Langsung ke konten utama

Belajar Saham, Mulai Dari Mana?


Di Channel Youtube Saham Online banyak sekali rekan-rekan bertanya tentang bagaimana seharusnya kita memulai untuk belajar saham.

Bagi pemula, pertanyaan semacam ini memang penting untuk dijawab. Karena saham ini tidak melulu sekedar tentang cuan dan amshiong saja. Bukan juga sekedar untung cepat saja. Tapi di dalam dunia saham ini ada banyak hal yang cukup kompleks.

Ada ilmu laporan keuangan, analisis fundamental, analisis teknikal, pasar dunia dan lain sebagainya, tapi lagi-lagi, paling enak mulai dari mana?

Urutan Belajar Saham

Berikut ini adalah urutan belajar saham untuk pemula agar calon investor atau trader bisa mengetahui untuk memulainya dari mana.

1. Definisi dan Istilah


Rekan-rekan harus paham dulu arti saham, macam-macamnya dan segala hal yang terkait dengannya. Termasuk arti dari pasar modal, IHSG dan indeks-indeks besar di luar negeri. Pelajari juga istilah-istilah penting dalam dunia saham.

2. Mekanisme Pasar


Rekan-rekan harus paham bagaimana mekanisme pasar. Bagaimana harga saham bergerak naik dan turun? Apa saja yang mempengaruhinya? Rekan-rekan juga sebaiknya memahami bagaimana sebuah berita memberi dampak pada pergerakan saham.

3. Memahami Software Trading


Penting untuk mempelajari software trading yang disediakan sekuritas. Itu karena dia adalah alat "perang" kita. Kita harus mampu mengoperasikannya dan memahami setiap fungsi dalam setiap menu yang disediakan.

4. Memahami Grafik Saham


Ini artinya rekan-rekan harus mempelajari Analisis Teknikal Saham yang meliputi Pola Candlestick, Pola Grafik dan Indikator Saham. Rekan-rekan harus memahami bagaimana cara menggunakan semua itu.

5. Memahami Laporan Keuangan


Ini artinya rekan-rekan harus mempelajari Analisis Fundamental Saham yang terdiri dari banyak indikator atau rasio yang terdapat dalam laporan keuangan, misalnya PBV, ROA, DER dan lainnya.

6. Variasi Ilmu


Selalu ada inovasi dalam analisis, maka rekan-rekan harus tetap berkembang belajar dari banyak orang, dari banyak sumber, agar berhasil.

Jika rekan-rekan banyak berlatih dan belajar dalam trading dan investasi di pasar modal, rekan-rekan akan menghadapi tantangan luar biasa. Rekan-rekan harus memahami bahwa segala sesuatu membutuhkan proses, dan kita harus menikmati proses itu. 

Silahkan buka kategori "belajar saham" di sini untuk mengetahui lebih banyak ilmu tentang saham. Silahkan juga subscribe di channel Saham Online di youtube untuk informasi dunia Saham dalam bentuk video sebagai tambahan.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Price-to-Earnings Ratio (PER)

Apa itu Rasio Price-to-Earnings Ratio (PER)? Price-to-Earnings Ratio (PER atau P/E Ratio) adalah rasio untuk menilai perusahaan yang mengukur harga saham saat ini relatif terhadap earning per share  (EPS). Rasio harga terhadap pendapatan kadang-kadang juga dikenal sebagai kelipatan harga atau kelipatan laba. PER digunakan oleh investor dan analis untuk menentukan nilai relatif saham perusahaan dalam perbandingan apple to apple. Ini juga dapat digunakan untuk membandingkan perusahaan dengan catatan sejarahnya sendiri atau untuk membandingkan pasar agregat satu sama lain atau dari waktu ke waktu. Rumus PER (P/E Ratio) Cara Menghitung Nilai P/E Untuk menentukan nilai PER seseorang harus membagi harga saham saat ini dengan earning per share (EPS) . Harga saham saat ini (P) dapat diperoleh dengan memasukkan simbol ticker saham ke situs web keuangan mana pun, dan meskipun nilai konkret ini mencerminkan apa yang saat ini harus dibayar oleh investor untuk sebuah saham, EP

Analisa Saham AGRO, EMTK dan SMGR | 14 Oktober 2021

PT Bank Rakyat Indonesia Agronia Tbk (AGRO) AGRO pada perdagangan hari ini ditutup melemah dan bergerak pada trend bearish continiation. Nampak, AGRO baru saja menembus level MA20-nya sebagai support jangka pendeknya yaitu di level support 1910. Namun, AGRO diperdagangkan dengan volume yang cukup ramai dimana indikator stochastic saat ini berada di areal jenuh jual. Band pada indikator bollinger band kian melebar indikasi volatilitas yang juga meningkat.   Ditengah volatilitas adro yang kian meningkat, nampak saat ini adro masing menguji support selanjutnya di level 1800. Apabila AGRO mampu bertahan di atas support mayor 1.800 dan mengalami teknikal rebound dan ada potensi AGRO akan bergerak kembali diatas MA20nya. Namun apabila gagal, ada potensi melanjutkan pelemahan ke level support selanjutnya yaitu di level 1720. Rekomendasi: Spekulatif buy Support: Rp 1.800 Resistance: Rp 1.910 Hendri Widiantoro, Erdikha Elit Sekuritas. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) Downtrend menuju Rp 1.

Analisa Saham SOCI, JSMR dan SIMP | 15 Oktober 2021

PT Soechi Lines Tbk (SOCI) Menguat meninggalkan demand zone pada area 178-191. SOCI mengakhiri fase konsolidasi menuju penguatan. Selama harga bertahan di atas demand zone, SOCI berpotensi menguat. Pada Kamis (14/10), SOCI ditutup menguat 0,99% ke Rp 204 per saham.  Rekomendasi: Speculative buy Support: Rp 191 Resistance: Rp 244 William Hartanto, Panin Sekuritas PT Jasa Marga Tbk (JSMR) JSMR bergerak menguat terbatas dan membentuk pola candle shooting star. JSMR ditransaksikan dengan volume transaksi yang relatif ramai. Volatilitas kian meningkat dengan ditunjukkan dengan melebarnya Band pada indikator bollinger band.  Dalam jangka menengah JSMR nampak bergerak pada trend bullish yang ditunjukkan dengan terjadinya Breakout pada MA50, ada potensi mengalami penguatan lanjutan secara jangka menengah.  Namun secara jangka pendek, indikator stochastic sudah berada di areal overbought dan berpotensi terjadi death cross, indikasi adanya potensi profit taking yang mana di dukung dengan candle