google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Investasi Saham? Kurang Afdol Kalau Gak Kenal Indeks IDX Quality30 (IDXQ30) Langsung ke konten utama

Investasi Saham? Kurang Afdol Kalau Gak Kenal Indeks IDX Quality30 (IDXQ30)



Dalam berinvestasi saham di pasar modal, jangan cuma tahunya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Investor wajib mengenal indeks saham lain untuk dijadikan acuan investasi

Bagi kamu calon investor atau investor pemula, indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dan dievaluasi secara berkala.

Seperti diketahui, banyak perusahaan menerbitkan aneka saham yang dapat menjadi portofolio investasimu. Nah supaya lebih mudah dipantau, dibuatlah berbagai macam indeks saham. Ada indeks yang memuat saham-saham tertentu berdasarkan kapitalisasi pasar dan likuiditasnya.

Indeks saham penting dipahami karena dapat menjadi acuan investasi bagi investor reksa dana indeks, ETF Indeks serta produk turunannya. Selain itu, membantu investor dalam mengambil keputusan, apakah mau jual, beli, atau tahan sebuah saham.

Saat ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki 35 indeks saham. Yang terbaru, yaitu indeks saham IDX Quality30 atau IDXQ30. Masih fresh, baru diluncurkan 10 Agustus lalu. Yuk, simak ulasan mengenai indeks saham teranyar ini

Pengertian IDXQ30

IDX Quality30 atau IDXQ30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham dari perusahaan-perusahaan dengan profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil. Tentunya juga dengan likuiditas transaksi, serta kinerja keuangan yang baik.

Untuk masuk dalam jajaran saham di indeks IDXQ30 tidak mudah. Saham-saham yang layak untuk dipilih dalam pemilihan indeks disaring secara ketat. Dasar kriteria penilaiannya, antara lain:

Rasio profitabilitas : Return-on-Equity (ROE)

Rasio solvabilitas : Debt-to-Equity-Ratio (DER), dan

Variabilitas laba : Volatilitas dari pertumbuhan Earning per Share (EPS).

Metodologi yang digunakan, yakni Capped Free Float Market Capitalization Weighted & Quality Factored. Pada saat evaluasi, bobot tiap saham pada indeks dibatasi paling tinggi 15%. Saham mana yang memiliki quality score (skor berkualitas) tertinggi, mereka pantas menghuni IDXQ30.

Saham-saham IDXQ30 akan dievaluasi rutin pada bulan-bulan tertentu.

Evaluasi Mayor (M):bertujuan memilih saham konstituen indeks untuk periode selanjutnya disertai dengan menyesuaikan jumlah saham untuk indeks dan/atau bobot dari konstituen. Dievaluasi bulan Januari dan Juli (Efektif Februari dan Agustus).

Evaluasi Minor (m):hanya bertujuan menyesuaikan jumlah saham untuk indeks dan/atau bobot dari konstituen tanpa pemilihan konstituen indeks untuk periode selainjutnya. Dievaluasi rutin pada bulan April dan Oktober (Efektif Mei dan November).

30 Saham Penghuni IDXQ30

Indeks Saham

Ada 30 saham penghuni indeks IDX Quality30 (IDXQ30)

Dari hasil seleksi ketat, terpilihlah 30 saham unggulan yang masuk dalam IDXQ30. Berikut daftar 30 saham penghuni IDXQ30:


No.   |     Kode    |    Nama Saham


1

ACES

Ace Hardware Indonesia Tbk.


2

BBCA

Bank Central Asia Tbk.


3

BBNI

Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.


4

BBRI

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.


5

BJBR

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.


6

BJTM

Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk.


7

BMRI

Bank Mandiri (Persero) Tbk.


8

BTPS

Bank BTPN Syariah Tbk.


9

CLEO

Sariguna Primatirta Tbk.


10

CPIN

Charoen Pokphand Indonesia Tbk


11

DMAS

Puradelta Lestari Tbk.


12

GGRM

Gudang Garam Tbk.


13

HMSP

H.M. Sampoerna Tbk.


14

HOKI

Buyung Poetra Sembada Tbk.


15

ICBP

Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.


16

INTP

Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.


17

KLBF

Kalbe Farma Tbk.


18

LINK

Link Net Tbk.


19

MIKA

Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.


20

MNCN

Media Nusantara Citra Tbk.


21

MYOR

Mayora Indah Tbk.


22

PTBA

Bukit Asam Tbk.


23

PWON

Pakuwon Jati Tbk.


24

RALS

Ramayana Lestari Sentosa Tbk.


25

SCMA

Surya Citra Media Tbk.


26

SIDO

Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.


27

SMSM

Selamat Sempurna Tbk.


28

TLKM

Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.


29

UNTR

United Tractors Tbk.

30 UNVR Unilever Indonesia Tbk.

Daftar Harga Saham Penghuni IDXQ30

Jika kamu ingin investasi atau membeli saham-saham unggulan di atas, cek dulu nih daftar harga sahamnya. Berikut contoh rincian harga saham penghuni IDXQ30 per tanggal 7 September 2020, seperti dikutip dari laman resmi IDX:


No | Kode   |       Harga Saham 

                           per Lembar (Rp)

1   ACES              1.570

2   BBCA            31.425

3   BBNI               5.250

4   BBRI                3.510

5   BJBR                1.030

6   BJTM                  590

7   BMRI                5.850

8   BTPS                 3.710

9   CLEO                    515

10  CPIN                  6.075

11  DMAS                    228

12  GGRM              47.100

13  HMSP                   1.640

14  HOKI                      755

15  ICBP                   10.325

16  INTP                   11.975

17  KLBF                   1.600

18  LINK                    2.220

19  MIKA                   2.410

20  MNCN                    860

21  MYOR                   2.590

22  PTBA                     2.110

23  PWON                        40

24  RALS                        610

25  SCMA                    1.200

26  SIDO                      1.400

27  SMSM                    1.185

28  TLKM                     2.900

29  UNTR                      23.150

30. UNVR                      8.375



*Harga saham di atas dapat bergerak naik turun mengikuti kondisi pasar maupun kinerja perusahaan.

*Untuk mengecek pergerakan harga saham penghuni IDXQ30 setiap harinya dapat dilihat di sini. 

Mau Koleksi Saham IDXQ30? Sesuaikan dengan Bujetmu

Kalau dilihat harga saham yang masuk indeks saham IDXQ30 tidak semuanya mahal. Ada yang masih terjangkau dengan kemampuan finansialmu. 1 lot = 100 lembar. Bila kamu punya uang Rp 5 juta dan tertarik beli saham BBRI (Bank BRI) seharga Rp 3.510, berarti kamu bisa mengoleksi 1.424 lembar saham atau sekitar 14 lot 24 lembar saham.

Yang terpenting dalam investasi adalah memahami portofolio yang kamu pilih, mengelola risikonya dengan tepat, dan tanam modal sesuai dengan bujetmu.


sumber : cermati


Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit