google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Ulasan Penutupan Pasar Saham Indonesia | 7 Mei 2018 Langsung ke konten utama

Ulasan Penutupan Pasar Saham Indonesia | 7 Mei 2018

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review 07 Mei 2018*

Tercatat 227 saham menguat dan 174 saham melemah. *IHSG +92.75 poin (+1.60%) ke level 5.885,098*, dan *LQ-45 +20,91 poin (+2.27%) ke level 941,039*.

*Sectoral Return :*
- Agri +1,25%
- Mining +1,36%
- Basic-Ind +0,79%
- Misc-Ind -1,48%
- Consumer +5,09%
- Property +0,28%
- Infrastructure +1,23%
- Finance +1,10%
- Trade +0,05%

Investor asing *net sell senilai Rp 665,81 Milyar*.

*USD/IDR +56,00 poin (+0.40%)* terhadap Rupiah di angka 14.001.

*Saham yang ditutup menguat*

- *DOID ditutup menguat Rp 25 (+2,85%) ke level Rp 900*. Harga batubara beberapa waktu belakangan terus menguat. Saat ini, harga batubara di New Castle Index kembali mencapai US$ 100 per ton. Menanggapi hal tersebut, Direktur Keuangan PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) Eddy Porwanto mengaku senang. Sebab, hal ini juga akan mempengaruhi meningkatnya kontrak baru yang akan digarap DOID.

- *ERAA menguat Rp 150 (+8,52%) ke level Rp 1.910*.  Aksi penertiban nomor prabayar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) semula sempat memicu kekhawatiran pelaku pasar telekomunikasi. Namun sepertinya, kekhawatiran itu terbukti pada PT Erajaya Swasembada Tbk. Penjualan telepon seluler atawa ponsel masih menyokong kinerja kuartal I 2018. Dari Januari-Maret 2018, penjualan ponsel bersama dengan tablet tercatat Rp 6,92 triliun. Nilai penjualan itu bertambah lebih dari Rp 2 triliun ketimbang periode yang sama tahun lalu. Penjualan ponsel dan tablet kuartal I 2017 mencapai Rp 4,07 triliun.

- *MYOH menguat Rp 20 (+2,24%) ke level Rp 910*. Saat ini PT Samindo Resources Tbk masih terus mengincar lahan tambang batubara guna memperluas bisnisnya dalam bidang pembangkit listrik. Belakangan ini, harga batubara terbilang atraktif bila dibandingkan tiga tahun belakangan.  Kenaikan harga batubara ini juga dapat mempengaruhi harga lahan tambang. Hal itu tak ditampik oleh Presiden Direktur PT Samindo Resources, Kim Jung Gyun. Ia mengatakan apabila harga batubara meningkat, maka secara otomatis harga lahan tambang juga meningkat. Sehingga, sambung Kim, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memilih dan mencari tambang yang tak terlalu besar.

- *DSFI menguat Rp 12 (+10,81%) ke level Rp 123*.  Walau libur lebaran bakal kurangi produktivitas nelayan, namun PT Dharma Samudera Fishing Industries Tbk (DSFI) optimistis tetap dapat mencetak kenaikan pendapatan pada kuartal II-2018. Pasalnya, permintaan ekspor dari Amerika Serikat dan Uni Eropa masih aman sehingga proses penangkapan ikan DSFI terus digenjot. "Sebelum libur lebaran kita lemburkan untuk mengejar target ekspor," kata Saut Marbun, Corporate Secretary DSFI kepada Kontan.co.id, Jumat (4/5).

- *JSMR menguat Rp 60 (+1,45%) ke level Rp 4.180*.  Direktur Utama PT Jasa Marga Dessy Arryani mengatakan, semua proyek yang tengah dikerjakan di jalur tol Jakarta-Cikampek bakal dihentikan selama 20 hari. Hal ini dilakukan guna menjaga kelancaran arus mudik yang melewati tol milik Jasa Marga tersebut, menyusul ditetapkannya libur Lebaran dan cuti bersama selama 10 hari oleh pemerintah. Proyek pembangunan di jalur Japek yang akan dihentikan di antaranya yaitu, Jalan Tol II Jakarta Cikampek Elevated, Proyek light rail transit (LRT) Jabodebek dan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Penghentian pengerjaan proyek dilakukan setelah keputusan kebijakan libur dari pemerintah ditetapkan.

- *BBKP menguat Rp 10 (+2.56%) ke level Rp 400*. PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menargetkan dana rights issue sebesar Rp 1,9 trliun. Asumsi target dana yang diperoleh dalam rights issue ini jika semua saham rights issue dieksekusi. Bank Bukopin akan menggunakan dana hasil rights issue ini untuk peningkatan rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) dan pengembangan bisnis. Bukopin aakan menerbitkan 2,7 miliar saham baru dengan kisaran harga pelaksanaan Rp 550-Rp 700 per saham.

*Saham yang ditutup melemah*

- *BBNI melemah Rp 150 (-2.00%) ke level Rp 7.325*. PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI kini menerapkan sistem pengamanan baru untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat bertransaksi menggunakan kartu debit BNI secara online. Pengamanan yang ditanam-kan BNI untuk melindungi transaksi kartu debit BNI saat ini ialah sistem 3 domain secure (3DS). Sistem itu merupakan protokol pengamanan yang digunakan bank-bank di seluruh dunia untuk mengautentifikasi transaksi kartu secara online dengan menggunakan real card number dalam bertransaksi online.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal