Langsung ke konten utama

Manfaat Pasar Modal Bagi Perusahaan, Pemerintah, dan Investor


Pasar modal sejak dulu diandalkan oleh berbagai pihak yang memiliki kepentingan tertentu dalam mencari dana dan keuntungan. Siapa saja bisa memasuki pasar modal selama mau mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Sebelum memasukinya, Anda juga perlu tahu manfaat pasar modal bagi perusahaan, pemerintah, dan perusahaan.

Ketika Anda mengetahui manfaatnya, Anda pun jadi berinvestasi di pasar modal sesuai dengan kebutuhan. Ini pembahasannya untuk Anda!

Manfaat Pasar Modal bagi Perusahaan

Perusahaan yang memasuki pasar modal biasanya disebut sebagai emiten. Manfaat pasar modal bagi emiten adalah seperti ini.

1. Bisa menghimpun dana besar dalam waktu cepat

Manfaat pasar modal bagi perusahaan adalah menjadi tempat untuk mengumpulkan dana dalam waktu cepat dan terus-menerus juga.

Dana segar ini akan langsung masuk ke perusahaan. Namun, tentu nanti perusahaan akan memberikan pengembalian pada investor yang sudah bersedia membeli saham dan efek lain yang ditawarkannya.

2. Sumber pembiayaan yang terpercaya

Pasar modal menjadi tempat sumber pembiayaan terpercaya. Perusahaan tidak perlu ragu untuk masuk ke pasar modal karena diawasi langsung oleh pemerintah dan prosedurnya juga jelas.

Walaupun untuk bisa masuk ke pasar modal, perusahaan membutuhkan biaya yang banyak dan persiapan yang harus dilakukan dari jauh hari.

3. Perusahaan jadi tidak perlu meminjam ke bank

Emiten jadi tidak perlu mengandalkan bank yang pinjamannya biasanya berbunga. Tidak jarang emiten akan berutang lagi demi bisa membayar pinjaman bank yang berbunga.

Berbeda ketika berhasil mendapatkan dana dari investor, perusahaan tidak akan dikenai bunga sama sekali.

4. Menaikkan citra perusahaan

Selama ini perusahaan yang berhasil masuk ke pasar modal dianggap sebagai perusahaan maju yang punya masa depan cerah. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang punya tujuan bisa melakukan penawaran umum di pasar modal.


Manfaat Pasar Modal bagi Pemerintah

Manfaat pasar modal bagi perusahaan tadi sudah disebutkan. Sekarang Anda juga perlu tahu manfaat pasar modal untuk pemerintah.

1. Menciptakan lapangan kerja

Pasar modal adalah tempat untuk menghimpun dana perusahaan. Hal itu pun membuat perusahaan memiliki dana yang lebih banyak untuk keberlangsungan bisnis, termasuk menciptakan tenaga kerja yang baru. Pemerintah tentu akan terbantu dengan lapangan kerja semakin bertambah ini.

2. Tempat menghimpun dana untuk APBN dan pembangunan

Pemerintah juga ikut menghimpun dana di pasar modal, tapi tujuannya bukan untuk meraih keuntungan. Tujuannya adalah untuk menjadi sumber dana pembangunan dan membiayai APBN yang mengalami defisit. Contohnya, pemerintah menawarkan obligasi ritel pada masyarakat untuk meraih dana selama masa penawaran. 

3. Pendapatan negara jadi meningkat

Semakin sering aktivitas investasi terjadi di pasar modal, pemerintah juga mendapatkan pemasukan dari pajak yang dipungut dari aktivitas itu. 

4. Perekonomian jadi semakin bertumbuh

Kehadiran pasar modal di Indonesia tidak dipungkiri membuat perekonomian bertumbuh. Bahkan pasar modal bisa menjadi patokan ekonomi bertumbuh dilihat dari nilai Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG yang semakin naik per tahunnya.

Perekonomian tumbuh diharapkan rakyat semakin sejahtera dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.


Manfaat Pasar Modal bagi Investor atau Masyarakat

Sekarang Anda perlu mengetahui manfaat pasar modal bagi masyarakat atau bisa disebut sebagai investor. Ini dia penjelasannya.

1. Pendapatan masyarakat jadi bertambah

Masyarakat bisa melakukan kegiatan investasi atau trading di pasar modal. Jika meraih keuntungan, tentu pemasukan masyarakat jadi bisa bertambah. Aktivitas itu bahkan bisa dilakukan oleh mereka yang punya usaha atau bekerja kantoran.

2. Memperoleh keuntungan secara rutin

Masyarakat juga berpotensi meraih keuntungan secara rutin, terutama ketika melakukan investasi dalam jangka cukup panjang. Keuntungan rutin ini berupa dividen yang dibagikan emiten saat usahanya berhasil mencetak laba pada periode tertentu.

3. Masyarakat mendapatkan pekerjaan yang dibutuhkan

Hal itu karena aktivitas positif pasar modal bisa menghasilkan lapangan kerja lebih banyak. Masyarakat yang membutuhkan pekerjaan pun bisa mencari jenis pekerjaan sesuai skill mereka.

4. Masyarakat ikut membangun perekonomian negara

Masyarakat juga ikut berkontribusi dalam membangun ekonomi negara dari investasi yang dilakukannya. Masyarakat memberikan dana pada emiten atau pemerintah yang sedang melakukan penawaran publik dari saham dan obligasi.

Semakin banyak masyarakat yang berinvestasi tentu akan semakin bertumbuh juga perekonomian negara ke depannya.

Kesimpulan

Itu dia manfaat pasar modal bagi perusahaan, pemerintah, dan investor. Untuk itulah pasar modal akan selalu ada dan terbuka bagi siapa saja yang mau memasukinya


Pertanyaan Umum

1. Apa itu pasar modal?

Pasar yang menjadi tempat di mana pemerintah, perusahaan, dan masyarakat bertemu untuk mengincar dana dan memperoleh keuntungan dari kegiatan investasi. 

2. Apa saja jenis pasar modal?

Pasar modal itu ada 2, yaitu pasar primer yang menjadi tempat pertama kali efek-efek ditawarkan dan biasanya hanya terjadi pembelian. Sedangkan pasar sekunder adalah tempat efek-efek telah tercatat oleh Bursa Efek Indonesia kembali diperjualbelikan.

3. Apa perbedaan antara pasar modal dan bursa efek?

Pasar modal adalah tempat transaksi surat-surat berharga contohnya reksa dana, obligasi, dan saham. Sedangkan bursa efek lebih ke lembaga pasar modal yang menyediakan regulasi khusus untuk penyelenggaraan investasi yang aman dan teratur.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

ERAJAYA SWASEMBADA TEBAR DIVIDEN Rp362,48 MILIAR KE PEMEGANG SAHAM.

[Saham ERAA] PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) hari ini telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS Tahunan). RUPS Tahunan Perseroan menyetujui penetapan penggunaan laba, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp1.012.375.633.745,-. Corporate Secretary ERAA, Amelia Allen, merincikan bahwa sebagian keuntungan atau laba bersih yang Perseroan raih pada tahun 2021, dialokasikan untuk dividen tunai sebesar Rp22,8 setiap saham. Nilai dividen yang akan dibayarkan Perseroan seluruhnya sebesar Rp362.484.876.600,-. "Dividen tersebut akan dibayarkan atas 15.898.459.500 saham dan pemegang saham juga memberikan kuasa kepada Direksi untuk melakukan segala tindakan sehubungan dengan pembagian dividen tersebut,"katanya. Kemudian, sebagian laba yakni sebesar Rp 1.000.000.000 disisihkan sebagai cadangan sesuai Pasal 70 UndangUndang Perseroan Terbatas; dan sisanya dimasukan sebagai laba yang ditahan. Selian itu RUPS Tahunan Perseroan

Analisa Saham PTBA | 27 Juni 2022

Kenaikan PTBA saat ini tertahan area gap di 4130 – 4540 (box hijau) dimana area ini menjadi penahan kenaikan PTBA . Kedepan harga sahamnya berpeluang mengalami konsolidasi terlebih dahulu di area 3900 (MA50) – 4540 (area gap, box hijau). Jika area gap (box hijau) berhasil dilampaui dan bertahan di atasnya, maka terbuka ruang kenaikan baru yang lebih tinggi. Namun, hati-hati jika ternyata saham ini tidak mampu bertahan di atas area support 3730 (garis hitam), maka harga sahamnya cenderung melemah menuju 3090 dengan minor target 3460. Trading plan : Bagi yang sudah membeli ketika break 3910, bisa taking profit di area gap 4130 – 4630. Stoploss level 3680. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham MEDC, ENRG dan BRMS oleh MIRAE ASSET | 27 Juni 2022

MIRAE ASSET SEKURITAS 27 JUNI 2022 IHSG Daily , 7.042,94 (+0,64%), menguji resistensi pada 7.099, rentang perdagangan 6.983–7.099. Indikator MFI-optimized sudah di support trendline dengan kecenderungan menguat. Indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized akan coba bergerak naik lebih lanjut.  Pada periode mingguan indikator MFI-optimized menguji support trendline, sementara RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik. Support harian di 6.983 dan resistensi harian di 7.099. Cut loss level di 6.970. MEDC Daily, Rp645 (-0,77%), trading buy, rentang perdagangan Rp630–660. Indikator MFI-optimized, indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik lebih lanjut. Support harian di Rp630 dan resistensi harian di Rp660. Cut loss level di Rp620.  ENRG Daily, Rp252 (+2,44%), trading buy, rentang perdagangan Rp240–260. Indikator MFI-optimized sudah berada di area oversold, sementara indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimiz