google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Joe Biden, Anak Penjual Mobil yang Kini Jadi Presiden AS Langsung ke konten utama

Joe Biden, Anak Penjual Mobil yang Kini Jadi Presiden AS

 

Joe Biden, pria yang menghabiskan hampir setengah abad kariernya dalam pelayanan publik. Mulai dari sebagai senator dan wakil presiden, hingga menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat (AS).

Mengutip History, Rabu (27/1/2021) Biden memenangi pilpres AS yang berjalan dengan sangat kontroversial. Sebab pilpres kali ini dilakukan di tengah pandemi, perhitungan nasional yang dibalut isu ketidakadilan rasial, dan perpecahan politik yang besar di negara tersebut.

Bahkan di tengah pandemi COVID-19, Biden memenangkan lebih dari 81 juta suara, terbanyak dalam sejarah pemilihan presiden AS. Sementara lawannya, Donald Trump, memenangkan lebih dari 74 juta suara.

Lebih dari seminggu sebelum pelantikan Biden, segerombolan ekstremis pendukung Trump menyerbu Capitol AS atas nama Trump. Mereka mengklaim bahwa kubunya lah yang memenangkan pemilu 2020. Lima orang, termasuk satu petugas polisi, tewas dalam aksi tersebut dan Dewan Perwakilan Rakyat AS memilih untuk mendakwa Trump untuk kedua kalinya.

Biden menjabat bersama Kamala Harris, yang menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjabat sebagai wakil presiden AS. Pada usia 78 tahun, Biden adalah presiden AS tertua dalam sejarah.

Sebelum mencalonkan diri untuk jabatan tertinggi negara, biden telah menjabat 36 tahun sebagai senator AS dari Delaware. Kemudian dia juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Amerika Serikat bersama Presiden Barack Obama selama 2 periode. Sebagai wakil presiden dua masa jabatan, Biden sebagian besar berfokus pada masalah ekonomi dan kebijakan luar negeri.

Biden menyatakan pencalonannya untuk maji dalam pilpres AS melalui video pada April 2019. Biden menyebut pemilu AS 2020 sebagai pertempuran untuk jiwa bangsa ini.

Latar Belakang Joe Biden

Pria dengan nama panjang Joseph Robinette Biden Jr. lahir pada tanggal 20 November 1942, di kota kerah biru Scranton, Pennsylvania. Pada usia 10 tahun ia pindah bersama keluarganya ke daerah Wilmington, Delaware, tempat ayahnya mendapatkan pekerjaan sebagai penjual mobil.

Anak pertama dari empat bersaudara itu bersekolah di sekolah Katolik, termasuk sekolah menengah persiapan elit Archmere Academy. Meskipun ia unggul dalam olahraga, Biden menerima nilai yang biasa-biasa saja.

Pada tahun 1965 ia lulus dari Universitas Delaware dengan gelar ganda dari jurusan sejarah dan ilmu politik. Lalu tiga tahun kemudian ia memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Syracuse.

Pada tahun 1966, Biden menikah dengan Neilia Hunter. Dari pernikahannya itu dia dikaruniai tiga anak.

Setelah menyelesaikan sekolah hukum, Biden kembali ke wilayah Wilmington dan bekerja sebagai pengacara selama empat tahun. Pada tahun 1970 ia memenangkan pemilihan pertamanya di New Castle County Council.

Kemudian, dua tahun kemudian, pada usia 29, dia membuat kejutan yang memenangkan pemilihan untuk Senat AS melawan petahana Partai Republik J. Caleb Boggs. Namun, tragedi terjadi sebelum dia dilantik sebagai senator termuda kelima dalam sejarah AS. Pada bulan Desember itu, istri dan putrinya yang berusia 13 bulan tewas dan kedua putranya dirawat di rumah sakit ketika sebuah trailer traktor menabrak station wagon mereka.

Alih-alih pindah ke Washington, D.C., Biden yang tengah hancur memutuskan untuk bepergian dengan kereta api setiap hari sehingga dia dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan putra-putranya. Biden menikah lagi pada tahun 1977 dengan guru sekolah Jill Jacobs. Dari wanita itu memiliki satu anak perempuan lagi.

Biden memenangkan pemilihan kembali pada tahun 1978 dan kembali menang sebanyak lima kali setelah itu. Secara keseluruhan, ia menghabiskan 36 tahun di kursi Senat AS, termasuk delapan tahun sebagai ketua Komite Kehakiman dan empat tahun sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri.

Biden juga bekerja untuk kelestarian iklim, membuat undang-undang menentang kekerasan dalam rumah tangga dan membuat undang-undang anti-kejahatan yang menerjunkan 100.000 lebih polisi di jalan, melarang penggunaan senjata dan memperjuangkan hukuman yang lebih keras untuk pengedar narkoba.

Dia juga dikenal karena kebijakan luar negerinya. Senator yang sering bepergian itu konon menyebut pemimpin Serbia Slobodan Milosevic sebagai penjahat perang selama kunjungan 1993 ke Beograd.

Hampir satu dekade kemudian, Biden memilih untuk menyetujui penggunaan kekuatan di Irak. Meskipun demikian, ia akhirnya menjadi kritikus cara pemerintahan George W. Bush menangani konflik tersebut.

Setelah mengumpulkan sejumlah besar dana kampanye, Biden melakukan pencalonan presiden pertamanya pada bulan Juni 1987. Dalam perjalanan kampanye, ia menggunakan parafrase politisi Buruh Inggris Neil Kinnock.

Joe Biden sebagai Wakil Presiden

Biden memulai upaya keduanya di Gedung Putih 20 tahun kemudian. Barack Obama menunjuknya untuk menjadi pasangannya setelah memenangkan nominasi Demokrat. Dalam pemilihan presiden November 2008, Obama dan Biden mengalahkan lawan mereka dari Partai Republik, John McCain dan Sarah Palin. Lalu pada 2012 mereka menang kembali dengan mengalahkan penantang Partai Republik Mitt Romney dan pasangannya Paul Ryan.

Setelah menjabat pada Januari 2009 sebagai wakil presiden ke-47 Amerika Serikat, Biden ditugaskan untuk mengawasi paket stimulus ekonomi senilai US$ 787 miliar, menjalankan satuan tugas kelas menengah dan menghidupkan kembali perjanjian pengurangan senjata dengan Rusia. Dia juga memainkan peran penasehat yang kuat sehubungan dengan konflik di Irak dan Afghanistan.

Pada 2015, putra tertua Biden, Beau, meninggal karena kanker otak dan memberikan pukulan berat bagi seorang pria yang telah menanggung banyak kehilangan tersebut. Biden mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2016, tetapi akhirnya memutuskan untuk tidak melakukannya.


sumber : detikfinance

Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

3 Manfaat Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia

Anda ingin memiliki passive income? Menjadi investor adalah salah satu cara yang bisa dicoba. Manfaat menjadi investor di Bursa Efek Indonesia sangat banyak dan menjanjikan. Saat Anda menjadi investor, uang akan mengalir tanpa perlu pusing memikirkan cara mengelolanya.  Dengan menjadi investor Anda memiliki menciptakan passive income sendiri. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan mengenai 3 manfaat saat menjadi investor saham di Bursa Efek Indonesia. Manfaat Saat Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia (BEI)  Ketika Anda telah menjadi investor di salah satu perusahan pastinya akan mendapatkan keuntungan. Untuk besaran keuntungan sendiri akan disesuaikan dengan kondisi pasar modal Indonesia.  Keuntungan yang didapatkan bisa menjadi passive income hidup Anda. Namun, untuk mencapai nilai passive income yang besar. Anda harus juga memiliki jumlah saham yang besar pula.  Dengan memiliki saham Anda bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang menguntungkan.  DIsini akan disebutkan 3 manfaat i