Langsung ke konten utama

XL Axiata Siap Kembangkan Internet 4G di Mentawai


Operator seluler XL Axiata siap mengembangkan layanan internet 4G di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) yang terkategori sebagai daerah terdepan terluar dan tertinggal (3T).

Penyediaan layanan ini bergulir setelah XL Axiata terpilih menjadi salah satu operator mitra kerja sama pemerintah dalam program penyediaan layanan seluler 4G di wilayah 3T.

"Semoga penyediaan layanan internet ini memberikan dampak positif dan menunjang perekonomian daerah Mentawai" kata Direktur Teknologi dan Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam keterangan pers yang diterima di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan program tersebut bagian dari realisasi jaringan 4G Universal Service Obligation (USO) yang dikoordinasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Sedikitnya ada 11 desa di enam kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang masuk dalam jangkauan program tersebut.

Dengan rincian desa Bulasat Makalo (Kecamatan Pagai Selatan), Maileppet, Matotonan, Muntei, (Kecamatan Siberut Selatan), Saibi Samukop (Kecamatan Siberut Tengah).

Kemudian desa Malancan, Mongan Poula (Kecamatan Siberut Utara), Taikako (Kecamatan Sikakap), Mara, dan Sioban (Kecamatan Sipora Selatan).

Selain Kabupaten Kepulauan Mentawai, program USO yang dikelola oleh XL Axiata itu juga menjangkau daerah terpencil lain dengan total 132 desa.

Ratusan desa itu tersebar di tujuh provinsi seperti Nias (Sumatera Utara), Pulau Banyak dan Pulau Aceh (Aceh), Natuna dan Anambas (Kepulauan Riau), di perairan Selat Malaka, dan lainnya.

I Gede menjelaskan semua jaringan yang dibangun dalam program ini merupakan jaringan 4G menggunakan koneksi vsat dan terestrial.

XL Axiata bertugas untuk mengintegrasikan infrastruktur jaringan 4G USO yang disediakan oleh BAKTI dengan jaringan core dan billing milik XL Axiata, termasuk memberikan layanan pelanggan secara "end to end"

Penetapan setiap titik lokasi ditetapkan oleh pemerintah dimana BAKTI sebagai penanggung jawab penyedia infrastruktur radio dan backhaul sampai ke titik point of integration dengan operator seluler.

Teknis pembangunan infrastruktur jaringan radio serta transport sampai ke titik interkoneksi dengan operator juga ditangani oleh BAKTI.

Sedangkan operasionalnya pihak XL Axiata menunggu pembangunan infrastruktur itu selesai sehingga bisa diintegrasikan dengan jaringan core, billing, serta system layanan pelanggan.(end/ant)

Sumber: IQPLUS

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Analisa Saham ANTM | 12 Janauari 2022

Setelah gagal bertahan diatas support minor 2220 (garis hitam), ANTM juga gagal bertahan diatas support konsolidasi panjangnya di 2130 (garis merah). Kedepannya, selama saham ini tidak mampu bertahan dan berkonsolidasi diatas area support konsolidasinya, maka segala kenaikan saham ini hanyalah technical rebound dalam tren turun. Target penurunan ANTM selanjutnya berada di 1830 dengan minor target 1970. Harga yang sudah berada dibawah rangkaian moving averagenya menunjukan saham ini berada dalam tren penurunan jangka menengah – panjang. Trading plan : Sell on strength area support konsolidasi. Hindari saham ini sementara waktu. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Analisa Saham BRIS | 13 Januari 2022

BRIS melemah di bawah support penting 1700. Penembusan support ini membuat BRIS membentuk pola bearish double tops. Pola ini menandakan bahwa BRIS berisiko terus melemah menuju kisaran 1000-1300. Rekomendasi: Hindari. Sell bagi yang masih punya. Target penurunan 1000-1300 sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Analisa Saham PGAS | 12 Januari 2022

PGAS mencapai target penurunan pola bearish head and shoulders di 1250-1300 seperti yang diulas dalam PGAS Dalam Tekanan. Setelah mencapai target penurunan ini, PGAS masih belum menunjukkan potensi rebound sehingga PGAS berisiko melanjutkan pelemahannya menuju target lanjutan di 1100-1150. Rekomendasi: Tetap hindari. Kalau PGAS melemah di bawah MA200, target penurunan selanjutnya berada di 1100-1150. sumber :  doktermatrket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online