google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo SUKUK Ritel: Pilihan Investasi Aman dan Menguntungkan, Cocok untuk Keuangan Keluarga Langsung ke konten utama

SUKUK Ritel: Pilihan Investasi Aman dan Menguntungkan, Cocok untuk Keuangan Keluarga



Investasi melibatkan sejumlah uang yang mungkin saja cukup besar, sehingga penting sekali untuk memperhitungkan segala sesuatunya sejak awal. Pemilihan instrumen investasi yang tepat, akan sangat mungkin membawa keuangan keluarga menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Saat akan melakukan investasi, diwajibkan untuk mengerti dan memahami dengan baik instrumen yang akan digunakan. Hal ini akan mempengaruhi tingkat keberhasilan investasi itu sendiri, di mana Anda memiliki penguasaan yang tepat terhadap investasi yang dilakukan tersebut.

Tentukan lebih dahulu tujuan investasi, sebab ini akan berhubungan dengan jangka waktu dan juga return yang akan didapatkan dari investasi tersebut. Beberapa instrumen investasi, hanya memberikan return yang maksimal jika dilakukan dalam kurun waktu yang panjang (minimal 10 tahun). Artinya, jika berinvestasi dalam instrumen tersebut dan mencairkannya sebelum 10 tahun masa investasi, maka besar kemungkinan keuntungan maksimal tidak bisa didapatkan.

Hal-hal seperti ini patut Anda pahami dengan baik sejak awal, sebab berhasil atau tidaknya investasi yang dilakukan, tentu akan sangat bergantung pada pemahaman dan cara mengatasi berbagai kendala di dalamnya. Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda memahami dan menguasai dengan baik jenis investasi yang akan dipilih.

Yang Aman dan Menguntungkan

Dari berbagai jenis investasi yang ada saat ini, semuanya tentu memiliki risiko yang terkandung di dalamnya. Namun, hal ini akan berbeda antara satu instrumen dengan yang lainnya, di mana risiko akan selalu berbanding lurus dengan return yang ditawarkan oleh investasi tersebut.

Jika menginginkan investasi yang aman dan memiliki risiko yang rendah, maka sukuk ritel bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi yang baru akan memulai investasi di dalam keuangan.

Sukuk ritel merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dengan menggunakan konsep syariah di dalamnya. Investasi ini terbilang aman dan memiliki jaminan dari pemerintah, sehingga tidak perlu khawatir akan berbagai risiko terhadap dana yang Anda investasikan.

Sukuk ritel bisa dibeli oleh siapa saja dengan mudah, sebab investasi ini dijual oleh hampir seluruh bank besar di Indonesia, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk berinvestasi dalam instrumen yang satu ini. Dalam investasi ini, Anda akan mendapatkan sejumlah bunga yang lazim disebut dengan kupon, di mana bunga ini akan dibayarkan setiap bulannya.

Hampir mirip dengan deposito, sukuk ritel juga dijual dengan periode tertentu, di masa Anda akan melakukan investasi selama 3 tahun namun, tidak menutup kemungkinan investasi ini dicairkan sebelum masa 3 tahun tersebut, tentunya dengan syarat dan ketentuan dari penerbit.

Untuk berinvestasi dalam sukuk ritel, Anda tidak harus menunggu lama dan mengumpulkan sejumlah dana yang besar, sebab investasi ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp5 juta dan berlaku kelipatannya, dengan nilai maksimal Rp5 milyar. Bunga yang diterapkan di dalam sukuk ritel adalah 8,3%, dengan pajak sebesar 15%. Ini tentu jumlah yang lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan investasi dalam bentuk deposito yang dikenai pajak sebesar 20%.

Simak beberapa keuntungan lain yang akan didapatkan dari investasi ini:

1. Keuntungan yang Lebih Besar

Jika dibandingkan dengan deposito yang hanya memberikan bunga sebesar 6% saja, maka sukuk ritel bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat, sebab investasi ini bahkan dapat memberikan keuntungan bunga sebesar 8,3%. Hal ini bahkan ditambah dengan potongan pajak yang jauh lebih kecil, di dalam sukuk ritel pemerintah hanya menerapkan pajak sebesar 15% saja, sedangkan untuk deposito dikenakan pajak sebesar 20%.

2. Mudah Dibeli

Tidak perlu repot saat akan membeli sukuk ritel sebagai instrumen investasi di dalam keuangan. Pemerintah secara khusus memberikan kemudahan untuk mengakses investasi yang satu ini, sebab hampir semua bank besar di Indonesia ditugaskan untuk menjualnya. Hal ini akan memudahkan dalam melakukan investasi, di mana Anda hanya perlu membawa serta KTP Anda ke salah satu bank tersebut, dan bisa memulai investasi dengan mudah di sana.

3. Menggunakan Konsep Syariah

Investasi yang satu ini juga sudah mendapat opini syariah dari DSN-MUI dan diberikan dalam bentuk pernyataan kepemilikan atas aset SBSN yang diterbikan oleh pemerintah dengan mengikuti fatwa Ijarah Asset to be Leased. Konsep ini membuat sukuk ritel tidak berbentuk sebagai utang, namun sebagai bukti kepemilikan atas Aset SBSN yang disewakan, di mana investor akan menerima sejumlah ujrah atau uang sewa dengan jumlah tetap setiap bulannya.

4. Pencairan Mudah dan Bisa Dijadikan sebagai Jaminan

Meski memiliki periode selama 3 tahun, namun sukuk ritel tetap bisa dicairkan sebelum masa tersebut tiba. Jika sewaktu-waktu membutuhkan sejumlah dana dan berniat untuk menjual suku ritel dengan segera, maka Anda bisa melakukannya dengan cara menjualnya ke pasar sekunder dengan harga pasar yang berlaku saat itu. Hal ini bisa dilakukan lewat agen penjual.

Selain itu, sukuk ritel juga bisa dijadikan sebagai jaminan, sehingga tidak akan kesulitan untuk mendapatkan sejumlah dana/pinjaman jika sewaktu-waktu membutuhkannya. Agen penjual memberikan kemudahan dan memfasilitasi untuk menjaminkan sukuk ritel tersebut.

5. Dana Investasi yang Terjangkau

Dana Investasi yang Terjangkau

Saat akan melakukan investasi, sejumlah dana yang besar seringkali menjadi kendala bagi sebagian besar orang. Namun di dalam sukuk ritel, Anda bisa mengatasinya dengan mudah, sebab investasi ini bahkan bisa dimulai dengan dana sebesar Rp5 juta saja dan berlaku kelipatannya.

6. Pendapatan Tetap dengan Pajak Lebih Rendah

Sukuk ritel membayarkan kupon / bunga setiap bulannya secara tetap kepada investornya. Investasi ini dikenakan pajak sebesar 15%, yang jauh lebih ringan dari pajak deposito yang sebesar 20%

Mudah dan Lebih Menguntungkan

Sukuk ritel memiliki sejumlah kemudahan yang dapat membantu Anda untuk bisa berinvestasi dengan aman. Hal ini bahkan tidak sulit untuk dilakukan oleh Anda yang baru akan memulai investasi untuk pertama kalinya. Jika mengiginkan investasi dengan dana yang terjangkau dan return yang menjanjikan namun tetap aman, maka sukuk ritel menjadi instrumen yang tepat dan bisa dijadikan pilihan.


sumber : cermati


Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr