google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Gelar RUPS, Patrick Walujo Bakal Jadi Direktur Utama GOTO Langsung ke konten utama

Gelar RUPS, Patrick Walujo Bakal Jadi Direktur Utama GOTO


PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)
, hari ini, mengumumkan agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang akan digelar 30 Juni 2023. Agenda meliputi di antaranya rencana perubahan komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Perseroan mengumumkan bahwa Andre Soelistyo dinominasikan untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan, serta akan mengambil peran sebagai Deputy Chairman, dan oleh karenanya mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Utama Perseroan.

Nantinya dalam perannya sebagai Komisaris, Andre akan mengawasi dan memberikan arahan strategis kepada manajemen Perseroan guna menuju target EBITDA yang disesuaikan positif pada akhir tahun 2023 dan pertumbuhan Perseroan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Komisaris GoTo Sugito Walujo, yang lebih dikenal sebagai Patrick Walujo, dinominasikan untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham untuk menjadi Direktur Utama Perseroan dan oleh karenanya mengundurkan diri dari posisinya sebagai Komisaris Perseroan.

Direktur Utama dan Co-Founder GoTo, Andre Soelistyo menyampaikan, "Pencapaian GoTo hingga saat ini merupakan hasil kerja keras banyak pihak, termasuk para pemimpin kelas dunia yang kini menjalankan bisnis GoTo. Sebagai organisasi yang secara historis dipimpin oleh pendirinya, GoTo selalu memprioritaskan pertumbuhan para pemimpin, agar Perseroan dapat beralih dari kepemimpinan para pendiri menuju kepemimpinan oleh profesional dalam jangka panjang. Kami telah mencapai kemajuan yang baik sampai saat ini, dan saya percaya sekarang adalah waktu yang tepat bagi para pemimpin Perseroan, termasuk para presiden unit bisnis kami, Catherine, Hans, dan Melissa, untuk membawa GoTo terus melangkah maju."

"Menjabat sebagai Direktur Utama GoTo adalah sebuah kehormatan besar, dan saya sangat menghargai berbagai kesempatan yang telah diberikan oleh Perseroan. Saya sangat bangga atas budaya dan kegigihan yang telah kami bangun, dan saya percaya meskipun perubahan akan selalu ada, komitmen untuk menjalankan misi Perseroan akan selalu terjaga. GoTo akan selalu menjadi katalis perubahan positif, dan mempertahankan nilai-nilai yang mendorong kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kehidupan dan membawa kemajuan bagi semua pihak dalam ekosistem, termasuk mitra pengemudi, pedagang dan konsumen."

Tahun 2015, Andre bergabung sebagai Presiden Gojek. Beliau berperan penting dalam mendorong pertumbuhan Gojek, serta memimpin berbagai upaya pendanaan hingga bertransisi menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama berstatus unicorn. Di bawah kepemimpinan beliau, Gojek berhasil mendapatkan investasi dari berbagai investor global. Andre ditunjuk sebagai co-CEO Gojek pada tahun 2019.

Pada tahun 2021, Andre bersama-sama dengan pendiri lainnya berhasil melakukan kombinasi terbesar di Indonesia dengan menggabungkan Gojek dan Tokopedia, yang merupakan cikal bakal terbentuknya GoTo. Beliau kemudian ditunjuk sebagai Direktur Utama Grup GoTo. Sebagai Direktur Utama, beliau memimpin Perseroan dalam penawaran umum perdana saham (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Pada IPO tersebut, Andre menggagas Program Saham Gotong Royong, yang memberikan kesempatan kepada mitra pengemudi, pedagang dan konsumen, serta karyawan, untuk turut berperan serta dalam IPO.

Komisaris Grup GoTo Patrick Walujo, mengatakan, "GoTo telah tumbuh menjadi perusahaan yang dikenal secara global dan membawa Indonesia ke panggung teknologi dunia. Pertumbuhan ini didasari semangat GoTo untuk terus memajukan Indonesia, hingga ke berbagai pelosok daerah."

"Sebagai salah satu investor pertama Gojek dan Komisaris GoTo, saya selalu memiliki kepercayaan besar terhadap Perseroan. Dalam beberapa bulan terakhir, Dewan Komisaris terus berkoordinasi dengan erat dengan manajemen Perseroan untuk memastikan pelaksanaan strategi dalam rangka mencapai target profitabilitas. Apabila nominasi saya disetujui oleh pemegang saham dalam RUPST mendatang, saya akan berdedikasi penuh kepada GoTo dan bekerjasama dengan jajaran direksi lainnya untuk mendorong kemajuan unit bisnis, terus mengoptimalisasi strategi Perseroan menuju target profitabilitas serta memperkokoh landasan pertumbuhan jangka panjang."

Patrick memiliki pengalaman yang luas dan mendalam mengenai GoTo dan ekosistemnya serta pengetahuan mengenai lanskap investasi dan sektor teknologi baik Indonesia maupun global. Pemahaman Patrick akan GoTo dan seluruh lini bisnisnya, dipupuk sejak awal perjalanan Gojek. Beliau merupakan investor pertama Gojek, sebuah platform yang telah membawa perubahan besar bagi kehidupan jutaan konsumen, mitra pengemudi dan pedagang. Beliau juga merupakan sosok yang terus mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Patrick juga akan didukung oleh veteran Gojek, Thomas Husted, yang dinominasikan sebagai Wakil Direktur Utama, yang nantinya akan mengemban tugas sebagai Chief Operating Officer, untuk memperoleh persetujuan pemegang saham. Thomas sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan Gojek pada periode 2017 - 2021 dan memegang peranan penting dalam kombinasi Gojek dan Tokopedia. Pada masa jabatan tersebut, Thomas juga turut serta membangun sistem internal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan Perseroan melakukan IPO.

Dalam RUPST ini, Perseroan turut mengajukan pengalihan tugas dan wewenang Dewan Komisaris, untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham, yaitu:
- Agus D. W. Martowardojo beralih tugas untuk menjadi Komisaris Utama.
- Garibaldi Thohir beralih tugas untuk menjadi Komisaris Perseroan.

Keseluruhan mata acara RUPST adalah sebagai berikut:

Persetujuan laporan tahunan perseroan tahun buku 2022, termasuk pengesahan laporan keuangan konsolidasian Perseroan yang telah diaudit, dan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilakukan dalam tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022.

Persetujuan atas penentuan gaji dan tunjangan bagi Direksi dan penentuan honorarium dan/atau tunjangan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2023.

Persetujuan untuk menunjuk Akuntan Publik Independen yang akan mengaudit laporan keuangan konsolidasian Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Penyampaian laporan atas realisasi penggunaan dana hasil Penawaran Umum Perdana.

Persetujuan atas pembaruan penyerahan kewenangan kepada Dewan Komisaris atas penerbitan saham baru sehubungan dengan Penawaran Saham Perdana secara internasional (IPO internasional).

Persetujuan atas pembaruan penyerahan kewenangan kepada Dewan Komisaris atas penerbitan saham baru yang akan diberikan kepada anggota Direksi, Dewan Komisaris, dan/atau karyawan Perseroan dan anak perusahaan Perseroan berdasarkan Program Kepemilikan Saham.

Persetujuan atas peningkatan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) sebanyak-banyaknya 10% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan.

Persetujuan atas perubahan Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan peningkatan modal ditempatkan dan disetor sebagai pelaksanaan dari (i) IPO internasional; (ii) Program Kepemilikan Saham; dan (iii) PMTHMETD.

Persetujuan atas perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Mata acara RUPSLB, yang akan diadakan di hari yang sama sesaat setelah RUPST adalah:

Persetujuan pemegang saham independen atas anggota Direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B. Persetujuan pemegang saham atas rencana konversi sejumlah saham Seri B menjadi saham Seri A serta konversi saham Seri A menjadi saham Seri B. (end)
SUmber: iqplus-
Dapatkan informasi pasar dan rekomendasi saham dengan aplikasi Android: Saham Indonesia
Materi video tutorial belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Analisa Saham BBNI | 4 Januari 2022

BBNI saat ini berkonsolidasi di area support historisnya yang dulu menjadi area resisten tertinggi sebelumnya (garis hijau). Bagaimana skenario BBNI selanjutnya? Jika BBNI mampu menembus area resisten 6800, maka secara teknikal terbuka peluang kenaikan kembali menuju 7575 dengan minor target 7275. Namun, tren kenaikan bisa saja gagal jika BBNI tidak mampu bertahan diatas support 6575 dengan target penurunan selanjutnya di 6225 dengan minor target 6550. Ikuti pergerakan teknikal saham ini di GSPRO Anda. Trading plan : Speculative buy jika mampu break resisten 6800. Stoploss level 6575. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online