Langsung ke konten utama

Penanaman Modal Adalah: Pengertian, Pelaku, dan Tujuan


Dalam instrumen pengelolaan uang, dikenal istilah penanaman modal. Bahkan, semakin ke sini penanaman modal adalah istilah yang semakin akrab bagi masyarakat. Namun, sebenarnya apakah penanaman modal itu?

Apa itu Penanaman Modal?

Penanaman modal adalah tindakan pelimpahan dana dengan tujuan melakukan usaha dan mencari keuntungan. Hal ini dapat dilakukan oleh entitas individu atau badan usaha dari dalam negeri maupun luar negeri.

Aktivitas penanaman modal yang dilakukan di dalam negara Indonesia oleh pihak dari dalam Indonesia dengan modal dalam negeri disebut sebagai penanaman modal dalam negeri. Sementara itu, jika penanaman modal dilakukan oleh pihak asing yang sebagian atau seluruh modalnya berasal dari pihak asing disebut sebagai penanaman modal asing.

Penanaman modal, termasuk penanaman modal asing di Indonesia, sama-sama memberikan keuntungan di Indonesia. Oleh karena itu, penanam modal asing memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan penanaman modal dalam negeri.


Siapa yang Menjadi Penanam Modal?

Pihak yang menjadi penanam modal dapat berbentuk entitas badan usaha atau sebagai perseorangan. Dalam praktiknya, penanam modal memberikan modal atau aset kepada penyelenggara usaha. Bentuknya dapat berupa uang tunai atau bentuk lain yang memiliki nilai ekonomis.

Meskipun bisa dilakukan oleh entitas mana pun, tetapi penanam modal lazimnya bukan merupakan lembaga keuangan. Pinjaman yang dilakukan oleh lembaga keuangan tidak termasuk sebagai penanaman modal, melainkan kredit investasi. 

Terkait dengan legalitas kewarganegaraan, penanam modal juga dikelompokkan menjadi penanam modal asing dan penanam modal dalam negeri. Entitas yang memiliki kewarganegaraan Indonesia disebut sebagai penanam modal dalam negeri, sementara entitas yang berasal dari luar Indonesia disebut sebagai penanam modal asing.


Hak dan Kewajiban Penanam Modal

Dalam melakukan pengelolaan uang, penanam modal memiliki hak yang diperoleh dari pemerintah. Beberapa hak tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. baik penanam modal asing maupun dalam negeri sama-sama mendapatkan perlakuan hukum.
  2. penanam modal mendapatkan jaminan kepastian hukum, keamanan berusaha, dan kepastian berusaha.
  3. penanam modal berhak untuk mendapatkan informasi yang transparan mengenai bidang usaha.
  4. mendapatkan jaminan bahwa pemerintah tidak akan mengambil hak kepemilikan penanam modal.
  5. penanaman modal berhak untuk mengalihkan asetnya kepada pihak lain.

Sementara itu, penanam modal juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi. Beberapa kewajiban tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

penanam modal asing memiliki kewajiban untuk secara legal berbentuk perseroan terbatas, kecuali memenuhi syarat tertentu sesuai undang-undang.

penanam modal dalam negeri dapat dilaksanakan badan usaha berbentuk hukum atau pun bukan berbentuk berbadan hukum.

menghargai tradisi masyarakat di dekat lokasi pembukaan usaha.


Apa Tujuan Penyelenggaraan Penanaman Modal?

Penanaman modal dilaksanakan untuk tujuan keuntungan dari kedua belah pihak, yaitu pihak penggerak usaha dan pihak donatur dana. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 255 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Bab 2 Pasal 3 Ayat 2, tujuan dari dilaksanakannya penanaman modal adalah seperti berikut:

  1. menciptakan peningkatan pertumbuhan ekonomi secara nasional
  2. membuka lapangan kerja
  3. meningkatkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan
  4. menciptakan dunia usaha yang berdaya saing
  5. menambah kapasitas dan kemampuan teknologi secara nasional
  6. menstimulasi pengembangan ekonomi kerakyatan
  7. mendorong ekonomi potensial berkembang menjadi ekonomi riil
  8. menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat


Tanggung Jawab Penanam Modal

Sebagai penanam modal, sebuah entitas tidak hanya berpeluang untuk mendapatkan keuntungan tetapi juga memiliki berbagai tanggung jawab. Beberapa tanggung jawab yang harus dijalankan adalah sebagai berikut:

  1. menyediakan modal yang berasal dari sumber legal
  2. menanggung berbagai kewajiban, termasuk kerugian, apabila secara sepihak menelantarkan kegiatan usaha
  3. membentuk persaingan yang sehat, menghindari praktik monopoli, atau hal lain yang berpotensi merugikan negara
  4. mewujudkan kesejahteraan, keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan bagi tenaga kerja
  5. menaati setiap aturan perundang-undangan mengenai penanaman modal


Tata Cara Pemantauan dan Pengawasan Pelaksanaan Penanaman Modal

Pemantauan aktivitas penanaman modal dilaksanakan melalui beberapa langkah, seperti pengumpulan data, verifikasi data, dan evaluasi data yang berasal dari laporan oleh perusahaan. Pihak yang menangani ini adalah seperti BKPM. BPMPTSP tingkat kabupaten atau kota, BPMPTSP tingkat provinsi, dan Badan Pengusahaan KPBPB.

Dalam proses pemantauan dan pengawasan pelaksanaan penanaman modal, dilakukan beberapa tata cara pembinaan yang meliputi:

  1. melakukan sosialisasi, bimbingan teknis, atau workshop dengan dialog terkait penanaman modal
  2. menyediakan konsultasi untuk hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan penanaman modal
  3. memberi fasilitas penyelesaian masalah dalam penanaman modal

Selain melakukan pembinaan, dilakukan juga pengawasan penanaman modal. Pengawasan dilakukan melalui pemeriksaan proyek yang sebelumnya didahului dengan tindakan sebagai berikut:

  1. melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan penanaman modal berdasarkan izin yang dimiliki
  2. melakukan pemeriksaan terhadap indikasi penyimpangan pada ketentuan pelaksanaan penanaman modal atau terhadap kewajiban dan tanggung jawab yang yang tidak dipenuhi
  3. adanya fasilitas pembebasan pajak barang, mesin, bahan produksi, dan kategori non fiskal atau ketenagakerjaan.

 

Bagaimana Cara Pengelolaan Uang yang Mudah di Indonesia?

Sebagai warga negara Indonesia, Anda dapat mengelola dana untuk kebutuhan bisnis di Indonesia. Salah satu medium yang dapat digunakan adalah fintech Modal Rakyat.

Modal Rakyat merupakan platform P2P Lending yang menghubungkan pemilik dana dengan pelaku usaha dalam negeri kelas UMKM. Pelaku usaha akan mendapatkan bantuan dana untuk mengembangkan bisnisnya, sementara pendana akan mendapatkan keuntungan dari profit bisnis tersebut.

Tidak harus dengan modal besar, Anda dapat menjadi pendana dengan modal awal Rp25.000. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan sedikit demi sedikit modal tersebut. Dengan dana yang dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan, imbal untung yang dapat diperoleh adalah sebesar 18% per tahun.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang menjadi pendana di Modal Rakyat, klik link berikut ini: menjadi perdana modal kecil di Modal Rakyat.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham SMGR, PTPP, INDF dan ITMG oleh INDOPREMIER | 30 Juni 2022

INDOPREMIER 30 JUNI 2022 IHSG IHSG (6.900 – 6.980) : Indeks diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung melemah. Target pelemahan indeks pada level 6.900 kemudian 6.860 dengan resist di level 6.980 kemudian 7.020. Saham SMGR SMGR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 7.450 kemudian 7.600 dengan support di level 7.150 cut loss jika break 7.000. Saham PTPP PTPP (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 950 dengan resist di level 975 kemudian 995. Saham INDF INDF (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 7.050 dengan resist di level 7.200 kemudian 7.300. Saham ITMG ITMG (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 31.200 dengan resist di level 31.950 kemudian 32.400. Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham EXCL, ICBP, TINS dan BBCA oleh MNC SEKURITAS | 30 Juni 2022

MNCS Daily Scope Wave  30 Juni 2022 IHSG kembali ditutup terkoreksi, kali ini terkoreksi 0,8% ke level 6,942 dan masih didominasi oleh tekanan jual. Apabila IHSG break dari level support terdekatnya di 6,920, maka IHSG akan menguji rentang area 6,786-6,860 untuk membentuk wave [b] pada label hitam. Namun, apabila IHSG masih mampu bergerak di atas 6,860 maka IHSG masih berpeluang menguat kembali untuk menguji area 7,070-7,172 membentuk label merah. Support: 6,860, 6,800 Resistance: 7,070, 7,138 EXCL - Buy on Weakness Pada perdagangan kemarin (29/6), EXCL ditutup terkoreksi 3% ke level 2,550, koreksi EXCL pun tertahan oleh level MA20-nya. Kami memperkirakan, selama EXCL masih mampu bergerak di atas 2,230 sebagai supportnya, maka posisi EXCL saat ini sedang membentuk akhir dari wave [b]. Hal tersebut berarti, koreksi dari EXCL dapat dimanfaatkan untuk BoW. Buy on Weakness: 1,820-1,900 Target Price: 2,720, 2,940 Stoploss: below 2,230 ICBP - Buy on Weakness ICBP ditutup terkoreksi 0,5% ke

Analisa Saham ADRO | 30 Juni 2022

ADRO bergerak sideways dalam range 2860-3090 dalam beberapa hari terakhir ini. Jika ADRO berhasil menguat menembus resisten 3090, ADRO berpeluang melanjutkan uptrendnya menuju target 3250-3400. Rekomendasi: Trading buy kalau naik di atas 3090 1. Target 3250-3400 sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online