google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo INVESTASI BODONG | Kenali Ciri-cirinya, Jenis-jenisnya dan Perusahaannya Langsung ke konten utama

INVESTASI BODONG | Kenali Ciri-cirinya, Jenis-jenisnya dan Perusahaannya

investasi bodong

Investasi bodong adalah investasi yang tidak benar, usahanya berupa penipuan terhadap calon investor dengan modus yang bermacam-macam. Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) sudah membuat daftar terbaru tentang pelakunya dan ini harus dipelajari baik-baik. Ini penting agar pelaku investasi tidak mudah terjebak pada iming-iming yang melenakan tapi sungguh sangat merugikan bagi investor yang lengah.

Ciri - Ciri Investasi Bodong

Agar lebih memahami ciri-ciri investasi bodong, 7 modus berikut ini juga perlu Anda kenali, di antaranya:

ciri-ciri investasi bodong

Membayar Kewajiban Uang Muka

Pelaku investasi bodong seringkali meminta uang muka, dengan iming-iming keuntungan yang berlipat. Mereka juga akan meyakinkan Anda bahwa besarnya jumlah uang yang disetorkan akan menghasilkan keuntungan yang semakin tinggi.

Iming-iming Keuntungan Melalui Keputusan yang Mendesak

Upaya memengaruhi yang dilakukan pelaku investasi bodong juga bisa menyerang cara-cara Anda mengambil keputusan. Mereka akan meminta dan mendesak Anda untuk segera bergabung, melalui prospek keuntungan yang tampak muluk. Misalnya dengan memberi batas waktu yang singkat sehingga muncul kesan mendesak dan pengambilan keputusan yang terburu-buru.

Dijanjikan Pendapatan Hasil Investasi dalam Waktu Singkat

Selain propsek keuntungannya yang tampak muluk, kebanyakan pelaku investasi bodong juga akan meyakinkan bahwa keputusan mendesak Anda akan berbuah manis dalam waktu singkat. Harapan palsunya bisa dijanjikan dalam satu atau tiga bulan. Padahal tidak semua jenis investasi bisa berbuah manis dalam tempo yang sesingkat itu.

Return Tinggi tapi Minim Risiko

Mempertanyakan risiko ketika akan berinvestasi adalah hal lumrah. Akan tetapi berhati-hatilah jika risiko yang dijanjikan dari return terlampau besar, ternyata sangat minim. Bisa jadi ini cara ilegal pelaku investasi bodong untuk secepat mungkin mendapat persetujuan Anda saja.

Produk Investasinya Menawarkan Pilihan Level

Pelaku investasi bodong akan menawarkan produk dengan berbagai pilihan level. Istilah paket paling umum yang akan ditawarkan yakni paket silver, gold, dan platinum. Setiap level punya kewajiban berbeda yang seolah menjanjikan keuntungan berlipat berbeda pula.

Legalitas yang Meragukan, bahkan Tidak Mengantongi Izin

Berbagai modus investasi bodong mungkin dapat dihindari lebih cepat, jika Anda langsung mengenali keraguan latar belakang dari si pelaku. Kumpulkanlah informasi sebanyak mungkin tentang riwayat perusahaan, detail produk investasi, cara pemasaran, serta pencatatannya di Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), maupun Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti).

Pengelolaan Sumber Dana Tidak Jelas

Para pelaku investasi bodong biasanya mengelola uang investasi dengan skema ponzi atau money game. Skema ini menjalankan proses pembagian keuntungan pada nasabah dengan memakai uang milik investor baru. Jadi sebenarnya ini hanya akal-akalan perputaran uang saja.

Jenis - Jenis Investasi Bodong

jenis-jenis investasi bodong

Investasi Emas

Belum lama ini, masyarakat dihebohkan dengan praktik investasi bodong berkedok emas. Korbannya mencapai ribuan orang, dan kerugian yang dihasilkan sangatlah besar. Satu hal yang aneh adalah, investasi bodong selalu saja menarik banyak korban, bahkan lebih daripada yang tertarik di investasi sungguhan. Hal tersebut tampaknya disebabkan oleh penawaran keuntungan yang biasanya sangat menggoda, sehingga masyarakat tak ragu untuk menginvestasikan dananya dalam jumlah besar. Kembali pada kasus penipuan emas tadi, di mana pelaku memberi iming-iming keuntungan hingga berkali-kali lipat dari jumlah yang diinvestasikan. Kemudian pelaku akan meminta korban untuk menyetor dana investasinya, yang kemudian ditukarkan dengan sejumlah emas. Emas yang ditawarkan bervariasi, mulai dari emas batangan, emas perhiasan, bahkan koin emas. Sayangnya, seluruh emas tersebut adalah palsu dan terbuat dari logam kuningan biasa.

Dengan kata lain, Anda membeli logam kuningan biasa dengan harga luar biasa tinggi, dan tentunya logam kuningan ini tidak bernilai dan tidak dapat dijual kembali. Hal lain yang biasanya menjadi daya tarik investasi bodong ini adalah harga emas yang lebih murah dari pasaran. Dengan demikian Anda langsung bisa merasakan keuntungannya. Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk tidak tergoda dengan investasi bodong emas palsu ini, dan carilah perusahaan investasi yang memang sudah memiliki reputasi baik dan terpercaya.

Investasi Agrobisnis

Anda tentunya sudah pernah mendengar mengenai investasi agrobisnis. Investasi yang satu ini memang bukan jenis investasi yang baru. Namun karena belum terlalu umum layaknya saham atau investasi emas, masih banyak kasus penipuan dalam bentuk investasi agrobisnis ini. Dalam investasi bodong berkedok agrobisnis, biasanya korban akan ditawarkan untuk membeli dan mengelola sebuah lahan agrobisnis yang cukup besar, sehingga umumnya dibutuhkan biaya banyak.

Beberapa tahun lalu jenis penipuan yang satu ini cukup marak di masyarakat, dan nyatanya banyak yang tertipu dan akhirnya menanggung kerugian miliaran rupiah. Mengapa penipuan ini bisa begitu meyakinkan?

Pertama, biasa pelaku akan menawarkan dengan sedemikian yakinnya, ditunjang dengan sejumlah proposal dan alat pendukung lainnya yang dapat membuat para korban tergoda dan mau menanamkan dananya. Nah, setelah Anda mentransfer dana investasi, Anda juga masih diyakinkan dengan proses pemberian surat kepemilikan lahan dari pihak pelaku ke korban. Anda kemudian tinggal menunggu hasil keuntungan, di mana “katanya” lahan ini akan dikelola dan ditanami oleh para pelaku hingga menghasilkan keuntungan bagi korban. Tetapi meski menunggu hingga 10 tahun lagi, Anda tidak akan menerima keuntungan karena dalam praktiknya, lahan tersebut tidak pernah ada.Umumnya pelaku hanya akan menghilang dan membawa kabur uang Anda begitu saja.

Oleh karena itu, selalu pastikan perusahaan investasi agrobisnis Anda terpercaya dan lakukan survei lokasi. Apabila perlu, gunakan bantuan tenaga ahli untuk mengecek keaslian surat kepemilikan lahan yang diperoleh.

Investasi Warisan

Orangtua saya pernah berkata, setidaknya harus ada satu orang yang mengetahui seluruh asetmu, mulai dari rekening bank, deposito, properti, dan seluruh aset lainnya. Mengapa? Tentunya agar harta itu bisa diklaim jika sewaktu-waktu Anda meninggal. Tentunya memindahkan warisan memang bukan hal yang sederhana, dan banyak orang yang meminta bantuan untuk meng-klaim warisannya.

Dan nyatanya hal ini berhasil menjadi concern masyarakat yang dimanfaatkan oleh para penipu investasi. Oleh karena itu, jangan sampai Anda tergoda dengan investasi berkedok pemindahan warisan. Umumnya, jenis penipuan yang satu ini dilakukan melalui layanan internet dan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari luar negeri. Namun kini rupanya sudah merajalela hingga ke dalam negeri.

Awalnya kegiatan penipuan ini akan dimulai dari percakapan melalui internet, di mana pelaku mengaku memiliki sejumlah warisan atau dana dalam bentuk lain yang masih tertahan (belum bisa dicairkan), dan hanya bisa dicairkan jika dialihkan ke Indonesia (kepada korban). Biasanya mereka akan memberi iming-iming yang besar, misalnya dengan memberi keuntungan atau persenan dari jumlah warisan yang dapat dicairkan dengan syarat yang bersangkutan mau mentransfer sejumlah dana untuk biaya pencairan warisan tersebut. Biasanya dana yang diminta bernilai ratusan juga hingga ribuan dolar AS. Namun investasi ini adalah bodong karena setelah menerima dana dari korbannya, pelaku akan menghilang tanpa kabar.

Investasi Harta Karun

Apakah Anda senang mencari harta karun? Di era modern ini, bukan zamannya lagi untuk tertipu dengan investasi berkedok perburuan harta karun. Penipuan ini terkenal di luar negeri, namun akhir-akhir ini juga banyak terjadi di dalam negeri. Harta karun yang dimaksud di sini adalah harta berharga dan bernilai tinggi, seperti pusaka, perhiasan, keris, dan yang lainnya.

Aktivitas penipuan dimulai dengan munculnya pelaku yang mengaku sebagai “orang pintar” yang bisa mendeteksi harta karun bagi Anda. Mereka akan meyakinkan korbannya atas lokasi harta karun tersebut, misalnya di rumah, di kantor, atau bahkan di lahan tertentu milik korban. Selanjutnya, pelaku akan meminta balas jasa berupa sejumlah uang, biasanya mereka meyakinkan Anda dengan mengatakan uang tersebut akan dibelikan persiapan ritual, sesajen, dan lain-lain.

Tetapi kenyataan pahitnya adalah Anda tidak akan pernah menemukan harta karun tersebut, dan sejumlah uang yang sudah diberikan kepada “orang pintar” tersebut tidak akan pernah kembali ke tangan Anda.

Investasi Penggandaan Uang

Belum lama ini masyarakat dikejutkan dengan berita penangkapan Dimas Kanjeng, seseorang yang mengaku memiliki keahlian untuk bisa menggandakan uang. Kasus penipuan berkedok penggandaan uang yang dihadapi Dimas Kanjeng itu berdasarkan laporan korban atas nama Prayitno Supriadi, warga Kabupaten Jember. Tak tanggung-tanggung, korban Prayitno Supriadi tertarik membayar mahar sebesar Rp800 juta yang belum kembali hingga sekarang. Memang kasus yang satu ini sudah lama terjadi di masyarakat Indonesia. Namun sayangnya masih saja ada yang tertarik dengan investasi bodong ini.

Investasi ini memang terdengar sangat menarik, di mana pelaku biasanya menjanjikan penggandaan sejumlah uang yang Anda investasikan. Semakin besar dana yang diinvestasikan, maka keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar. Pelaku pun meyakinkan Anda dengan video praktik penggandaan uang layaknya sulap. Setelah Anda yakin dengan praktik penggandaan uang, maka Anda akan diminta untuk segera menyerahkan sejumlah dana yang akan diinvestasikan.

Awalnya, mereka akan menyerahkan hasil penggandaannya. Hal ini bertujuan agar korban tidak ragu untuk menyetorkan dana dalam jumlah yang lebih besar lagi. Namun impian menjadi kaya akan tetap menjadi mimpi, karena pada akhirnya dana yang disetorkan itu tidak akan pernah kembali dan memberi keuntungan.


80 Perusahaan Investasi Bodong


Diakses melalui minisite http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/AlertPortal/Home, masyarakat bisa mendapatkan daftar investasi yang tidak terdaftar dan tidak di bawah pengawasan OJK, antara lain: 

1. PT Cakra Pelita Investa
2. PT East Cape Mining Corporation (ECMC)
3. PT Eka Pioneer Assetindo
4. PT Exist Assetindo
5. PT Glory Golden Indonesia
6. PT Golden Bird (Index Golden Bird)
7. PT Golden Traders Indonesia Syariah
8. PT Gracia Invexindo
9. PT Indoboclub
10. PT Indoglobal Samrey International
11. PT Investasi Mandiri
12. PT Legion Artha Mulia
13. Aset Profit
14. Best Link
15. Bisnis Cermat Anda
16. BJ City
17. Blak Blakan 2
18. BMA21
19. CV Kebun Mas Indonesia
20. Exness Trading 
21. PT Global Agro Bisnis (I-gist)
22. Gold Union
23. HKDGOOD
24. http://meabisnis.com
25. IndoFxExpress.com
26. Clash FX
27. FBS
28. Gainscope
29. Global Intergold
30. Bossventure
31. Manusia Membantu Manusia (MMM)
32. Dream for Freedom
33. Wandermind
34. Sama sama Sejahtera (SSS)
35. PT Hutara Surya Pratiwi
36. PT Golden Mandiri Investama
37. PT Keadilan Semesta
38. PT Mahesa Alam Semesta
39. Ingon
40. Bank Forex Cash (BFC). 
41. Iswindo
42. JP5000
43. Kokajang Community
44. KFC Club
45. Mr. Money
46. One Coin
47. PT Buana Kemilau Persada (Mitra Gold)
48. Profit Juara
49. PT Baskara Gold
50. PT Mitra Super Sejahtera Indonesia (MISSI)
51. PT Peresseia Mazeaa Dwisapta Abadi (Primaz)
52. PT Sejati Maju Bersama
53. PT Cakrabuana Suskes Indonesia
54. Indo Success Club
55. PT Alsi Investindo Utama
56. Fa Liang
57. PT Multi Sejahtera
58. Q Net Internasional Ltd
59. PT Sukses Bangun Indonesia
60. PT Crown Indonesia Makmur
61. GNR Coin
62. Platinum Resign 
63. PT Alsi Investindo Utama
64. PT Virgin Gold Mining Corporation
65. PT Wein Group
66. Bina Usaha Mitra Sehat Sejahtera (BUMSS)
67. Rapid Gold and Currency Exchange
68. Saranciptaonline
69. Mayagold
70. Ruame
71. Amoeba Internasional
72. Talk Fusion
73. 2 Dollars Clubs
74. Number One Community
75. PT Inti Benua Indonesia
76. PT Compact Sejahtera Group (Compact 500)
77. PT Inlife Indonesia
78. Koperasi Segitiga Bermuda (ProfitWin 77)
79. PT Cipta Multi Bisnis Group
80. PT Mi One Global Indonesia


Source:
Sahabat Pegadaian. "Mengenal 7 Ciri-Ciri Investasi Bodong". Web. Diakses pada 17 Juli 2018. - 
Finansialku. "Hati-hati! Agar Tidak Ketipu, Pahami 5 Jenis Investasi Bodong yang Merajalela". Web. Diakses pada 17 Juli 2018. - 
Liputan6. "Ini Daftar 80 Perusahaan Investasi Bodong di Indonesia". Web. Diakses pada 17 Juli 2018. - 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit