google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Rekomendasi Saham Lotus Andalan Sekuritas | 26 Maret 2018 Langsung ke konten utama

Rekomendasi Saham Lotus Andalan Sekuritas | 26 Maret 2018

Rekomendasi Saham Lotus Andalan Sekuritas

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) meradang seiring ditabuhnya genderang perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Akhir pekan lalu, IHSG turun 0,69% ke level Rp 6.210.

Head of LOTS Services Lotus Andalan Sekuritas Krishna Dwi Setiawan menilai, perekonomian global bisa terganggu oleh sentimen ini. "Jika ekonomi dua negara itu terganggu, pertumbuhan ekonomi global juga bisa melemah," ujar Krishna, Jumat (23/3).

Tapi menurut dia, ada dampak positif dan negatif untuk Indonesia dari sentimen ini. Negatifnya, China bisa saja membuka pasar baru di luar AS untuk produk-produk yang dikenakan biaya masuk. Indonesia bisa menjadi salah satu sasarannya.

Jika produk China masuk ke Indonesia, produsen dalam negeri bisa terkena imbas. Tapi sisi positifnya, Indonesia dapat mengambil peluang untuk memperkuat ekspor ke AS menggantikan China.

Menurut Krishna, sentimen perang dagang masih akan mempengaruhi pasar dalam beberapa waktu ke depan. Pelaku pasar kini masih menunggu detail daftar barang yang akan dikenakan tarif masuk oleh AS. Sehingga, secara teknikal IHSG masih bisa menguji level support 6.150.

Analis Semesta Indovest Sekuritas Aditya Perdana Putra melihat, dalam lima belas hari ke depan, IHSG bisa menguji level support di rentang 6.072-6.076 dengan resistance di level 6.350. Meski begitu, ia menilai perang dagang ini bisa dimanfaatkan untuk menarik investor masuk ke Indonesia.

Momentum beli

Aditya menilai, kondisi ini justru bisa dimanfaatkan untuk menyerok saham-saham blue chip di harga bawah. Misalnya, BBCA, BBRI, MYOR, INDF dan UNVR. Selain itu, perlu dicermati pula emiten saham yang masih fokus dengan penjualan dalam negeri. "Saat perang dagang terjadi, dollar melemah, maka akan menyulitkan ekspor," ujar dia.

Krishna menambahkan, koreksi IHSG bisa dimanfaatkan untuk melirik saham yang tak terkait langsung dengan China. Misalnya, saham perbankan, konstruksi dan barang konsumsi.

Namun Harry Su, Managing Director & Head of Equity Capital Market Samuel Internasional justru menyarankan untuk menghindari saham perbankan. Sebab, perang dagang akan membuat harga barang mahal..

Hal itu akan menyebabkan inflasi naik dan memungkinkan kenaikan suku bunga. Sehingga, saham yang punya korelasi kuat dengan mata uang asing akan terimbas. "Hal ini bisa berdampak ke suku bunga dan nilai tukar rupiah," tandas dia.

Harry mengatakan, saham sektor komoditas saat ini cenderung defensif. "Saham ini dapat benefit dengan pelarangan China masuk ke Amerika, mereka akan dapat kesempatan mengirim produknya ke sana," ujar Harry.

Beberapa saham defensif tersebut misalnya, PGAS, ANTM dan ITMG. Harry bilang, harga ANTM masih berpotensi naik hingga Rp 1.050 per saham. Harga komoditas emas juga akan terkerek sentimen perang dagang. Sebab, pasar akan memburu simpanan dalam bentuk safe haven.

Andri Zakaria Siregar, Head of Technical Analyst BNI Sekuritas, mengatakan, saham konsumer seperti UNVR cukup defensif dibandingkan sektor lainnya. Beberapa saham blue chips seperti BBCA dan JSMR juga mulai bisa dilirik.

Frederik Rasali, Vice President Research Artha Sekuritas Indonesia, menjagokan saham ASII, BBRI, BMRI, BBCA, ICBP dan INDF. Sementara itu, Kiswoyo Adi Joe, analis Recapital Asset Management, menyebut, saham BRPT, FPNI, BWPT dan INKP cenderung tahan banting saat IHSG melorot.

Source:
Kontan

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr