Langsung ke konten utama

7 Peluang Investasi Menguntungkan dan Menarik Tahun 2022


Anda yang ingin menambah aset untuk berbagai tujuan, bisa melakukannya dengan berinvestasi. Di tahun 2022 ini peluang investasi terbaik semakin beragam pilihannya.

Supaya Anda lebih bersemangat dalam berinvestasi, Anda harus tahu kenapa investasi itu penting. Untuk berinvestasi dengan hasil yang memuaskan, di sini akan disebut juga peluang investasi menarik tahun 2022.


Apa Pentingnya Melakukan Investasi?

Investasi penting karena menjadi pilihan tepat untuk menambah nilai aset Anda. Ini dia alasan yang akan memotivasi Anda untuk konsisten berinvestasi.


  • Mewujudkan impian di masa depan
  • Bisa memutuskan rantai sandwich generation
  • Investasi bisa dilakukan dari modal kecil
  • Terhindar dari inflasi
  • Menambah penghasilan untuk berbagai kebutuhan
  • Solusi untuk mencapai kebebasan finansial

1. Mewujudkan impian di masa depan

Investasi bisa membantu Anda mewujudkan impian yang belum sempat terpenuhi. Sebagian besar dari impian memerlukan uang yang tidak sedikit. Namun, dengan berinvestasi secara rutin, lama-kelamaan uang yang Anda butuhkan pun terkumpul.


2. Bisa memutuskan rantai sandwich generation

Fenomena sandwich generation adalah masalah serius yang melanda banyak generasi muda saat ini. Hal itu membuat generasi cepat kelelahan dan rentan dilanda stres. Belum lagi kekhawatiran mereka tidak memiliki simpanan uang di masa depan.

Investasi adalah solusi yang bisa dipilih untuk mengentaskan rantai sandwich generation yang tidak ada habisnya.


3. Investasi bisa dilakukan dari modal kecil

Investasi untuk pemula saat ini mudah dilakukan berkat kehadiran berbagai platform investasi legal di Indonesia. Penanaman modal yang dibutuhkan pun kecil. Siapa saja jadi bisa memulainya tanpa harus khawatir modalnya kurang. 

Anda tidak harus jadi orang kaya dulu untuk bisa berinvestasi. Anda bahkan dapat memulainya sekarang juga. Jangan lupa untuk memilih platform investasi legal yang sudah terjamin keamanannya.

4. Terhindar dari inflasi

Investasi menjadi salah satu solusi supaya terhindar dari inflasi yang naik seiring waktu. Investasi memungkinkan Anda meraih keuntungan yang berlipat ganda di masa depan. Hal itu membuat aset yang Anda punya bisa mengimbangi laju inflasi.


5. Menambah penghasilan untuk berbagai kebutuhan

Selain memberikan keuntungan, investasi juga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan harian yang harganya sering mengalami kenaikan. Anda mungkin tidak bisa mencukupinya dengan mengandalkan gaji saja.

Namun, jangan lupa untuk selalu menyisihkan hasil berinvestasi Anda supaya berbagai rencana masa depan yang telah dibuat tidak terganggu.


6. Solusi untuk mencapai kebebasan finansial 

Investasi mampu membuat seseorang berhasil mencapai kebebasan finansial. Hal ini dapat diraih dengan pemilihan investasi terbaik dan sikap pantang menyerah yang investor memiliki.

Untuk investasi yang sukses memang tidak akan diraih dalam semalam. Anda akan menemukan berbagai rintangan dan mungkin kegagalan. Namun, selama Anda belajar dari kesalahan dan terus melakukan analisis, nilai investasinya pasti akan ikut naik sampai berhasil membuat uang yang bekerja untuk Anda.  


Peluang investasi di tahun 2022 ini, ada pendatang baru. Ini dia investasi terbaik untuk Anda.

1. Saham

Investasi saham hingga saat ini jadi investasi uang yang sering ditransaksikan. Saham adalah instrumen yang memungkinkan Anda memperoleh keuntungan berupa dividen yang dibagikan rutin dan capital gain yang bisa diambil kapan saja.

Investasi saham sudah bisa dimulai dari modal berapa saja. Anda juga akan mudah menemukan platform khusus saham yang tampilannya sederhana dan dapat dipahami oleh pemula.

Namun, saham adalah investasi yang risikonya cukup tinggi karena mudah terpengaruh kondisi perekonomian. Anda perlu mempersiapkan strategi matang untuk keluar dari masalah.


2. P2P Lending

Untuk menambah cuan dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan P2P lending yang memiliki program pendanaan UMKM. Pendanaan ini memungkinkan Anda memperoleh keuntungan. Anda tinggal memilih platform P2P lending terbaik yang berizin legal .

P2P lending legal yang bisa Anda manfaatkan untuk raih profit adalah Modal Rakyat. Di sini Anda bisa menemukan UMKM untuk dipinjami dana dan raih keuntungan darinya.

Modal Rakyat membolehkan Anda menyetor modal dari Rp25.000 saja dan keuntungannya adalah 18% untuk per tahun

Anda jangan khawatir soal risiko gagal bayar karena Modal Rakyat menyediakan asuransi khusus pendana agar modalnya terproteksi dari 70% hingga 95%.

Manfaatkan promo BLOG25 supaya Anda memperoleh bonus Rp25.000 saat top up dana.


3. Reksa Dana

Salah satu peluang investasi mudah dan menguntungkan adalah reksa dana. Sistem investasi reksa dana adalah modal dikumpulkan dari banyak investor dan disalurkan ke berbagai instrumen yang tersedia di pasar modal seperti obligasi dan saham.

Pengelolaannya berbeda dengan saham dan obligasi umum karena akan dibantu manajer investasi. Inilah yang membuat reksa dana cocok untuk pemula.

Reksa dana juga terbagi menjadi berbagai jenis berdasarkan ciri khas dan tingkatan risikonya seperti pasar uang, campuran, pendapatan tetap, dan saham.


4. Obligasi

Investasi lainnya yang tidak kalah menarik adalah obligasi. Obligasi diterbitkan oleh penerbitnya untuk memperoleh dana demi bermacam kebutuhan. Obligasi menawarkan suku bunga atau kupon yang persentasenya melebihi deposito. 

Terlebih ada obligasi ritel yang harganya lebih murah dibandingkan obligasi pada umumnya. Obligasi ritel diterbitkan langsung oleh pemerintah pusat. Contoh obligasi ritel, yaitu SBR dan ORI. Anda bisa membelinya dari Rp1 juta saja, berlaku kelipatan.

Namun, obligasi ini tidak ditransaksikan setiap waktu. Anda hanya bisa membelinya ketika masa penawaran sedang berlangsung lewat platform investasi legal yang dipilih oleh pemerintah.


5. NFT

Atau dikenal sebagai Non-Fungible Token, cocok dipilih oleh Anda yang senang berkarya. NFT membuat karya Anda tidak bisa dijiplak dan tetap dikenal sebagai yang aslinya sampai kapanpun.

Contoh dari karya yang ditawarkan berupa foto, lukisan, lagu, dan lainnya. Karya Anda itu bisa dipasarkan di pasar global dengan harga berapa saja melalui blockchain. Artinya bisa saja ada orang yang membeli karya Anda dengan harga fantastis.

NFT sekarang semakin diminati, terbukti dengan semakin banyak karya yang diperjualbelikan melalui blockchain, Anda perlu melakukan strategi khusus supaya NFT Anda laku dipasaran.


6. Emas

Emas adalah instrumen investasi zaman lampau yang mampu melewati masa ke masa hingga masih menjadi barang mewah hingga saat ini. Emas mudah ditukar jadi uang dan dianggap alat bayar sah di seluruh dunia.

Emas bisa Anda beli di manapun, sudah banyak agen resmi penjual emas. Harga emas 1 gram mencapai Rp1 juta, tapi tidak perlu cemas karena dengan menabung emas, Anda bisa mencicil pembelian emas di modal yang murah.

Anda dapat menitipkan emas di suatu lembaga keuangan supaya tidak mengalami pencurian atau membeli kotak khusus yang aman untuk emas.


7. Properti

Investasi properti adalah instrumen menguntungkan berikutnya. Jenis properti yang bisa Anda miliki adalah rumah, gedung perkantoran, tanah, apartemen, dan lainnya.

Untuk memiliki properti, Anda perlu mempersiapkan modal yang tinggi. Namun, apabila Anda berhasil membeli dan merawatnya dengan baik, properti dapat dijual kembali dengan harga yang lebih menggiurkan.

Tanah tidak perlu perawatan yang rutin. Sedangkan rumah dan bangunan memerlukan perawatan khusus agar terlihat bagus dan tetap berfungsi dengan baik, jadi Anda memerlukan modal tambahan.


Kesimpulan

Itulah pentingnya investasi dan peluangnya yang bisa Anda incar di tahun 2022 ini. Sebelum memilih investasi, pastikan Anda memahaminya dulu. Lakukan diversifikasi untuk mengurangi risiko. Anda juga perlu mengatur emosi yang baik ketika mengambil keputusan investasi agar tidak berhadapan dengan kerugian.


Pertanyaan Umum

1. Apa itu peluang investasi?

Peluang investasi adalah kesempatan untuk berinvestasi yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa memperhitungkan status dan ketersediaan modal. Apalagi sekarang banyak tersedia platform investasi yang membolehkan investor memulainya dari modal minim.


2. Bagaimana cara mengetahui peluang investasi itu aman? 

Peluang investasi aman bisa Anda ketahui dari platform yang Anda pilih itu legal atau tidak. Anda bisa mengeceknya langsung di situs web resmi OJK di www.ojk.go.id. Platform investasi legal diperbarui secara berkala oleh OJK.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham BUMI, TAPG, SMDR dan BBYB oleh SAMUEL SEKURITAS | 10 Mei 2022

INVESTASI KONTAN 10 MEI 2022 Samuel Sekuritas memprediksi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kini uji uptrend line dan berpotensi rebound. Pada perdagangan Senin (9/5), IHSG anjlok 4,42% ke level 6.909,75. "IHSG (6.909) gap down dan membentuk bearish marubozu pasca libur panjang. Kini uji uptrend line dan potensial rebound," kata Analis Teknikal Samuel Sekuritas William Mamudi dalam risetnya, Selasa (10/5). Untuk hari ini, William menyukai saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG), dan PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) dengan rekomendasi trading buy, serta PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) dengan rekomendasi trading sell.  1. BUMI BUMI rebound dari uptrend line dan kini uji resistance minor Rp 64. Antisipasi breakout dengan resistance berikut bisa ke Rp 73.  Rekomendasi buy dengan target harga Rp 70 dan cut loss Rp 54. BUMI pada Senin (9/5) ditutup di level Rp 61 per saham. 2. TAPG TAPG breakout flip level Rp 690 dengan hammer. Antisipasi lanjut ra

Analisa Saham DOID | 12 Mei 2022

DOID berpeluang untuk melanjutkan uptrendnya dengan membuat pola bullish double bottoms kecil. Pola ini menandakan bahwa jika DOID berhasil menguat menembus  resisten 575, DOID berpeluang melanjutkan uptrendnya menuju 640-650. Rekomendasi: Trading buy kalau naik  di atas 575 target 640-650 sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham ADRO, ITMG, BTPS dan MTEL oleh INDOPREMIER | 13 Mei 2022

INVESTASI KONTAN  13 MEI 2022 IHSG IHSG (6.500 – 6.700) : IHSG diprediksi akan bergerak melemah. Target pelemahan indeks pada level 6.500 kemudian 6.400 dengan resist di level 6.700 kemudian 6.800. Saham ADRO ADRO (Buy) : Target kenaikan harga pada level 3.220 kemudian 3.290 dengan support di level 3.080 cut loss jika break 3.010. Saham ITMG ITMG (Buy) : Target kenaikan harga pada level 30.100 kemudian 30.700 dengan support di level 28.900 cut loss jika break 28.300. Saham BTPS BTPS (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 3.130 dengan resist di level 3.230 kemudian 3.290. Saham MTEL MTEL (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 740 dengan resist di level 765 kemudian 780. Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online