Langsung ke konten utama

Manajer Keuangan: Pengertian, Tugas, dan Kualifikasi


Manajer keuangan adalah posisi krusial dalam sebuah perusahaan. Tugas dan tanggung jawab manajer keuangan berpengaruh besar terhadap jalannya bisnis perusahaan. Anda sebagai pemilik bisnis perlu mempekerjakan individu berpengalaman mumpuni untuk posisi tersebut.

Untuk lebih mengenalnya dengan baik, ini penjelasan tentang hal-hal terkait manajer bidang keuangan.

Apa yang Dimaksud dengan Manager Keuangan?

Manajer keuangan adalah individu yang mengatur manajemen keuangan, membuat strategi, membuat keputusan, dan mengaplikasikannya sesuai tujuan perusahaan. Tujuan manager keuangan memimpin divisi keuangan dan membuat laporan langsung pada direktur perusahaan.

Bidang keuangan adalah hal yang berpengaruh besar pada perusahaan karena menyangkut pendapatan perusahaan untuk digunakan di berbagai kegiatan bisnis. Tanpa adanya uang, perusahaan tidak akan mampu mengeksekusi seluruh rencana bisnisnya.

Pengelolaan keuangan perusahaan harus diatur secara cermat dan manager keuangan yang diberikan tanggung jawab untuk hal itu.


Apa Tugas Manajer Keuangan?

Manager keuangan punya berbagai tugas yang berkaitan dengan fungsi keuangan dalam perusahaan. Ini penjelasannya.

1. Menyusun perencanaan keuangan umum perusahaan

Manajer keuangan bertugas menyusun perencanaan keuangan untuk operasional perusahaan yang berlaku di satu periode akuntansi. Perencanaan keuangan disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas perusahaan dalam satu periode itu. 

2. Bekerja sama dengan manajer dari divisi lainnya

Manager keuangan perlu bekerja sama dengan manajer lainnya untuk menyusun perencanaan keuangan sesuai kebutuhan. Masing-masing divisi pasti punya budget tersendiri.

Selain itu, harus bekerja sama juga di hal-hal lain terkait dengan proyek perusahaan. Bisa dikatakan manager keuangan sering melakukan meeting bersama manager lain.

3. Menjalankan kebutuhan keuangan perusahaan secara efisien

Salah satu tujuan manager keuangan yang menyusun perencanaan keuangan adalah agar uang perusahaan digunakan secara efisien. Sepanjang eksekusi operasional perusahaan, manager keuangan akan memastikan uang yang disediakan digunakan sesuai rencana.

Jika diperlukan uang tambahan, manager keuangan tidak akan langsung memberikan uang tersebut, tapi dikaji dulu dengan cermat sebelum pengambilan keputusan.

4. Mengambil keputusan terkait investasi perusahaan

Perusahaan sering melakukan investasi ke suatu instrumen atau bekerja sama dengan perusahaan lain demi memperoleh profit. Pengambilan keputusan investasi dilakukan oleh manager keuangan yang mampu menilai apakah investasi itu bagus untuk masa depan perusahaan atau tidak.

5. Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan

Manajer keuangan juga bertanggung jawab menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan untuk memperoleh lebih banyak dana.

Pasar keuangan menjadi tempat untuk transaksi surat-surat berharga. Manager keuangan biasanya tahu memilih instrumen pasar uang terbaik untuk perusahaan.

6. Memajukan kondisi keuangan perusahaan

Kondisi keuangan perusahaan harus senantiasa sehat, dan terus berkembang yang menandakan kemajuan perusahaan. Tugas untuk menjaga dan mengembangkan kondisi keuangan perusahaan ada di tangan manager keuangan.


Apa Tanggung Jawab Manajer Keuangan?

Tanggung jawab manager bidang keuangan ada banyak dan menyangkut kesuksesan perusahaan. Ini dia penjelasannya.

1. Merencanakan dan mengatur anggaran keuangan perusahaan

Manager keuangan bertugas mengontrol penggunaan dana perusahaan secara keseluruhan dengan kerja sama bersama divisi lain. Pengontrolan dilakukan agar dana yang tersedia cukup dan tidak memerlukan tambahan dana.

2. Menyusun laporan keuangan sesuai pedoman akuntansi

Dibantu oleh para akuntan, manager keuangan membuat laporan keuangan sesuai kaidah akuntansi yang berlaku di Indonesia. Laporan keuangan dibuat untuk satu periode dan akan diperbarui di setiap tahunnya.

3. Memastikan transaksi keuangan berjalan tertib

Manager keuangan juga bertanggung jawab untuk memastikan transaksi keuangan berjalan lancar dan tertib, tidak ada keterlambatan transaksi, dan tidak ada terjadi pencurian uang yang merugikan perusahaan.

4. Mengelola pajak perusahaan dengan benar

Salah satu tanggung jawab manajer keuangan adalah mengelola pajak perusahaan sesuai dengan aturan dari pemerintah. Pajak usaha harus dibayarkan secara tepat dan dicatat sesuai dengan formatnya.

5. Mengontrol arus kas perusahaan

Manager keuangan juga bertanggung jawab menjaga fungsi keuangan jangka pendek, seperti arus kas yang berputar dengan lancar dan pembayaran utang yang tepat waktu. Keberadaan arus kas berpengaruh besar terhadap jalannya operasional perusahaan.


Berapa Gaji Manager Keuangan?

Gaji manager keuangan termasuk tinggi karena tanggung jawabnya besar. Di Indonesia, gajinya mulai dari Rp10 juta hingga Rp16 juta per bulan. Itu pun belum termasuk bonus.

Anda ingin jadi manager keuangan? Anda dapat memulainya dengan menjadi akuntan junior terlebih dulu. Ketika Anda konsisten mengejar karir di bidang itu dan pengalaman sudah banyak, Anda pun akan mampu mendapatkan posisinya.


Kualifikasi Manajer Keuangan

Tidak sembarangan orang yang mampu menjadi manajer keuangan karena diperlukan pengalaman yang banyak dan kualifikasi tertentu. Ini dia kualifikasi yang mesti dimiliki manager keuangan.


1. Minimal lulusan S1 bidang keuangan

Manager keuangan diharuskan memiliki latar belakang pendidikan sesuai di bidangnya. Minimal S1 di jurusan yang berkaitan dengan keuangan. Dari pendidikan itu, manager keuangan biasanya memiliki ilmu keuangan yang cukup luas dan kritis ketika menghadapi masalah keuangan di perusahaan.

2. Pengalaman di bidang keuangan minimal 2 tahun

Untuk menjadi manager keuangan, diperlukan pengalaman di bidang keuangan minimal 2 tahun. Tidak dipungkiri pengalaman menjadi hal yang membuat seseorang semakin ahli dan tahu apa yang dikerjakannya.

3. Umurnya 30 tahun hingga 40 tahun

Manager keuangan di Indonesia rata-rata umurnya minimal 30 tahun sampai 40 tahun. Di usia tersebut seseorang dianggap memiliki pengalaman yang cukup dan yang paling penting adalah punya kecerdasan emosional yang baik.

4. Mampu memimpin sebuah tim

Manager keuangan harus mampu menjadi pemimpin yang diandalkan oleh tim. Hanya beberapa orang yang bisa mencapai posisi ini saking sulitnya menjadi seorang pemimpin.

Kesimpulan

Itulah segala informasi yang berkaitan dengan manajer keuangan. Untuk mencapai posisi ini memang tidak mudah karena membutuhkan waktu, pengalaman, dan ilmu yang mumpuni. Namun, semuanya bisa diusahakan asalkan niat Anda kuat.



sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham ADRO, BBYB, BNBA dan MPMX oleh MNC Sekuritas | 12 Agustus 2022

MNCS Daily Scope Wave 12 Agustus 2022 IHSG Menutup perdagangan kemarin (11/8), IHSG ditutup menguat 1% ke level 7,160, penguatan IHSG diiringi dengan peningkatan volume dan telah menutup gap di area 7,160-7,174. Waspadai akan gap bawah yang terbentuk kemarin pada rentang 7,086-7,136 dan kami memperkirakan, posisi IHSG sudah berada di akhir wave v dari wave (c) dari wave [x] di label hitam atau wave (D) pada pola triangle di label merah. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan akan penguatan lanjutan untuk menguji rentang area 7,180-7,200. Support: 7,075, 7,030 Resistance: 7,180, 7,200 ADRO - Buy on Weakness ADRO ditutup menguat 0,3% ke level 3,150 pada perdagangan kemarin (11/8), pergerakan ADRO pun diikuti oleh peningkatan volume perdagangan. Selama tidak terkoreksi ke bawah 3,030 sebagai supportnya, maka posisi ADRO saat ini sedang berada di awal wave (v) dari wave [c] dari wave B. Buy on Weakness: 3,080-3,140 Target Price: 3,300, 3,500 Stoploss: below 3,030 BBYB - Buy if Break BB

Bandarmologi Saham INCO, ADMR, WIKA, MAPI dan SMRA | 15 Agustus 2022

Technical & Bandarmology Prespectives Monday (15/08/2022) By Dr Cand. E S, MBA, CSA®., CIB®. IDX Composite 7,107 - 7,184 SUMMARY: STRONG BUY!!! 11 TECHNICAL INDICATORS: RSI (14): BUY!! STOCH (9,6,3): BUY!! MACD(12,26): BUY!! ATR (14): HIGH VOLATILITY ADX (14): BUY!! CCI (14): *BUY!! HIGHS/LOW (14): *BUY!! UO: BUY!! ROC: BUY!! WILLIAMS R: OVERBOUGHT BULLBEAR (13): BUY!! BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL STOCKS PICK: INCO 6,650 - 7,350 TECHNICAL INDICATORS: *STRONG BUY, BUY 7,000 TARGET PRICE: 7,350 STOP-LOSS: 6,650 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION ADMR 1,715- 1,900 TECHNICAL INDICATORS: *BUY, BUY 1,805 TARGET PRICE: 1,900 STOP-LOSS: 1,715 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️ NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️  WIKA 1,000 - 1,110 TECHNICAL INDICATORS: *STRONG

Irwan Hidayat (Direktur) Beli 1,27 Juta Saham SIDO Di Harga Rp780 Per Unit

Salah satu petinggi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), yakni Irwan Hidayat telah membeli saham SIDO di Pasar. Direktur SIDO tersebut telah membeli saham sebanyak 1.279.400 lembar. Pembelian dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2022. Dengan dibelinya saham SIDO, maka Irwan Hidayat saat ini mengenggam sejumlah 0,0004 persen dari total saham SIDO yang beredar, dari sebelumnya nihil. "Tujuan transaksi (pembelian saham SIDO) ini penambahan kepemilikan saham dengan surat kepemilikan saham langsung," tulis Manajemen SIDO dalam laporan kepemilikan sahamnya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebagai informasi, saham SIDO di beli oleh Irwan Hidayat di harga Rp780 per lembar sahamnya. Jika dihitung, maka Irwan Hidayat telah mengeluarkan dana setidaknya sekitar Rp1 miliar untuk melancarkan aksi beli tersebut. Sebelumnya, Analis dari PT Kanaka Hita Solvera (KHS), Daniel Agustinus mengutarakan pendapatnya terkait SIDO. Adapun ekspansi bisnis yang dilakukan Manajemen SIDO nan