Langsung ke konten utama

[KLBF] BERIKAN NUTRISI TERBAIK, KALBE NUTRITIONALS KERJA SAMA DENGAN PT ISAM


PT Sanghiang Perkasa atau lebih dikenal sebagai KALBE Nutritionals menjalin kerja sama dengan produsen susu lokal yaitu PT Industri Susu Alam Murni (PT ISAM) dari Bandung, Jawa Barat, yang merupakan bagian dari Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), sebagai komitmen dalam memberikan nutrisi terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Kemitraan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk serta memperkuat industri susu nasional, sehingga dapat memberi banyak manfaat kepada masyarakat. Kemitraan ini disepakati sejak November 2020 dan memasuki April 2021, kemitraan ini memasuki fase pengembangan dengan formula baru.

Melalui wawancara virtual, Andy Chendra, Director of Quality Assurance, Sustainability and Support Function KALBE Nutritionalsmengakui hubungan dengan GKSI dan PT ISAM ini adalah bentuk kemitraan strategis yang dibangun KALBE Nutritionals sejak beberapa tahun lalu.

"Kami yakin kemitraan dengan GKSI dan PT ISAM akan membuahkan hasil yang lebih baik secara produk. Apalagi PT ISAM merupakan perusahaan yang menyalurkan hasil produksi peternak sapi perah lokal yang bernaung di GKSI, sementara KALBE Nutritionals adalah produsen untuk produk nutrisi nasional. Jadi kolaborasi ini memang ditujukan untuk meningkatkan kualitas susu yang diproduksi dan mengembangkan industri susu nasional, dalam upaya untuk bersama-sama menyehatkan bangsa," papar Andy.

Saat ini, KALBE Nutritionals adalah satu-satunya perusahaan nasional yang bersaing dengan perusahaan susu multinasional di posisi 5 besar untuk kategori growing up milk. Adapun PT ISAM dimiliki GKSI Nasional dan GKSI Jawa Barat adalah salah satu produsen susu segar terkemuka di Indonesia.

Hingga kini, GKSI secara nasional merupakan wadah yang menaungi sekitar 100.000 orang peternak sapi perah lokal, dengan jumlah sapi kurang lebih sebanyak 300.000 ekor dan kapasitas produksi susu segar mencapai 1.600 ton per hari.

Eksplorasi peluang kerja sama ini sebenarnya sudah dimulai sejak tiga tahun lalu, tepatnya di awal 2018. Pada tahap awal kemitraan ini, KALBE Nutritionals memberikan milk canpada GKSI Jawa Barat, karena para peternak sapi perah lokal membutuhkan lebih banyak kontainer higienis untuk memastikan kualitas produksi susunya.

Setelah kemitraan tahap awal ini, komunikasi antara manajemen kedua perusahaan terjalin semakin intensif dan berkembang ke arah kemitraan strategis. Hingga akhirnya disepakati KALBE Nutritionals akan mengembangkan produk dalam kemasan Tetra Pak bersama PT ISAM. Selain itu, KALBE Nutritionals juga telah memasang mesin Aseptic Filling Technology di PT ISAM untuk menghasilkan produk-produk KALBE Nutritionals.

Teknologi aseptik sendiri adalah teknologi pengolahan dan pengemasan makanan yang mampu menjaga makanan tetap aman dan terjaga cita rasanya setidaknya selama satu tahun - tanpa proses pendinginan atau penggunaan bahan pengawet.

Proses aseptik memastikan bahwa makanan dan bahan kemasan bebas dari bakteri berbahaya saat makanan dikemas. Segala sesuatu dalam rantai produksi dipastikan sudah steril, termasuk bahan makanan dan pengemasan, serta semua mesin dan lingkungan tempat pengemasan dilakukan.

Lebih jauh Totok Kurniawan, Head of External Production KALBE Nutritionalsmenjelaskan bahwa di tahap awal kemitraan ini ditargetkan dapat menghasilkan 3 produk unggulan KALBE Nutritionals, yaitu Susu Zee, PRENAGEN, dan Entrasol.

"Ini semua berjalan paralel. Jadi di tahap awal, kami memasang aseptic filling,lalu mulai memproduksi susu menggunakan existing formula, sambil mengembangkan beberapa formula produk yang paling tepat dengan menggunakan susu segar dari GKSI. Kami menargetkan dapat memasarkan produk kemitraan ini di awal tahun 2022," jelas Totok.

Sementara itu, PT ISAM meyakini dengan dukungan produksi susu segar dari para peternak sapi perah lokal yang bergabung di GKSI, akan mampu memenuhi segala kebutuhan susu segar KALBE Nutritionals,sehingga di masa depan diharapkan semua lini produk susu di KALBE Nutritionals bisa diproduksi di PT ISAM.

Melalui wawancara virtual secara terpisah, Yusup Munawar, Manufacturing Director PT. ISAM menyambut kolaborasi ini dengan penuh optimisme. .Sejauh ini, kami memiliki fasilitas produksi yang bisa diandalkan. Harapan kami, kerja sama ini bisa berlangsung selama mungkin, karena kemitraan ini sudah sejalan dengan visi dan misi KALBE Nutritionals sebagai penyediahealthy lifestyle nutritionterkemuka di Indonesia dan PT ISAM sebagai produsen susu segar lokal yang berkualitas.

Dengan peran dan status masing-masing sudah seharusnya kedua pihak bersinergi, sehingga produk nutrisi unggulan KALBE Nutritionals yang berbasis susu segar hasil peternak sapi perah lokal bisa diproduksi bersama dan hasilnya akan memperkuat industri susu nasional dan tujuan akhirnya menyehatkan bangsa Indonesia,. ungkap Yusup Munawar.

Dalam hal produksi susu, KALBE Nutritionals sudah melakukan pengalihan produksinya ke pabrik milik PT ISAM. Semua prosesnya pun juga telah melalui uji kendali mutu yang ketat.

"Jadi standar-standar yang diterapkan di dalam kemitraan ini sudah berstandardisasi internasional, karena sejak beberapa tahun lalu PT ISAM sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan nasional dan multinasional. Standar yang diterapkan sama dan semua sertifikasi juga sudah memenuhi requirement, serta di tahap awal operasional, tim kami juga mendukung proses produksi di PT ISAM," lanjut Andy.

Hingga kini, sebagai produsen nutrisi terbesar di Indonesia, KALBE Nutritionals memiliki 17 mitra produksi. KALBE Nutritionals sendiri memiliki fokus utama di sektor distribusi dan pemasaran, serta mengelola 3 pabrik internal. Dari 17 mitra produksi KALBE Nutritionals, 15 di antaranya ada di dalam negeri, termasuk PT ISAM. Kelima belas mitra produksi ini tidak hanya memproduksi susu, melainkan juga produk-produk nutrisi kesehatan lainnya seperti sereal, biskuit, dan produk-produk lain.

Ditemui secara terpisah, Ongkie Tedjasurja, Presiden Direktur KALBE Nutritionalsmengungkapkan harapannya pada kemitraan dengan PT ISAM ini. .Harapan jangka pendeknya adalah KALBE Nutritionals dan PT ISAM bisa sama-sama bertumbuh, sehingga kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki sekarang ini bisa diperluas setelah kemitraan ini membuahkan hasil.

Harapan jangka panjangnya tentu saja dengan produk susu segar dari PT ISAM, kami bisa memantapkan peran kami sebagai penyedia nutrisi untuk setiap tahap kehidupan, mulai dari persiapan kehamilan, tahap perkembangan anak-anak, usia muda dan produktif, hingga kalangan senior atau lansia. Pastinya secara bersama-sama, kami bisa memperkuat industri susu nasional dan menyehatkan bangsa," ungkap Ongkie dengan penuh optimisme.(end)

Sumber: IQPLUS

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Analisa Saham MPPA, PGAS dan WIIM | 6 Me 2021

PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) Pergerakan MPPA menunjukkan candlestick terbentuk pola inverted hammer dan bertahan di atas MA 8 mengindikasikan tekanan jual mereda dan berpotensi terjadinya technical rebound. Indikator stochastic terlihat downtrend dan MACD positif. Rekomendasi: Buy Support: Rp 780 Resistance: Rp 930 Dimas Wahyu Putra, NH Korindo Sekuritas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) Pergerakan harga saham PGAS bertahan di atas garis tengah dari bollinger dan terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli. RSI mulai menunjukkan sinyal positif sementara MACD telah berhasil membentuk pola dead cross di area negatif Rekomendasi: Akumulasi Support: Rp 1.205 Resistance: Rp 1.300 M Nafan Aji, Binaartha Sekuritas PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM) Pergerakan WIIM terlihat downtrend dengan harga di bawah MA5, namun stochastic oversold. Adapun candlestick membentuk pola hammer. Saham WIIM akan mencoba menguji resistance. Rekomendasi: Wait and see Support: