Langsung ke konten utama

Investasi Saham? Kurang Afdol Kalau Gak Kenal Indeks IDX Quality30 (IDXQ30)



Dalam berinvestasi saham di pasar modal, jangan cuma tahunya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Investor wajib mengenal indeks saham lain untuk dijadikan acuan investasi

Bagi kamu calon investor atau investor pemula, indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dan dievaluasi secara berkala.

Seperti diketahui, banyak perusahaan menerbitkan aneka saham yang dapat menjadi portofolio investasimu. Nah supaya lebih mudah dipantau, dibuatlah berbagai macam indeks saham. Ada indeks yang memuat saham-saham tertentu berdasarkan kapitalisasi pasar dan likuiditasnya.

Indeks saham penting dipahami karena dapat menjadi acuan investasi bagi investor reksa dana indeks, ETF Indeks serta produk turunannya. Selain itu, membantu investor dalam mengambil keputusan, apakah mau jual, beli, atau tahan sebuah saham.

Saat ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki 35 indeks saham. Yang terbaru, yaitu indeks saham IDX Quality30 atau IDXQ30. Masih fresh, baru diluncurkan 10 Agustus lalu. Yuk, simak ulasan mengenai indeks saham teranyar ini

Pengertian IDXQ30

IDX Quality30 atau IDXQ30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham dari perusahaan-perusahaan dengan profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil. Tentunya juga dengan likuiditas transaksi, serta kinerja keuangan yang baik.

Untuk masuk dalam jajaran saham di indeks IDXQ30 tidak mudah. Saham-saham yang layak untuk dipilih dalam pemilihan indeks disaring secara ketat. Dasar kriteria penilaiannya, antara lain:

Rasio profitabilitas : Return-on-Equity (ROE)

Rasio solvabilitas : Debt-to-Equity-Ratio (DER), dan

Variabilitas laba : Volatilitas dari pertumbuhan Earning per Share (EPS).

Metodologi yang digunakan, yakni Capped Free Float Market Capitalization Weighted & Quality Factored. Pada saat evaluasi, bobot tiap saham pada indeks dibatasi paling tinggi 15%. Saham mana yang memiliki quality score (skor berkualitas) tertinggi, mereka pantas menghuni IDXQ30.

Saham-saham IDXQ30 akan dievaluasi rutin pada bulan-bulan tertentu.

Evaluasi Mayor (M):bertujuan memilih saham konstituen indeks untuk periode selanjutnya disertai dengan menyesuaikan jumlah saham untuk indeks dan/atau bobot dari konstituen. Dievaluasi bulan Januari dan Juli (Efektif Februari dan Agustus).

Evaluasi Minor (m):hanya bertujuan menyesuaikan jumlah saham untuk indeks dan/atau bobot dari konstituen tanpa pemilihan konstituen indeks untuk periode selainjutnya. Dievaluasi rutin pada bulan April dan Oktober (Efektif Mei dan November).

30 Saham Penghuni IDXQ30

Indeks Saham

Ada 30 saham penghuni indeks IDX Quality30 (IDXQ30)

Dari hasil seleksi ketat, terpilihlah 30 saham unggulan yang masuk dalam IDXQ30. Berikut daftar 30 saham penghuni IDXQ30:


No.   |     Kode    |    Nama Saham


1

ACES

Ace Hardware Indonesia Tbk.


2

BBCA

Bank Central Asia Tbk.


3

BBNI

Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.


4

BBRI

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.


5

BJBR

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.


6

BJTM

Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk.


7

BMRI

Bank Mandiri (Persero) Tbk.


8

BTPS

Bank BTPN Syariah Tbk.


9

CLEO

Sariguna Primatirta Tbk.


10

CPIN

Charoen Pokphand Indonesia Tbk


11

DMAS

Puradelta Lestari Tbk.


12

GGRM

Gudang Garam Tbk.


13

HMSP

H.M. Sampoerna Tbk.


14

HOKI

Buyung Poetra Sembada Tbk.


15

ICBP

Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.


16

INTP

Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.


17

KLBF

Kalbe Farma Tbk.


18

LINK

Link Net Tbk.


19

MIKA

Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.


20

MNCN

Media Nusantara Citra Tbk.


21

MYOR

Mayora Indah Tbk.


22

PTBA

Bukit Asam Tbk.


23

PWON

Pakuwon Jati Tbk.


24

RALS

Ramayana Lestari Sentosa Tbk.


25

SCMA

Surya Citra Media Tbk.


26

SIDO

Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.


27

SMSM

Selamat Sempurna Tbk.


28

TLKM

Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.


29

UNTR

United Tractors Tbk.

30 UNVR Unilever Indonesia Tbk.

Daftar Harga Saham Penghuni IDXQ30

Jika kamu ingin investasi atau membeli saham-saham unggulan di atas, cek dulu nih daftar harga sahamnya. Berikut contoh rincian harga saham penghuni IDXQ30 per tanggal 7 September 2020, seperti dikutip dari laman resmi IDX:


No | Kode   |       Harga Saham 

                           per Lembar (Rp)

1   ACES              1.570

2   BBCA            31.425

3   BBNI               5.250

4   BBRI                3.510

5   BJBR                1.030

6   BJTM                  590

7   BMRI                5.850

8   BTPS                 3.710

9   CLEO                    515

10  CPIN                  6.075

11  DMAS                    228

12  GGRM              47.100

13  HMSP                   1.640

14  HOKI                      755

15  ICBP                   10.325

16  INTP                   11.975

17  KLBF                   1.600

18  LINK                    2.220

19  MIKA                   2.410

20  MNCN                    860

21  MYOR                   2.590

22  PTBA                     2.110

23  PWON                        40

24  RALS                        610

25  SCMA                    1.200

26  SIDO                      1.400

27  SMSM                    1.185

28  TLKM                     2.900

29  UNTR                      23.150

30. UNVR                      8.375



*Harga saham di atas dapat bergerak naik turun mengikuti kondisi pasar maupun kinerja perusahaan.

*Untuk mengecek pergerakan harga saham penghuni IDXQ30 setiap harinya dapat dilihat di sini. 

Mau Koleksi Saham IDXQ30? Sesuaikan dengan Bujetmu

Kalau dilihat harga saham yang masuk indeks saham IDXQ30 tidak semuanya mahal. Ada yang masih terjangkau dengan kemampuan finansialmu. 1 lot = 100 lembar. Bila kamu punya uang Rp 5 juta dan tertarik beli saham BBRI (Bank BRI) seharga Rp 3.510, berarti kamu bisa mengoleksi 1.424 lembar saham atau sekitar 14 lot 24 lembar saham.

Yang terpenting dalam investasi adalah memahami portofolio yang kamu pilih, mengelola risikonya dengan tepat, dan tanam modal sesuai dengan bujetmu.


sumber : cermati


Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Kisah Trader Sukses Belvin VVIP, Raup Keuntungan Miliar per Bulan

Belvin VVIP dikenal sebagai seorang influencer saham yang bisa meraup cuan miliar rupiah setiap bulannya. Namun, siapa sebenarnya sosok Belvin ini? Pria kelahiran dengan nama asli Belvin Tannadi ini sudah sangat tak asing bagi para investor saham Indonesia. Melalui akun Instagram miliknya, Belvin kerap membagikan ilmu-ilmu seputar dunia investasi dan saham-saham apa saja yang tengah menjadi incarannya. Sebagai seorang investor, khususnya trader, ia pun cermat menganalisis saham-saham mana yang memiliki potensi untuk naik. Belvin membagikan pengetahuannya terkait investasi saham melalui dua buku, yakni “Ilmu Saham: Powerful Candlestick Pattern (2020)” dan “Ilmu Saham: Pengenalan Analisis Teknikal (2020)”. Di balik kesuksesannya sekarang, ternyata Belvin memiliki perjuangan yang panjang menggeluti dunia investasi saham. Belvin VVIP mengawali kiprahnya di dunia saham dari tahun 2014 dengan hanya bermodalkan uang sebesar Rp12 juta saja. Ia pertama kali mengenal investasi saham sejak duduk

Analisa Saham PTPP | 18 Januari 2022

PTPP berisiko memasuki trend bearish jika PTPP melemah di bawah support 785-800. Penembusan level ini akan membuat PTPP membentuk pola bearish head and shoulders dengan target penurunan di area 300-400.  Rekomendasi: Hindari. Sell jika PTPP melemah di bawah 785. Target penurunan berada di 300-400. sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

SAHAMNYA MASUK KATEGORI UMA, INI JAWABAN MANAJEMEN IPTV.

Manajemen PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV) menyampaikan bahwa pihaknya tidak mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal. Hal itu salah satu jawaban Manajemen IPTV kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Jawaban itu seiring dengan tengah di pantaunya pergerakan saham IPTV oleg BEI lantaran terjadi penurunan harga yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA). Terkait saham IPTV masuk kategori UMA, Corporate Secretary IPTV, Muharzil Hasril mengaku, sampai dengan saat ini informasi yang sebelumnya telah diumumkan ke publik adalah mengenai pengalihan kepemilikan Perseroan pada PT MNC OTT Network kepada MSIN melalui mekanisme peralihan saham setelah dipenuhinya seluruh persyaratan dibutuhkan sebagaimana diatur dalam peraturan dan perundang - undangan yang berlaku. "Sampai dengan saat ini, tidak ada informasi material yang belum disampaikan ke publik. Perseroan tidak mengetahui adanya informasi menya