google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo PT Avia Avian Tbk. (AVIA) Catat Penjualan Rp3,5 Triliun Di Semester Pertama 2023 Langsung ke konten utama

PT Avia Avian Tbk. (AVIA) Catat Penjualan Rp3,5 Triliun Di Semester Pertama 2023


Penjualan PT Avia Avian Tbk. (AVIA) pada semester pertama tahun ini berhasil dicatatkan sebesar Rp3,5 triliun. Total penjualan ini mengalami peningkatan sebesar 3,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Margin laba kotor tercatat sebesar 45,2% atau setara dengan Rp1,6 triliun, meningkat 14,5% dibandingkan semester pertama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp1,4 triliun.

EBITDA juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 10,6% menjadi Rp1,0 triliun dengan tingkat margin sebesar 28,9%. Laba bersih berhasil tercatat sebesar Rp808 miliar, meningkat 3,9% dibandingkan tahun lalu, dengan margin sebesar 23,0%.

Pada semester pertama tahun ini, baik segmen solusi arsitektur maupun barang dagangan mencatat kinerja yang positif. Kinerja segmen solusi arsitektur ditopang oleh peningkatan penjualan pada kategori cat dinding, cat pelapis anti bocor, dan cat kayu & besi.

Di sisi lain, kinerja segmen barang dagangan didukung oleh peningkatan penjualan pada kategori pipa PVC. Segmen solusi arsitektur berkontribusi sebesar 82,3% terhadap total penjualan, sedangkan kontribusi segmen barang dagangan adalah sebesar 17,7%. Di dalam segmen solusi arsitektur, kontribusi penjualan tertinggi berasal dari kategori cat pelapis anti bocor sebesar 25,7%, diikuti oleh kategori cat dinding dan cat kayu & besi, masing-masing sebesar 23,7% dan 19,5%. Untuk segmen barang dagangan, kategori pipa PVC memiliki kontribusi tertinggi sebesar 12,9%.

Dalam upaya untuk memperkuat posisi AVIA sebagai pemimpin pasar dalam industri cat, AVIA secara konsisten menjalankan berbagai strategi, baik dalam hal perluasan pusat distribusi untuk memperkuat penetrasi produk di pasar, maupun dalam hal pengenalan produk baru. Berkaitan dengan pusat distribusi, sampai dengan akhir semester pertama tahun ini, AVIA memiliki sebanyak 114 pusat distribusi milik sendiri, 37 pusat distribusi pihak ketiga, dan ditambah dengan 13 pusat distribusi mini.

Selama periode semester pertama tahun ini, AVIA telah melakukan penambahan sebanyak 5 pusat distribusi sendiri dan 9 pusat distribusi mini. Di pusat distribusi yang dimiliki sendiri, dengan armada truk yang dimiliki, AVIA mampu melakukan pengiriman sebanyak lebih dari 10.000 kali dalam satu hari. AVIA berfokus untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi berupa one-day delivery, sehingga pelanggan yang melakukan pemesanan barang hari ini dapat langsung menerima barang tersebut pada hari berikutnya. AVIA telah melayani lebih dari 56.000 toko bahan bangunan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Terlepas dari dinamika perekonomian saat ini yang cukup menantang, AVIA terus melakukan inovasi untuk melengkapi portofolio produk dengan menggunakan merek yang sudah dikenal luas serta diterima dengan baik oleh konsumen. Avian Cling untuk kategori cat kayu & besi yang diluncurkan pada Desember 2022 terbukti mampu memberikan kontribusi yang baik.

Demikian juga Avitex Gold untuk kategori cat dinding, dapat diterima oleh pasar dikarenakan kualitas dan kelebihan fitur sebagai cat interior maupun eksterior. Pada kuartal dua sendiri, AVIA meluncurkan tiga produk baru, yakni Admiral Cat Kapal dan Admiral Wood Filler Epoxy pada kategori cat kapal, serta ARIES Bling pada kategori cat dinding. Untuk ARIES Bling diharapkan dapat juga diterima pasar dengan baik, mengingat merek ARIES cukup dikenal.

AVIA memiliki fasilitas Research, Development, & Innovation (RDI) yang kuat yang dilengkapi dengan peralatan modern dan tenaga ahli berkualitas sehingga AVIA dapat secara konsisten mengembangkan produk-produk inovatif yang sejalan dengan kebutuhan pasar.

AVIA juga memiliki komitmen yang tinggi dalam hal ESG. AVIA terus berupaya meningkatkan produk-produk yang lebih ramah lingkungan dengan memperoleh Green Label Certification dari Singapura. Beberapa produk yang telah memperoleh sertifikasi tersebut diantaranya Supersilk Anti Noda, Sunguard, Avitex Gold, Avitex Anti Virus, No Drop Anti Panas, dan lain sebagainya.

Hal tersebut merupakan bagian dari Upaya AVIA guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Pengembangan produk baru juga disertai dengan perluasan bisnis pada divisi Proyek & Komersial, melalui kontraktor, desain interior, arsitek, maupun perusahaan korporat dengan banyak cabang. (end)
Sumber: iqplus-
Materi video tutorial belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba