Langsung ke konten utama

Tips Investasi Saham Modal Minim bagi Pemula Milenial


Bagi generasi milenial, istilah saham memang sudah bukan rahasia umum. Istilah tersebut merujuk pada investasi jangka panjang dan pendek. Tergantung dari jenis instrumen pada investasi yang dijalankan masing-masing orang. Meski investasi tersebut terlihat menggiurkan, namun ada berbagai tips yang perlu dipertimbangkan. 

Memang tidak salah memulai bisnis investasi di kala usia masih muda. Apalagi bagi generasi milenial sekarang yang akrab dengan dunia digital. Semua hal ini kini menjadi semakin menantang ketika diprediksi akan mendatangkan keuntungan berlimpah. Bahkan dengan modal yang sangat minim setiap milenial memiliki hak investasi.

Tertarik untuk meningkatkan finansial dengan mencoba investasi saham layaknya miliarder? Hal tersebut sah-sah saja dilakukan sepanjang Anda dapat menganalisis setiap peluang yang datang. Bukan hanya itu saja memilih investasi tersebut juga perlu didukung dengan tekad yang kuat. 

Umumnya setiap orang yang bermain dengan investasi memiliki strategi masing-masing agar bisa bertahan. Hampir semua pebisnis muda pun menerapkan trik rahasia mereka. Kini waktunya Anda memperhatikan beberapa hal demi mendapatkan keuntungan saat bermain investasi tersebut. Mari menengok beberapa tips dalam berinvestasi berikut ini.


Pahami Pilihan Investasi Saham 

Saat ini ada berbagai macam pilihan investasi jangka panjang maupun pendek. Setiap orang bebas menentukan investasi yang paling cocok untuk peruntungannya. Mulai dari investasi yang dirancang untuk investor pemula dengan minim modal. Sampai jenis investasi yang khusus dirancang untuk pebisnis profesional masa kini. 

Namun, sebelum Anda memulai memilih dan mengembangkan investasi sebaiknya kenali terlebih dahulu. Tahukah Anda, tidak semua jenis investasi saham cocok untuk Anda jadikan sebagai penopang investasi. Apalagi terdapat beragam instrumen yang mengiringinya. Salah memilih jenis investasi justru membuat Anda terjebak dengan investasi abal-abal.

Tidak ada salahnya untuk mencermati setiap peluang yang ada. Cara termudah untuk mencermati peluang investasi adalah dengan melihat keuntungan dan kerugiannya. Memang daya tarik investasi semakin tinggi saat Anda melihat orang lain sukses bermain bisnis tersebut. Namun, Anda juga perlu melihat sisi negatifnya. 

Cobalah untuk menganalisis sejauh mana keuntungan yang akan didapat dengan bermain saham tersebut. Umumnya bermain investasi membutuhkan modal awal. Lihatlah apakah penggunaan modal sesuai dengan keuntungan dan kerugiannya. Apabila investasi tersebut memiliki risiko yang besar sebaiknya hindari terlebih dahulu.


Pelajari Investasi dari Buku

Salah satu tips agar Anda sukses investasi adalah dengan memperbanyak pengetahuan. Ingatlah bahwa pengetahuan soal berbisnis investasi bisa didapat dengan banyak cara. Termasuk salah satunya dengan membaca buku seputar investasi masa kini. Anda juga dapat membaca buku-buku yang bertemakan finansial atau keuangan.

Buku biasanya menyimpan berbagai macam informasi dan ilmu pengetahuan yang berguna untuk Anda nantinya. Salah satunya ilmu agar Anda sukses dalam menjalankan investasi saham di saat modal minim. Tahukah Anda, ada banyak investor yang pada akhirnya sukses lantaran meluangkan waktu membaca buku. 

Tidak hanya itu, biasanya para investor sukses menuangkan kisah mereka ke dalam sebuah buku. Bahkan di dalam buku tersebut para investor meluangkan ilmu kesuksesan mereka. Oleh karena itu Anda dapat belajar kesuksesan dari cerita para investor tersebut. Bahkan kini terdapat buku berbasis digital. 

Artinya Anda dapat belajar tanpa harus terbebani dengan beban buku yang berat. Buku digital biasa dikenal dengan sebutan ebook. Sebaiknya pilihlah ebook yang membahas mengenai bisnis investasi saham masa kini. Anda juga perlu menyisihkan waktu luang untuk membaca buku tersebut agar lebih cepat mendapatkan informasi tambahan.


Ikuti Seminar Seputar Investasi 

Tips selanjutnya adalah dengan mengikuti seminar yang membahas seputar investasi. Seminar bisa menjadi tempat yang bagus untuk Anda mengembangkan bisnis investasi. Bahkan kini seminar bisa diikuti lewat online maupun offline. Sehingga Anda bisa mengikuti seminar tanpa harus terhalang jarak maupun biaya. 

Tanpa disadari, Anda dapat mengambil banyak pengalaman dari seminar seputar saham tersebut. Apalagi seminar yang mengikutsertakan pihak-pihak profesional. Misalnya narasumber yang berasal dari kalangan profesional seperti trader. Anda akan mendapatkan trik rahasia mereka bermain trading hingga menghasilkan keuntungan berlipat ganda. 

Tahukah Anda jika keuntungan mengikuti seminar seputar financial dari para pakarnya? Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki motivasi tinggi dalam mengejar kesuksesan. Dalam seminar tersebut biasanya juga akan membahas mengenai segala permasalahan yang berhubungan dengan investasi. Dari sinilah Anda dapat mempelajari masalah para investor. 


Mengapa harus mempelajari masalah yang dialami oleh para investor profesional? Hal ini karena Anda kemungkinan besar juga akan mengalami permasalahan yang sama saat bermain saham. Permasalahan tersebut bisa jadi dapat membuat Anda salah mengambil keputusan. Untuk menghindarinya tentu Anda perlu belajar dari kesalahan para investor.


Belajar dari Kegagalan Investasi 

Menjadi seorang investor memang tidaklah mudah karena banyak hal dapat menghalangi jalan Anda. Meski begitu Anda tidak boleh lengah dengan keadaan finansial saat ini. Sekalipun modal yang Anda miliki saat ini sangat minim untuk berinvestasi. Namun, bukan berarti modal minim tersebut menghalangi kesuksesan saham Anda. 

Saat sudah menemukan jenis investasi yang tepat teruslah mencoba menggali potensi diri. Terkadang saat pertama kali mendapatkan keuntungan, Anda akan tergiur untuk menginvestasikan sejumlah modal. Hal tersebut bisa menjadi bumerang jika modal yang sudah dihabiskan tidak kembali. Apalagi Anda harus menderita kerugian besar. 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah belajar dari kesalahan tersebut. Jadikan kesalahan investasi tersebut sebagai pengalaman yang berharga. Sehingga Anda tidak mengalami hal serupa saat berinvestasi. Dengan begitu meskipun modal minim dan masih pemula Anda bisa sukses berinvestasi saham untuk masa depan. 


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Analisa Saham PTBA | 27 Juni 2022

Kenaikan PTBA saat ini tertahan area gap di 4130 – 4540 (box hijau) dimana area ini menjadi penahan kenaikan PTBA . Kedepan harga sahamnya berpeluang mengalami konsolidasi terlebih dahulu di area 3900 (MA50) – 4540 (area gap, box hijau). Jika area gap (box hijau) berhasil dilampaui dan bertahan di atasnya, maka terbuka ruang kenaikan baru yang lebih tinggi. Namun, hati-hati jika ternyata saham ini tidak mampu bertahan di atas area support 3730 (garis hitam), maka harga sahamnya cenderung melemah menuju 3090 dengan minor target 3460. Trading plan : Bagi yang sudah membeli ketika break 3910, bisa taking profit di area gap 4130 – 4630. Stoploss level 3680. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham ASSA, DOID, UNTR dan WOOD oleh MNC SEKURITAS | 29 Juni 2022

MNCS Daily Scope Wave  29 Juni 2022 Menutup perdagangan kemarin (28/6), IHSG ditutup terkoreksi 0,28% ke level 6,996. Dapat dicermati level resistance terdekat di 7,070 dan 7,138, selama belum mampu break level-level tersebut maka pergerakan IHSG masih rawan koreksi untuk membentuk wave [b] label hitam ke rentang 6,786-6,850. Namun, apabila IHSG mampu break 7,138 maka IHSG akan membentuk wave [b] label merah ke arah 7,172. Support: 6,850, 6,800 Resistance: 7,070, 7,138 ASSA - Buy on Weakness ASSA ditutup flat di level 1,910 pada perdagangan kemarin (28/6). Selama tidak terkoreksi ke bawah 1,740 sebagai supportnya, maka posisi ASSA saat ini sedang berada di awal wave (B) sehingga ASSA berpeluang untuk kembali menguat. Buy on Weakness: 1,820-1,900 Target Price: 2,070, 2,330 Stoploss: below 1,740 DOID - Spec Buy Kemarin (28/6), DOID ditutup terkoreksi tipis ke level 380, pergerakan DOID pun masih cenderung sideways. Kami perkirakan, selama DOID masih mampu bergerak di atas 356 sebagai su

Rekomendasi Saham MEDC, ENRG dan BRMS oleh MIRAE ASSET | 27 Juni 2022

MIRAE ASSET SEKURITAS 27 JUNI 2022 IHSG Daily , 7.042,94 (+0,64%), menguji resistensi pada 7.099, rentang perdagangan 6.983–7.099. Indikator MFI-optimized sudah di support trendline dengan kecenderungan menguat. Indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized akan coba bergerak naik lebih lanjut.  Pada periode mingguan indikator MFI-optimized menguji support trendline, sementara RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik. Support harian di 6.983 dan resistensi harian di 7.099. Cut loss level di 6.970. MEDC Daily, Rp645 (-0,77%), trading buy, rentang perdagangan Rp630–660. Indikator MFI-optimized, indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik lebih lanjut. Support harian di Rp630 dan resistensi harian di Rp660. Cut loss level di Rp620.  ENRG Daily, Rp252 (+2,44%), trading buy, rentang perdagangan Rp240–260. Indikator MFI-optimized sudah berada di area oversold, sementara indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimiz