Langsung ke konten utama

BERDAYAKAN UMKM, TELKOM GELAR MINI EXPO UMKM DI MAKASSAR.


[Saham TLKM]  Sebagai upaya untuk terus meningkatkan geliat pelaku ekonomi lokal, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan kegiatan Mini EXPO UMKM Makassar binaan Telkom di Hotel Rinra Makassar pekan lalu.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi Telkom Regional 7 Makassar, unit Community Development Center Telkom dan PT. FINNET Indonesia ini diisi dengan sesi NGOBRAS atau Ngobrol Bareng Santai dengan UMKM yang bertajuk "Memajukan Indonesia Timur melalui Pemberdayaan UMKM.. Kegiatan yang dihadiri Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara ini menjadi salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Dalam acara NGOBRAS dengan UMKM ini hadir sebagai narasumber utama yaitu Abdul Salam, CEO RUNUT (Rumah Nutrisi) Indonesia yang juga sebagai pengelola Komunitas Entrepreneur Makassar. Selain itu ada juga narasumber lain antara lain Arie Rich seorang desainer baju etnis khas Makassar yang sudah melakukan ekspor produknya ke manca negara serta Sukma, yang merupakan pengusaha bumbu instan khas kuliner Makassar seperti coto makassar, pallu marra, sop saudara, sop konro maupun bumbu khas kuliner Makassar lain-nya yang juga banyak di minati oleh pembeli dari daerah lain di Nusantara maupun pembeli dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Sesuai namanya, agenda NGOBRAS berlangsung dengan santai.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia Edi Witjara menyatakan dukungannya untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia Timur. "Pembangunan ekosistem digital di Indonesia Timur, tentu tidak lepas dari peranan infrastruktur dan teknologi digital. Pemanfaatan infrastruktur & teknologi digital ini menjadi kunci utama dalam menciptakan ekosistem digital di berbagai aspek, khususnya ekonomi digital.

UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi nasional yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, terutama pada saat pandemi yang berlangsung selama kurang lebih dua tahun. UMKM adalah bagian dari perekonomian Indonesia yang mandiri dan berpotensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara."

Kawasan Indonesia Timur terkenal dengan berbagai kekayaan sumber daya alamnya. Mulai dari sektor pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan hingga potensi pariwisata yang belum di maksimalkan potensinya. Mayoritas UMKM di Indonesia bagian Timur berada pada sektor ritel, perdagangan serta usaha pembuatan makanan dan minuman.

Selain itu, Kawasan Indonesia Timur juga sangat kaya dengan berbagai budaya lokal dalam bentuk karya seni yang sangat menarik dan beragam. Jika dikelola dan diberdayakan dengan baik, tentu hal-hal tersebut akan memberikan banyak dampak positif untuk ekonomi lokal, terlebih dengan adanya solusi digital dari TelkomGroup yang akan membuat ekonomi digital di Indonesia semakin maju di masa depan.

Rakhmad Tunggal Afiffudin, CEO PT. Finnet Indonesia dalam kesempatan ini juga hadir untuk memberikan dukungan kepada UMKM dalam kegiatan Mini EXPO UMKM Makassar ini. Finnet memfasilitasi para pelaku UMKM dengan aplikasi Mitra Finpay versi 2.0 yang baru saja diluncurkan di Makassar oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom, dengan fitur yang lebih powerful karena juga dapat berfungsi sebagai POS (Point Of Sales) dan dapat menggenerate QRIS otomatis hanya dengan mengoptimalkan ponsel pintar (smartphone) yang dimiliki oleh para pedagang UMKM sebagai merchant dan dapat diunduh gratis dari playstore (android) maupun appstore (apple).

Dengan demikian transaksi dapat berlangsung dengan cepat dan masuk ke rekening penjual melalui teknologi QRIS. Selain itu manajemen Finnet juga memberikan bantuan Top Up Saldo sebesar 3 juta rupiah melalui aplikasi Mitra Finpay untuk modal kerja sebagai bentuk kepedulian kepada UMKM Makassar yang selama 2 tahun terakhir terdampak akibat pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama Agus Yudha, EVP Telkom Regional 7 juga menyatakan "Kontribusi Telkom ini merupakan upaya untuk menjadikan teknologi digital dapat bermanfaat untuk semua orang, sejalan dengan semangat #DigitalUntukSemua demi menjadikan Indonesia yang lebih baik". Pemanfaatan teknologi digital ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi bagi pengguna-nya. (end)


sumber : IQPLUS

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

ERAJAYA SWASEMBADA TEBAR DIVIDEN Rp362,48 MILIAR KE PEMEGANG SAHAM.

[Saham ERAA] PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) hari ini telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS Tahunan). RUPS Tahunan Perseroan menyetujui penetapan penggunaan laba, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp1.012.375.633.745,-. Corporate Secretary ERAA, Amelia Allen, merincikan bahwa sebagian keuntungan atau laba bersih yang Perseroan raih pada tahun 2021, dialokasikan untuk dividen tunai sebesar Rp22,8 setiap saham. Nilai dividen yang akan dibayarkan Perseroan seluruhnya sebesar Rp362.484.876.600,-. "Dividen tersebut akan dibayarkan atas 15.898.459.500 saham dan pemegang saham juga memberikan kuasa kepada Direksi untuk melakukan segala tindakan sehubungan dengan pembagian dividen tersebut,"katanya. Kemudian, sebagian laba yakni sebesar Rp 1.000.000.000 disisihkan sebagai cadangan sesuai Pasal 70 UndangUndang Perseroan Terbatas; dan sisanya dimasukan sebagai laba yang ditahan. Selian itu RUPS Tahunan Perseroan

Analisa Saham PTBA | 27 Juni 2022

Kenaikan PTBA saat ini tertahan area gap di 4130 – 4540 (box hijau) dimana area ini menjadi penahan kenaikan PTBA . Kedepan harga sahamnya berpeluang mengalami konsolidasi terlebih dahulu di area 3900 (MA50) – 4540 (area gap, box hijau). Jika area gap (box hijau) berhasil dilampaui dan bertahan di atasnya, maka terbuka ruang kenaikan baru yang lebih tinggi. Namun, hati-hati jika ternyata saham ini tidak mampu bertahan di atas area support 3730 (garis hitam), maka harga sahamnya cenderung melemah menuju 3090 dengan minor target 3460. Trading plan : Bagi yang sudah membeli ketika break 3910, bisa taking profit di area gap 4130 – 4630. Stoploss level 3680. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham MEDC, ENRG dan BRMS oleh MIRAE ASSET | 27 Juni 2022

MIRAE ASSET SEKURITAS 27 JUNI 2022 IHSG Daily , 7.042,94 (+0,64%), menguji resistensi pada 7.099, rentang perdagangan 6.983–7.099. Indikator MFI-optimized sudah di support trendline dengan kecenderungan menguat. Indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized akan coba bergerak naik lebih lanjut.  Pada periode mingguan indikator MFI-optimized menguji support trendline, sementara RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik. Support harian di 6.983 dan resistensi harian di 7.099. Cut loss level di 6.970. MEDC Daily, Rp645 (-0,77%), trading buy, rentang perdagangan Rp630–660. Indikator MFI-optimized, indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik lebih lanjut. Support harian di Rp630 dan resistensi harian di Rp660. Cut loss level di Rp620.  ENRG Daily, Rp252 (+2,44%), trading buy, rentang perdagangan Rp240–260. Indikator MFI-optimized sudah berada di area oversold, sementara indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimiz