google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo TINGKATKAN AWARENESS ESG, PASAR MODAL RESMIKAN MICROSITE ESG. Langsung ke konten utama

TINGKATKAN AWARENESS ESG, PASAR MODAL RESMIKAN MICROSITE ESG.


Sebagai bentuk dukungan terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga sejalan dalam penerapan keuangan berkelanjutan di pasar modal sebagaimana tertuang dalam Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap II tahun 2021-2025 serta mendukung road to Indonesia G20 Presidency 2022, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan resmi meluncurkan Environmental, Social, and Governance (ESG) Platform dalam bentuk Microsite ESG https://esg.idx.co.id/ pada Rabu (22/12). Peluncuran microsite ini juga merupakan salah satu inisiatif dalam rangkaian Kegiatan ESG Capital Market Exhibition & Showcase 2021 yang telah dibuka pada 27 Juli 2021 lalu.

Microsite ESG ini dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempromosikan awareness atas manfaat penerapan ESG di pasar modal Indonesia. Highlight dari Microsite ESG adalah showcase Perusahaan Tercatat praktisi ESG yang menyajikan perjalanannya dalam menerapkan ESG, yang informasinya tersedia pada menu ESG Star Listed Companies. Penyajian informasi tersebut diharapkan dapat dijadikan referensi atau benchmark oleh para pelaku bisnis, serta menambah wawasan bahwa pertumbuhan perusahaan dapat dicapai dengan tetap menyelaraskan setiap kegiatannya untuk selalu menjaga lingkungan hidup, penggunaan sumber daya secara bijaksana, dan mendukung kesejahteraan sosial melalui pemberdayaan masyarakat sekitarnya.

Selain itu, kehadiran Microsite ESG ini diharapkan dapat menjadi media edukasi untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal Indonesia. Hal ini sejalan dengan peningkatan tren investasi pada produk yang mendukung prinsip-prinsip ESG. Di microsite ini, dipaparkan informasi mengenai indeks ESG yang ada di pasar modal Indonesia, sehingga dapat membantu investor dalam melakukan investasi berbasis ESG. Selanjutnya, Microsite ESG ini juga bertujuan untuk memberikan fasilitas serta menjadi media komunikasi publik dengan Perusahaan Tercatat yang menerapkan ESG.

Beberapa informasi yang dapat diketahui oleh publik pada Microsite ESG:

1. Sekilas ESG (ESG at a Glance)

Di bagian ini, publik dapat memahami makna dari ESG, investasi berbasis ESG, manfaat dari ESG serta komitmen pasar modal terhadap penerapan ESG.

2. ESG Star Listed Companies

Di bagian ini, publik dapat mempelajari perjalanan dan penerapan ESG pada perwakilan Perusahaan Tercatat sebagai ESG Practitioners di pasar modal Indonesia. Saat ini terdapat 7 Perusahaan Tercatat yang turut menampilkan informasi mengenai ESG di Microsite ESG, yaitu:

a. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)

b. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

c. PT Bank Mandiri Persero Tbk (BMRI)

d. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)

e. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

f. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR)

g. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

3. Acara (Events)

Publik juga dapat menyaksikan rekaman webinar dan/atau seminar dengan topik mengenai keberlanjutan dan informasi acara dengan topik keberlanjutan yang akan datang.

4. Informasi Lainnya (Other Information)

Di bagian ini, publik dapat memperoleh informasi tentang rujukan regulasi, pedoman ESG dalam pasar modal Indonesia, Roadmap Keuangan Berkelanjutan di Indonesia, serta informasi lainnya.

Keberadaan Microsite ESG ini diharapkan dapat mendorong Perusahaan Tercatat untuk mengintegrasikan aspek-aspek ESG dalam agenda strategis dan operasional serta meningkatkan pemahaman investor agar dapat membuat keputusan investasi dengan tetap memperhatikan prinsipprinsip ESG. Dengan demikian, seluruh stakeholders pasar modal Indonesia dapat bekerja sama untuk mencapai terwujudnya pasar modal yang berkelanjutan, resilient, dan berkontribusi tidak hanya kepada pertumbuhan perekonomian negara, melainkan juga terhadap kesejahteraan masyarakat serta kelestarian lingkungan Indonesia. (end)


sumber : IQPLUS

Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit