emiten yang dikomandoi Garibaldi Thohir itu naik 25,23 persen dalam sebulan terakhir. Kenaikan harga saham ADRO itu pun dimanfaatkan salah satu direksi untuk melakan aksi jual. Direktur Adaro Energy Christian Ariano Rachmat tercatat menjual saham ADRO sebanyak 2 juta saham. Transaksi penjualan tersebut dilakukan pada 27 November 2020 dengan harga Rp1.390 dan pada 30 November 2020 dengan harga Rp1.400. Masing-masing transaksi berupa penjualan 1 juta saham, sehingga total transaksi mencapai Rp2,79 miliar. "Tujuan transaksi investasi jangka panjang. Persentase saham berdasarkan kepemilikan ialah 0,006 persen," papar laporan ADRO ke Bursa Efek Indonesia. Ariano yang sebelumnya memegang 20 juta saham ADRO pun kini menjadi tinggal 18 juta saham, atau se

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr