google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 13 Juli 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 13 Juli 2018

*Mirae Asset Sekuritas Indonesia*
Investment Information Team

*Market Review  13 Juli 2018*

Tercatat 218 saham menguat dan 190 saham melemah. *IHSG +36.2 poin (+0.61%) ke level 5,944.07*, dan *LQ-45 +7.37 poin (+0.79%) ke level 937.72*.

*Sectoral Return :*
- Agri -0.16%
- Mining +0.87%
- Basic-Ind +0.18%
- Misc-Ind +1.39%
- Consumer +0.80%
- Property -0.09%
- Infrastructure -0.87%
- Finance +1.12%
- Trade +0.73%
- Manufacture +0.73%

Investor asing *net BUY senilai Rp 461 Miliar*.

*USD/IDR -12.00 poin (-0.08%)* terhadap Rupiah di angka 14,378.

*Saham yang ditutup menguat*

- *PGAS ditutup menguat Rp 65 (+4.01%) ke level Rp 1,685*. Integrasi PT Pertamina Gas (Pertagas) oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), seharusnya dijadikan momen untuk memangkas jumlah calo gas. Ada integrasi membuat calo gas semakin sulit melakukan aksinya. Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara mengatakan, penyatuan dua perusahaan melalui subholding gas akan mempersempit pergerakan calo gas, yang selama ini membuat mata rantai penjualan gas berlapis sehingga harga gas ke konsumen menjadi mahal.

- *ANTM menguat Rp 50 (+5.81%) ke level Rp 910*.  Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam naik Rp 2.000 menjadi Rp 648 ribu per gram pada perdagangan Jumat (13/7/2018). Pada perdagangan kemarin, harga emas Antam berada di posisi Rp 646 ribu per gram. Sementara harga pembelian kembali atau buyback di posisi Rp 575 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda akan menjual emas, maka Antam akan membelinya di harga Rp 575 ribu per gram.

- *BNLI menguat Rp 15 (+2.75%) ke level Rp 560*. Investor baru dikabarkan tertarik masuk PT Bank Permata Tbk. Investor baru ini rencananya akan masuk dengan membeli saham PT Astra International Tbk dan Standard Chartered Bank. Bahkan menurut sumber Kontan.co.id, Astra dan Standcard kabarnya akan menjual seluruh sahamnya ke investor baru ini. "Kabarnya dari Jepang," kata sumber kontan.co.id ini. Masih menurut sumber Kontan.co.id, dalam waktu dekat, Astra akan berkirim surat ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait rencana pelepasan saham ini. Namun, Richele Maramis, Head Corporate Affairs Bank Permata menyatakan dirinya tidak dalam posisi untuk memberikan komentar terhadap pemegang saham.

- *BBNI menguat Rp 225 (-3.20%) ke level Rp 7,250*. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) akan menjaga rasio margin bunga bersih (NIM) diangka 5,3%-5,5% pada semester II 2018. Sampai kuartal I 2018, BNI mencatat rasio NIM sebesar 5,41%. "Ke depan, kami ingin menjaga margin pada angka 5,3%-5,5%," kata Herry Sidharta, Wakil Direktur Utama BNI kepada Kontan.co.id, Rabu (11/7). BNI optimistis bisa menjaga margin NIM pada angka tersebut dengan beberapa strategi yang sudah disiapkan.

*Saham yang ditutup melemah*

- *SMCB melemah Rp 55 (-6.11%) ke level Rp 845*. Produsen Semen PT Holcim Indonesia Tbk. melakukan penetrasi pasar dengan meluncurkan produk baru mereka Holcim Mortar sebagai wujud komitmen kebutuhan konsumen khususnya efisiensi waktu pekerjaan dan hasil akhir yang sempurna. Head of Customer Marketing Holcim Indonesia Johanna Daunan, Kamis mengatakan, pihaknya terus melakukan inovasi dan solusi untuk menghasilkan produk-produk terbaik yang memberikan nilai tambah serta menjawab tantangan dunia konstruksi.

- *BFIN melemah Rp 10 (-1.49%) ke level Rp 660*.  Sejumlah perusahaan multifinance mulai ambil ancang-ancang untuk menyesuaikan kenaikan bunga kredit perbankan yang bakal direalisasikan pada Juli hingga Agustus ini. Salah satunya, adalah perusahaan PT BFI Finance Indonesia Tbk. Direktur IT dan Keuangan BFI Finance Sudjono mengatakan, perseroan bakal menaikan suku bunga ketika perbankan juga naik. Saat ini BFI Finance masih mengamati kondisi pasar hingga satu bulan ke depan, untuk memutuskan apakah menaikan suku bunga atau tidak. Meski ada peluang kenaikan bunga kredit, Sudjono berharap kenaikan tersebut jangan sampai mengorbankan target pertumbuhan pembiayaan. Karena laju pembiayaan saat ini masih rendah, atau berada di angka satu digit.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal