google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Falguni Nayar, Bos Kecantikan yang Akan Jadi Wanita Terkaya Kedua di India Langsung ke konten utama

Falguni Nayar, Bos Kecantikan yang Akan Jadi Wanita Terkaya Kedua di India

Pandemi virus Corona (COVID-19) umumnya membuat masyarakat kehilangan pendapatannya. Namun kondisi itu tidak berlaku bagi Falguni Nayar, yang kekayaannya justru meningkat.

Falguni Nayar adalah wanita asal India yang memiliki bisnis produk kecantikan bernama Nykaa yang didirikan 2012. Selama pandemi bisnisnya itu justru meningkat dan diperkirakan akan membukukan kenaikan pendapatan sebesar 40% per Maret 2021, naik US$ 247 juta atau setara Rp 3,55 triliun (kurs Rp 14.400/US$) dibanding Maret 2020.

Dikutip dari Forbes, Selasa (16/3/2021), saat disinggung kekayaan bersihnya, dia tidak mau berkomentar. Namun kemungkinan dirinya akan masuk ke dalam jajaran miliarder dan akan jadi wanita terkaya kedua di India setelah Kiran Mazumdar Shaw.

Dalam perkembangan bisnis Falguni Nayar, Nykaa didukung oleh perusahaan manajemen aset Boston Fidelity Management dan perusahaan ekuitas swasta TPG Growth Capital di antara para investornya. Tahun ini, bisnis itu sedang mempersiapkan diri untuk melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/ IPO) yang diharapkan bernilai US$ 3 miliar atau setara Rp 43,2 triliun.

Menurut perusahaan konsultan yang berbasis di Gurgaon, Technopak, pasar produk kecantikan di India diperkirakan akan tumbuh menjadi US$ 23 miliar pada 2023, dari US$ 13 miliar pada 2018 karena didorong oleh peningkatan pendapatan anak muda di India.

"Nykaa telah menjadi sinonim dari produk kecantikan. (Retail) ini melihat tren yang tepat karena kami belum pernah memiliki industri kecantikan yang terkonsolidasi di India, sebelumnya semua berskala kecil," kata Presiden dari Technopak, Saloni Nangia.

Falguni Nayar bisa dibilang berani dalam menghadirkan Nykaa. Bagaimana tidak, dia awalnya adalah seorang bankir yakni kepala cabang investasi perbankan di Bank Kotak Mahindra. Namun pada 2012 dia berhenti dari pekerjaannya itu dan memilih berbisnis produk kecantikan.

Dengan modal awal US$ 2 juta atau setara Rp 28,8 miliar dari tabungan keluarga, dia berpikir bagaimana membangun Sephora versi India untuk ikut dalam rantai pergerakan produk kosmetik Internasional.

Memulai sebagai retail berbasis online, Nykaa yang berasal dari kata Sansekerta 'Nayaka' atau berarti orang yang menjadi sorotan, kemudian berkembang menjadi toko fisik pertama di Delhi pada tahun 2015. Tokonya saat ini sudah berjumlah 70 yang terletak di 34 kota dan memanfaatkan situs web serta aplikasinya untuk menarik lebih dari 60 juta pengunjung setiap bulan.

Nykaa saat ini menawarkan lebih dari 700.000 produk. Uniknya, tidak ada diskon untuk menarik perhatian konsumen, melainkan hanya fokus pada strategi pemasaran melalui blog kecantikan yang dimiliki influencer yang bersedia memberikan review tentang produk dan tren terbaru.

Nykaa, yang telah menjadi unicorn tahun lalu sampai saat ini telah mengumpulkan dana utama sebesar US$ 70 juta dari sejumlah investor ternama, termasuk miliarder barang konsumsi Harsh Mariwala dan miliarder komoditas Harindarpal 'Harry' Banga.

"Sungguh luar biasa menyaksikan transisi Nayar dari salah satu bankir investasi terkemuka di India menjadi wirausahawan fenomenal di bidang kecantikan, mode, dan teknologi," ujar Angad Banga, putra Harry Banga, yang kantor keluarganya di Hong Kong memegang 10% saham atas Nykaa.

Dalam membangun Nykaa tentunya ada kesulitan tersendiri yang dialami Falguni Nayar. Salah satunya ketika tiga kepala divisi teknologinya mengundurkan diri dalam empat tahun pertama.

Saat ini, dia juga menghadapi banyak pesaing, seperti jaringan toko swalayan Shoppers Stop, yang dikendalikan oleh miliarder Chandru Raheja, dan Amazon, yang telah membangun retail online tak kalah hebat di India.

Dalam rangka menawarkan lini kosmetik baru, Nykaa telah menjalin kolaborasi dengan merek kosmetik milik aktris Bollywood Katrina Kaif bernama Kay Beauty sejak 2019. Berbicara soal prospek bisnis kecantikan di India kedepannya, Nangia dari Technopak memprediksi bahwa pamor bisnis kecantikan tidak akan surut dalam waktu dekat.

"Akselerasi digital yang dibawa oleh COVID-19 akan tetap ada. Semua produk kecantikan dan perusahaan kebugaran akan mendapatkan keuntungan," tutup Nangia.


sumber : detikfinance

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Elliott Wave

Mengenal Elliott Wave Teori Elliott Wave dikembangkan oleh R.N. Elliott dan dipopulerkan oleh Robert Prechter . Teori ini menegaskan bahwa perilaku orang banyak surut dan mengalir dalam tren yang jelas. Berdasarkan pasang surut ini, Elliott mengidentifikasi struktur tertentu untuk pergerakan harga di pasar keuangan. Artikel ini adalah sebuah pengantar dasar untuk teori Elliott Wave. Suatu urutan dasar impuls 5-gelombang dan urutan korektif 3-gelombang dijelaskan. Saat teori Elliott Wave menjadi jauh lebih rumit daripada kombinasi 5-3 ini, artikel ini hanya akan fokus pada dasar-dasarnya. RN Elliott Derajat Gelombang dalam Elliott Wave elliott wave degree Konvensi pelabelan yang ditunjukkan di atas adalah yang ditunjukkan dalam buku Elliott Wave. Dalam Elliott-speak, konvensi pelabelan ini digunakan untuk mengidentifikasi tingkat atau tingkat gelombang, yang mewakili ukuran tren yang mendasarinya. Angka Romawi huruf besar mewakili gelombang derajat besar, angka sederha...

Mengenal Indikator Saham OBV | On-Balance Volume

Apa itu On-Balance Volume (OBV)? On-balance volume (OBV) adalah indikator momentum perdagangan teknis yang menggunakan aliran volume untuk memprediksi perubahan harga saham. Joseph Granville pertama kali mengembangkan metrik OBV dalam buku 1963, "Granville's New Key to Stock Market Profits." Granville percaya bahwa volume adalah kekuatan utama di balik pasar dan dirancang OBV untuk diproyeksikan ketika gerakan besar di pasar akan terjadi berdasarkan perubahan volume. Dalam bukunya, ia menggambarkan prediksi yang dihasilkan oleh OBV sebagai "a spring being wound tightly." Dia percaya bahwa ketika volume meningkat tajam tanpa perubahan signifikan dalam harga saham, harga akhirnya akan melonjak ke atas atau jatuh ke bawah. indikator obv saham Intisari Penggunaan Indikator OBV On-balance volume (OBV) adalah indikator teknis momentum, menggunakan perubahan volume untuk membuat prediksi harga. OBV menunjukkan sentimen kerumunan yang dapat mempredi...

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...