google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 26 Maret 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 26 Maret 2018

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Maret 26, 2018)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Darmawan Halim (darmawan.halim@miraeasset.co.id)
Pasar Eropa dan AS ditutup melemah pada hari Jumat, masih disebabkan oleh ketakutan perang dagang. Pasar Asia dibuka lebih rendah karena investor global masih mengawasi perkembangan lebih lanjut dari meningkatnya ketegangan perang dagang AS dan China. Namun, para ekonom kami percaya bahwa dampaknya terhadap Indonesia mungkin relatif terbatas mengingat ekonomi yang berorientasi domestik (lihat laporan kami: Impact of Trump’s trade war on Indonesia   https://goo.gl/YoYNG6). Dari sisi komoditas, harga minyak kembali naik 2,5% (WTI) menjadi USD65,88/bbl, dan harga nikel turun 1,8% menjadi USD12,950/ton

Market Indicator
JCI: 6,210.70 (-0.69%)
EIDO: 26.33 (-0.94%)
DJIA: 23,533.20 (-2.93%)
FTSE100: 6,921.94 (-0.44%)
USD/IDR: 13,782 (-0.20%)
10yr GB yield: 6.91% (+12bps)
Oil Price: 65.88 (+2.46%)
Foreign net purchase: -IDR1,060.0bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141) 
TOP BUY: BBTN, BBCA, PGAS, SMGR, GGRM
TOP SELL: BMRI, BBRI, UNVR, ADRO, INDF

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BBRI, TLKM, BMRI, BBCA, ASII

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,210.7(-0.9%), prone to correction, trading range hari ini  6,113– 6,169. ,indikator MFI optimized cenderung turun dan indikator W%R optimized dan indikator Stochastic %D optimized masih cenderung naik. Bollinger Band optimized harga akan bertahan diatas BBBottom.  Sementara itu pada Figure 3 pada periode weekly ,indikator MFI optimized indikator W%R optimized, indikator RSI optimized  masih akan menguji support trend line dan Bollinger Band optimized sudah sekitar BBBottom. Daily resistance di 6,169 dan support di 6,113. Cut loss level di 6,021.

*BBNI Weekly, 8.735 (+8.40%),buy on weakness ,trading range 8,525 - 9000. indikator MFI optimized masih bergerak naik, indikator W%R optimized, dan indikator Stochastic % akan menguji support trendline.  Sementara itu harga pada indikator Bollinger Band optimized akan coba naik mendekati center line. Daily support  di 8,525 dan daily resistance di 9,000.Cut loss level di 8,275.

*PGAS Daily,2,310 (+0.42%),buy on weakness, 2,200 – 2,390, Indikator MFI optimized,indikator W%R optimized, indikator RSI optimized dan indikator stochastic %D cenderung naik. Disisi lain pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba naik mendekati center line.  Weekly resistance di 2,390 dengan catatan daily resistance 2,330  dapat ditembus. Sementara itu daily dan weekly support di  2,200 dan 2,170.Cut loss level di 2,150.

*BBRI Weekly, 3,600 (-2.17%),buy on weakness, trading range 3,420 – 3,550. Indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized  sudah berada sekitar support trendline. Pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba bertahan sekitar center line. Dengan demikian diperkirakan potensi koreksi mulai tertahan. Perkiraan daily dan weekly resistance di 3,550 dan 3,620. Daily support dan weekly support di 3,490 dan 3,420. Cut loss level di 3,410

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers 
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Core durable shipments meningkat 1,4% pada bulan Februari
Kenaikan 12 bulan dalam core orders meningkat menjadi 8% dari 6,2%
Core capital goods orders melonjak 1,8% pada Februari
Durable-goods orders dikurangi transportasi naik 1,2%
Durable goods orders AS melompat 3,1% pada bulan Februari

*BMRI +0.6%. Mandiri genjot porsi KUR ke sektor produksi menjadi 50%
*CMPP +8.7%. BEI beri waktu AirAsia Indonesia penuhi free float sampai akhir 2018
*PICO +1.5%. Pelangi Indah Canindo siap ekspansi tahun ini.
*PWON -2.4%. Pakuwon Jati memupuk recurring income
*PYFA -4.8%. Pyridam Farma raih laba bersih Rp7,12 miliar di 2017.
*SSMS -0.3%. Sawit Sumbermas raih pendapatan usaha Rp 3.24 triliun di 2017
*DMAS -0.5%. Laba bersih Puradelta Lestari turun 13.27 persen


Daily write up
Trend focus: One of the way to address IDR concerns by Mangesti Diah Sulistiani (mangesti@miraeasset.co.id)

- Depresiasi Rupiah Indonesia terhadap dollar AS sebagian disebabkan oleh kenaikan suku bunga Fed dan tarif dagang Trump. Namun, kami juga yakin pelemahan rupiah terkait dengan defisit perdagangan Indonesia selama tiga bulan terakhir, terutama peningkatan impor minyak. Dalam pandangan kami, depresiasi IDR terkait dengan impor minyak pada akhirnya dapat menyebabkan inflasi yang lebih tinggi di Indonesia.

- Menurut pandangan kami, penambahan kapasitas produksi kilang minyak mungkin salah satu cara untuk meminimalkan volatilitas Rupiah, mengingat nilai impor minyak setara dengan 16% dari cadangan devisa Indonesia pada tahun 2017 (posisi di USD130.2milyar).

- Pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan produksi minyak karena cadangan minyak Indonesia hanya mencapai 10,3 tahun pada 2016. Selain itu, pemerintah mendorong perbaikan di sektor hulu minyak dan gas, termasuk teknologi produksi untuk meningkatkan investasi.

Please click here to view full report


Macro update
Impact of Trump’s trade war on Indonesia by Taye Shim (taye.shim@miraeasset.com) & Mangesti Diah Sulistiani (mangesti@miraeasset.co.id)
(March 25, 2018 )

- On March 22, Trump effectively imposed import tariffs up to USD60bn on Chinese products entering the US. The next day, China revealed its plans to impose tariffs on 128 products from US, sparking concerns over a trade war. Market reaction was negative with key Asian markets in the red.

- For Indonesia, China is the largest trade (exports + imports) destination, while US is the largest net export (exports – imports) destination, both in terms of value. We discuss the following impact of US-China trade war on Indonesia: 

- We believe Indonesian economy is likely to feel the pinch (but not a full-blown uppercut), given the fact that Indonesia is a commodities-driven economy, higher export value can trickle down to the consumer level with a multiplier impact. 

- However, we highlight that Indonesia’s economy is more domestically oriented than what outsiders believe. Indonesia’s exports of goods and services accounted for 19% of the nation’s GDP in 2016. Contrast to its Asian peers such as Vietnam (94%), Thailand (69%), Korea (42%) and even Philippines (28%). 

- From a net export perspective, Indonesia has demonstrated stable trend (net exports as a % of GDP @ 1.9% in 2010 vs. 1.9% in 2017), which we argue that Indonesia’s trade situation is less likely to exhibit large swings driven by external factors. 
(See full report: https://goo.gl/YoYNG6) 


PLN akan membangun terminal batubara di dua pulau (Kontan)
Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana membangun terminal batubara di Sumatra dan Kalimantan dengan total kapasitas produksi lebih dari 20 juta ton. PLN mengharapkan bahwa terminal batubara tersebut akan dibangun pada 2018 dan mulai beroperasi pada 2021.

Pemerintah akan melakukan lelang untuk 16 wilayah konsesi pertambangan (Investor Daily)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia (ESDM) akan melakukan lelang untuk 16 wilayah konsesi pertambangan pada bulan April. Ada 6 konsesi penambangan dengan lisensi IUP khusus dan sisanya adalah ijin konsesi IUP khusus.

Golongan Kendaraan Tinggal 3 (Bisnis Indonesia)
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan bahwa penyederhanaan golongan angkutan kendaraan jalan tol akan diterapkan pada seluruh ruas tol. Penyederhanaan golongan nantinya akan mengatur tiga golongan saja, yakni I, II, dan III. Perinciannya masih dibahas oleh BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol).

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal