google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa IHSG Penutupan 5 Mei 2017 Langsung ke konten utama

Analisa IHSG Penutupan 5 Mei 2017


IHSG menguat untuk hari kedua dan menutup perdagangan akhir pekan ini di zona positif dengan menguat 13 poin (+0.24%) ke level 5,683.377. Sektor-sektor ditutup variatif dipimpin oleh penguatan sektor property (+1.27%) dan pelemahan sektor mining (-1.74%). Tercatat 155 saham menguat dan 176 saham melemah hari ini. Setelah mencatatkan net sell pada perdagangan kemarin, investor asing kembali mencatatkan transaksi net buy hari ini sebesar Rp691 miliar di seluruh Pasar. US Dollar menguat 2 poin (+0.01%) terhadap Rupiah, sehingga Rupiah melemah ke level Rp13,330 terhadap US Dollar di akhir perdagangan hari ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari ini merilis data ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2017 yang mencatatkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 5.01% YoY dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.92%. Secara kuartalan, PDB Indonesia pada kuartal I-2017 tercatat mengalami penurunan sebesar 0.34% QoQ.

Unusual Market Activity (UMA)
- PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN) dan PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA)
Bursa Efek Indonesia (BEI) menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham PTSN dan MINA yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity). Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham tersebut.

Advance Stocks:

- CLEO: PT Sariguna Primatirta Tbk resmi melantai di BEI setelah melakukan Initial public offering/IPO. Jumlah saham CLEO yang dicatatkan yakni 2,2 miliar saham. Nilai nominal saham yakni Rp 100 per saham, dengan harga penawaran saham sebesar Rp 115 per saham, sehingga dari aksi tersebut, perseroan sukses menghimpun dana segar sebesar Rp51,75 miliar. Sebagian besar dana hasil go public untuk membeli mesin yang akan digunakan sebagai penunjang operasional pabrik tahun ini, termasuk juga rencana membangun dua pabrik baru. Pada perdagangan perdananya hari ini, harga saham CLEO ditutup menguat Rp80 (+69.56%) ke level Rp195.

- PTPP: Setelah melemah empat hari berturut-turut pada perdagangan sebelumnya, harga saham PTPP ditutup menguat di akhir pekan ini sebesar Rp280 (+10.37%) ke level Rp2.980. PTPP membukukan kontrak baru Rp6,67 triliun selama kuartal I/2017, meningkat 38% dibanding Rp4,83 triliun pada periode yang sama 2016.

- TBLA: Pendapatan TBLA naik menjadi Rp2,23 triliun hingga periode 31 Maret 2017 dibandingkan pendapatan Rp1,02 triliun di periode sama tahun sebelumnya. Laba bersih yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk juga meningkat mencapai Rp278,16 miliar dari laba Rp65,21 miliar tahun sebelumnya. Harga saham TBLA menguat Rp75 (+5.85%) ke level Rp1.355 pada penutupan perdagangan hari ini.

- NRCA: Harga saham NRCA ditutup menguat Rp14 (+3.3%) ke level Rp438 pada perdagangan hari ini. NRCA berhasil membukukan kontrak baru sebesar Rp 1 triliun sepanjang 4M17, setara 30,3% dari target kontrak Rp3,3 triliun di 2017. Dengan pencapaian kontrak anyar tersebut maka total kontrak yang dihadapi NRCA saat ini mencapai Rp 4,5 triliun, di mana Rp 3,5 triliun merupakan carry over tahun 2016.

- WOMF: Menutup perdagangan akhir pekan ini, harga saham WOMF menguat Rp14 (+8.91%) ke level Rp171. Hingga 1Q17, WOMF mencatatkan laba bersih sejumlah Rp27,7 miliar, meningkat 33% YoY dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Pendapatan perseroan juga meningkat hampir 10% mencapai Rp503,9 miliar. Pencapaian tersebut didorong oleh efisiensi berbisnis perseroan. Kenaikan laba juga didukung membaiknya posisi non performing finance sehingga pencadangan berhasil ditekan

Decline Stocks:

- MEDC: Harga saham MEDC melemah untuk hari kedua dan ditutup turun Rp60 (-2.31%) ke level Rp2.530 pada perdagangan hari ini. MEDC akan meminta persetujuan dari pemegang saham untuk melakukan pemecahan nilai saham (stock split) 4:1 pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan diselenggarakan pada 16 Juni mendatang. Perseroan juga tengah melakukan finalisasi rencana melakukan rights issue yang akan diajukan kepada OJK.

- INCO, ANTM: Harga saham INCO dan ANTM melanjutkan pelemahan hingga perdagangan akhir pekan seiring dengan pelemahan harga nikel ke level terendahnya dalam lebih dari 10 bulan. Persediaan nikel di London Metal Exchange (LME) meningkat 210 ton menjadi 380.712 ton. LME Nickel melemah 5.3% pekan ini.  Harga saham INCO dan ANTM kembali ditutup melemah masing-masing Rp70 (-3.41%) ke level Rp1.980 dan Rp15 (-2.32%) ke level Rp630 pada perdagangan hari ini.

Market Review 5 Mei 2017
(Investment Information Team,  Mirae Asset Sekuritas Indonesia)

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan