Langsung ke konten utama

Perjalanan Danamon Tumbuh Melalui Kolaborasi


PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memasuki usia ke 65 tahun. Mengusung tema "Tumbuh Melalui Kolaborasi" Danamon menyelenggarakan serangkaian program dan inovasi menarik untuk nasabah dan masyarakat Indonesia. Acara ini diawali dengan [Live] A Conversation with Mr. Yasushi Itagaki, 65 Years of Dedication & Growth Through Collaborations for Indonesia.

Sejarah Kolaborasi

Sedikit kilas balik 1956 Danamon lahir dengan nama Bank Kopra Indonesia, lalu berganti nama Danamon pada tahun pada 1976. Danamon yang dimana berasal dari kata 'Dana Moneter.'

Kantor pertama Danamon berdiri pada tahun 1983 dan lima tahun kemudian Danamon berhasil meluncurkan paket reformasi perbankan yang dikenal dengan "Paket Oktober 1988" atau PAKTO 88. Paket ini diluncurkan sebagai upaya membangun kompetisi dalam sektor perbankan dengan memberikan kemudahan persyaratan.

Danamon berkembang pesat dan berhasil memperluas jaringan, Bank Danamon tercatat sebagai Bank pertama yang memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia. Seiring dengan ekspansi bisnis, Danamon berkontribusi dalam mendukung berbagai komunitas, salah satunya Danamon menjadi pendukung tenis Indonesia, dengan menyelenggarakan Kejuaraan Tenis Terbuka Wanita Danamon Indonesia yang berlangsung hingga tahun 1997.

Pada 1994 Danamon berkolaborasi dengan Golden Truly, pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia melalui Kartu D Golden Truly Visa. Pada waktu yang sama Danamon juga bekerjasama dengan Aetna Life untuk perlindungan asuransi.

Sayangnya, perjalanan tak selalu mulus. Pada tahun 1998 Danamon menghadapi tantangan berta hingga akhirnya kesulitan likuiditas akibat krisis keuangan di Asia. Danamon kala itu berada di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dan termasuk dalam Take Over Bank Pemerintah. Terlepas dari pergantian peristiwa yang mengecewakan ini, ada cahaya di ujung terowongan yang gelap. Danamon dapat membangun dirinya dan menjadi bank utama dalam penggabungan 8 BTO lainnya, yang mengukuhkan kami sebagai salah satu pilar perekonomian Indonesia.

Perjalanan kolaboratif semakin diperkuat dimana Danamon bersinergi dengan berbagai pihak seperti Morgan Stanley, Direktorat Jenderal Pajak dalam layanan "Pemantauan Pelaporan dan Pembayaran Pajak Online", Astra Sedaya Finance, Semesta Citra Dana, dan berbagai pihak lainnya. Pada tahun 2003 saham mayoritas Danamon diakuisisi oleh Asia Financial Consortium di bawah kendali Temasek Holdings. Pada tahun 2004, Danamon mencapai pangsa pasar mikro melalui produk Dana Simpan Pinjam yang memungkinkan untuk memperluas jaringan guna menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Pada 2019 Danamon secara resmi menjadi anggota dari MUFG Bank, Ltd (MUFG). Pada aksi korporasi ini, investasi MUFG di Danamon akan memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah dan franchise Danamon, serta mendukung Bank untuk terus bertumbuh menjadi bank terkemuka di Indonesia. Area kolaborasi dan sinergi antara Danamon dan MUFG meliputi pembiayaan untuk rantai pasok otomotif, perbankan ritel, inovasi digital dan kemampuan manajemen risiko. Sejak investasi MUFG, Bank Danamon juga berhasil berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka seperti; PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, PT BSD Diamond Development, PT Perfetti Van Melle, PT Investree Radhika Jaya, dan masih banyak yang lainya

Yasushi Itagaki, Direktur Utama Danamon mengatakan," Sebagai bagian dari MUFG, kami berkomitmen untuk terus mendukung dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, Danamon memiliki prioritas strategis untuk lebih memperluas bisnis dengan cara membangun fondasi yang kuat melalui inisiatif digital, sumber daya manusia dan branding, serta memanfaatkan kolaborasi dengan MUFG. Kami memanfaatkan kolaborasi MUFG dan kekuatan kami di pasar lokal untuk memperluas pinjaman secara hati-hati di seluruh ekosistem. Ini termasuk rantai pasokan keuangan dan dengan pelanggan MUFG sebagai jangkar dan Danamon menyediakan solusi pendanaan dan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan di ekosistem tersebut. Jika dilakukan dengan benar, kami akan memberikan solusi terbaik bagi pelanggan kami, serta keahlian global yang digabungkan dengan jaringan dan hubungan lokal" tuturnya.

Di usia ke 65 tahun ini, Danamon bersyukur atas semua pencapaian dan menjadi anggota dari MUFG dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meski dihadapkan pada banyak tantangan seperti kondisi ekonomi tidak menentu dan situasi yang sulit akibat pandemi, Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian. Danamon berhasil mendapatkan penghargaan Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International (RBI) dengan predikat Highly Recommended untuk kategori Best Digital Banking Initiative berkat alih pengetahuan dan teknologi dari MUFG dan pastinya kerja keras karyawan, stakeholder dan dukungan dari para nasabah.

Inisiatif Danamon Selama Pandemi

Selain fokus terhadap produk dan layanan perbankan, Di masa sulit ini, menginisiasikan serangkaian program untuk atasi COVID-19 seperti, bantuan sebesar ¥100 juta (setara Rp14 miliar) kepada pelajar Indonesia di Jepang melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo untuk mengatasi kesulitan ekonomi di masa COVID-19; Donasi tunai sebesar lebih dari Rp1 Miliar dari kedua bank untuk menyumbang persediaan makanan kepada para pengemudi online Grab dan Gojek; Donasi 4.000 alat pelindung diri (APD) kepada petugas medis pejuang lini depan Indonesia; Donasi asuransi jiwa dan jaminan kecelakaan kerja yang dikelola oleh BP Jamsostek kepada 10.000 relawan di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); distribusi sembako dan APD di sejumlah wilayah di Indonesia melalui jaringan kantor wilayah dan cabang Bank Danamon, Donasi kaus bagi relawan di RS Wisma Atlet.

Pada 23 Juni kemarin kami menggelar Sentra Vaksinasi kolaborasi MUFG, Danamon, Adira Finance dan didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalu Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Rumah Sakit Mayapada, dan Halodoc sebagai fasilitator operasional dan manajemen pembuatan janji vaksinasi.

HUT Danamon 65

Danamon merayakan hari jadi ke 65 tahun dengan rangkaian program bertajuk "Festival Kolaborasi". tema "Tumbuh melalui Kolaborasi" dipilih karena selama pandemi Covid-19, Danamon menyadari pentingnya aksi dari seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berkolaborasi dalam menghadapi masa-masa sulit.

Di area festival virtual ini masyarakat dapat menemukan kisah inspiratif perjalanan Danamon, promosi produk promo kolaborasi special HUT ke-65 serta 650 menit talkshow yang menyoroti pentingnya kolaborasi, dari berbagai topik, aspek, dan sudut pandang. Baik nasabah maupun non-nasabah dapat mengakses area festival ini dengan mudah dan gratis. Sebagai bagian dari HUT 65 Danamon juga terus berkomitmen dalam semangat kesejahteraan melalui Aksi Danamon Peduli, yang diantaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara yang berupa program fasilitas sanitasi dan sumber air bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan.

"Bank Danamon telah menerapkan kebijakan pandemi keselamatan untuk melindungi karyawannya, seperti memulai bekerja dari rumah, protokol keselamatan dan kesehatan yang mencakup penggunaan masker, physical distancing, menjaga kebersihan, melakukan survei harian untuk memantau kesehatan karyawannya, memberikan PCR gratis tes kepada karyawan yang diduga terinfeksi, dan melakukan pelacakan kontak yang ketat untuk kasus positif yang teridentifikasi," jelasnya.

Selama masa pandemi, Danamon juga memastikan nasabah dapat terus menikmati layanan perbankan, melalui kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja. Nasabah memiliki pilihan menggunakan layanan perbankan elektronik dan digital untuk kebutuhan dan kenyamanan bertransaksi seperti D-Bank, Danamon Online Banking, SMS Banking dan ATM.

Sumber : CNBC




Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

LEPAS SAHAM BBYB, YELLOW BRICK KANTONGI DANA Rp641,25 MILIAR.

Yellow Brick Enterprise Ltd telah melepas sebagian saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) miliknya. Hal itu terlihat dalam laporan kepemilikan saham BBYB, yang dipublikasikan, Kamis (2/12). Dalam laporan BBYB, disebutkan bahwa Yellow Brick Enterprise Ltd telah melepas total sebanyak 346.621.622 lembar saham BBYB. Penjualan saham tersebut dilakukan secara bertahap atau sebanyak tiga kali tepatnya, mulai tanggal 23 November, 26 November dan 29 November 2021. "Saham BBYB di lepada oleh Yellow Brick Enterprise Ltd di level Rp1.850 per lembar sahamnya,"tulis Manajemen BBYB. Dengan demikian dapat diasumsikan Yellow Brick Enterprise Ltd telah mengantongi dana sekitar Rp641,25 miliar dari penjualan saham BBYB tersebut. Pasca penjualan saham, kepemilikan saham Yellow Brick Enterprise Ltd di BBYB berkurang menjadi sejumlah 485.218.961 lembar saham 6,47%, dari sebanyak 831.840.583 lembar saham atau sekitar 11,1%. (end/as) sumber :  IQPLUS Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Analisa Saham PTBA | 3 Desember 2021

Saham PTBA Setelah berhasil breakout dari resistance pola falling wedge pattern dan mencapai targetnya di 2760, saham PTBA berpeluang melanjutkan reli penguatannya. Indikator teknikal MACD yang telah golden cross dan bersiap cross up ke atas centreline mengindikasikan bahwa saham ini mulai mendapatkan momentum positif, sehingga berpeluang melanjutkan penguatannya menuju target-target selanjutnya. Rekomendasi : Hold & let your profit run. Ikutin terus dan cek update teknikal selanjutnya untuk target berikutnya dan trailing stopnya di member area. Disclaimer ON sumber :  steptrader Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online