google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Ulasan Pasar Modal Hari Ini, 22 Desember 2016 IHSG Penutupan by YP Langsung ke konten utama

Ulasan Pasar Modal Hari Ini, 22 Desember 2016 IHSG Penutupan by YP


(Investment Information Team,  Daewoo Securities Indonesia)

IHSG melemah selama delapan hari berturut-turut sejak perdagangan pekan lalu. Pada perdagangan hari ini IHSG ditutup melemah 68 poin (-1.34%) ke level 5,042.87, yang merupakan level penutupan terendahnya sejaknya 15 November. Seluruh sektor kompak ditutup melemah dipimpin oleh sektor basic industry dan consumer yang melemah terdalam diantara sektor lain dengan ditutup turun masing-masing 2.05% dan 1.99%. Hingga akhir perdagangan tercatat 80 saham menguat dan 267 saham melemah. Bursa saham Asia ditutup melemah tiga hari berturut-turut mengikuti pelemahan ekuitas US dan seiring dengan harga minyak mentah yang berada di bawah $53 per barel. Investor asing kembali mencatatkan aksi beli dengan jumlah net buy Rp427 miliar di seluruh Pasar hari ini. Di akhir perdagangan, US Dollar menguat 0.07% terhadap Rupiah, sehingga Rupiah ditutup melemah ke level Rp13,469 terhadap US Dollar.

Advance Stocks:

- GDST, BAJA: Penguatan harga saham didorong oleh sentimen positif dari dikeluarkannya peraturan oleh Menteri Perdagangan tentang ketentuan impor besi atau baja, baja paduan dan turunannya, dengan tujuan mencegah impor baja yang tidak diperlukan akibat oversupply. Peraturan tersebut dinilai akan menghambat masuknya besi dan baja impor ke Indonesia di tahun depan. Harga saham GDST ditutup menguat Rp5 (+4.31%) ke level Rp121, sementara harga saham BAJA ditutup menguat Rp22 (+6.43%) ke level Rp364 pada perdagangan hari ini.

- POOL: Harga saham POOL ditutup naik Rp10 (+0.47%) ke level Rp2.110 hari ini. POOL meraih laba bersih Rp21,57 miliar hingga periode September 2016 naik tajam dibandingkan laba bersih Rp13,97 miliar periode sama tahun sebelumnya, disebabkan oleh melonjaknya pendapatan menjadi Rp48,73 miliar dari Rp4,62 miliar tahun lalu. Laba bruto juga tercatat naik menjadi Rp46,28 miliar dari sebelumnya Rp2,11 miliar.

- ADRO: ADRO  akan membagikan dividen interim tahun buku 2016 sebesar US$60.773.327,8 kepada para pemegang sahamnya. Adapun cum dan ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 28 dan 29 Desember 2016 sedangkan di pasar tunai 3 dan 4 Januari 2017 dimana dividen akan dibayarkan pada 13 Januari 2017. Menutup perdagangan hari ini, harga saham ADRO menguat Rp10 (+0.59%) ke level Rp1.680.

Decline Stocks:

- ANTM: Harga saham ANTM ditutup melemah Rp25 (-2.82%) ke level Rp860 hari ini. ANTM menyatakan menunda eksplorasi nikel di Filipina. Sebagai gantinya, perusahaan mengalihkan fokus ekspansi usaha ke Malaysia. Malaysia dipilih karena ekspor ore dari negeri jiran itu melesat pasca Indonesia memberlakukan kebijakan pelarangan ekspor mineral mentah. Selain itu, ANTM berencana membangun pabrik peleburan bijih nikel kadar rendah alias blast furnace di tempat yang sama dengan pabrik feronikel di Halmahera Timur. Pabrik ini akan mengolah nikel menjadi nickel pig iron (NIP) dengan kapasitas produksi 80.000 ton.

- TINS: Harga saham TINS ditutup melemah untuk hari keempat pada pekan ini. Melemahnya harga saham TINS sebesar Rp35 (-3.09%) ke level Rp1,095 pada hari ini, dipicu oleh meningkatnya persediaan timah di London Metal Exchange (LME) sebesar 3.2% ke level tertingginya sejak 27 September.

- WIKA: Harga saham WIKA ditutup melemah Rp80 (-3.33%) ke level Rp2,320 hari ini, merupakan pelemahan hari kelima, meskipun perseroan menargetkan kenaikan penjualan hingga 32.81% dan pertumbuhan kontrak baru hingga 26.3% pada tahun depan seiring dengan maraknya pembangunan infrastruktur yang diprediksi akan terus terjadi di tahun depan.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

3 Manfaat Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia

Anda ingin memiliki passive income? Menjadi investor adalah salah satu cara yang bisa dicoba. Manfaat menjadi investor di Bursa Efek Indonesia sangat banyak dan menjanjikan. Saat Anda menjadi investor, uang akan mengalir tanpa perlu pusing memikirkan cara mengelolanya.  Dengan menjadi investor Anda memiliki menciptakan passive income sendiri. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan mengenai 3 manfaat saat menjadi investor saham di Bursa Efek Indonesia. Manfaat Saat Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia (BEI)  Ketika Anda telah menjadi investor di salah satu perusahan pastinya akan mendapatkan keuntungan. Untuk besaran keuntungan sendiri akan disesuaikan dengan kondisi pasar modal Indonesia.  Keuntungan yang didapatkan bisa menjadi passive income hidup Anda. Namun, untuk mencapai nilai passive income yang besar. Anda harus juga memiliki jumlah saham yang besar pula.  Dengan memiliki saham Anda bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang menguntungkan.  DIsini akan disebutkan 3 manfaat i