Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 14 Agustus 2018


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Agustus 14, 2018)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Taye Shim (taye.shim@miraeasset.com)
Investor tampaknya mengambil pendekatan risk-off dalam pandangan investasi mereka setelah gejolak Turki. Mengingat 10yr bond yields Turki telah melonjak hingga 21%+, kami percaya market pricing in skenario default untuk Turki. Karena itu, investor tampaknya menyelidiki dampak penularan potensial di Eropa dan Emerging Market. Semalam, kami telah menyaksikan berlanjutnya penurunan harga di market global dan khususnya, market Indonesia telah mengalami penurunan harga yang kuat (IHSG -3,6%, 10yr yields +24bps, USD/IDR +0,9% @ IDR14.608,  foreigners net purchase -IDR647milyar). Perhatikan bahwa investor cenderung memilih market yang memiliki positive current account status (vs. Indonesia yang melaporkan CAD terburuk -3% sejak 2Q14). Kami akan tetap konservatif dan waspada untuk perkembangan market lebih lanjut.

Market Indicator
JCI: 5,861.25 (-3.55%)
EIDO: 22.78 (-5.08%)
DJIA: 25,187.70 (-0.50%)
FTSE100: 7,642.45 (-0.32%)
USD/IDR: 14,608 (+0.90%)
10yr GB yield: 7.94% (+24bps)
Oil Price: 67.20 (-0.64%)
Foreign net purchase: -IDR646.9bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: INKP, LPPF, BDMN, CPIN, INDY
TOP SELL: BBRI, TLKM, BBNI, BMRI, BBCA

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BBRI, BBCA, TLKM, BMRI, BBNI

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Emas Desember berakhir turun $ 20,10, atau 1,6%, pada $ 1,198.90 / oz.

*FILM +24.5%. Naik signifikan, BEI cermati saham FILM
*MDKA + 1.1%. Merdeka Copper gelar rights issue Rp 1,34 triliun Agustus ini
*MAIN -5.5%.Tumbuh 13,8%, kontribusi terbesar penjualan Malindo Feedmill dari pakan ternak
*EXCL -7.1%. XL gandeng Luna luncurkan smartphone Xtream Ultima
*PGAS -6.9%. Penjualan gas PGN ke industri menanjak 12% di semester satu
*DOID -4.1%. Delta Dunia Makmur mengerek belanja modal 2018

Daily write up
Consumer Confidence July: Sluggish growth post-festive season by Mangesti Diah Sulistiani (mangesti@miraeasset.co.id)

- Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) untuk bulan Juli turun 3,3pt ke 124,8p dari 128,1pt di bulan Juni (-2,5% MoM). Namun, untuk basis YoY, IKK masih lebih tinggi dibandingkan Juli 2017 (123,4pt).

- Persepsi konsumen pada kondisi ekonomi saat ini kurang optimis dibandingkan dengan enam bulan sebelumnya.  Indeks kondisi pendapatan dan indeks pembelian barang tahan lama turun 6.4%. Konsumen cenderung meningkatkan porsi tabungan menjadi 19,9% (vs 19,4% bulan Juni).

- Konsumen mengekspektasikan kenaikan harga untuk 3 bulan ke depan (Oktober 2018) karena kekhawatiran naiknya harga BBM non-subsidi. 6 bulan ke depan (Januari 2019) konsumen mengekspektasikan kenaikan harga akibat lonjakan permintaan secara musiman pada Natal dan Tahun Baru.

- Kami masih mengekspektasikan angka inflasi meningkat bersamaan dengan daya beli konsumen karena adanya Asian Games 2018 dan pemilihan presiden di 2019.
(Lihat laporan lengkap: https://goo.gl/M2eACB) 
Please click here to view full report




TOBA menargetkan pembiayaan proyek pembangkit listrik Sulut 3 untuk tahun ini (Kontan)
PT Tiba Bara Sejahtera Tbk (TOBA) saat ini sedang dalam tahap penutupan keuangan untuk proyek pembangkit listrik Sulut 3 yang berlokasi di Sulawesi Utara. Selanjutnya, perusahaan telah menandatangani perjanjian jual beli listrik (PPA) dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak April 2017. Pembangkit listrik Sulut 3 memiliki kapasitas produksi 150 MW.

PALM akan membagikan dividen sebesar IDR36,5/saham (Kontan)
PT Provident Agro Tbk (PALM) akan membagikan dividen sebesar IDR260bn, atau setara dengan IDR36,5/saham. Sebagai catatan bahwa PALM membukukan pendapatan sebesar IDR306,69 miliar dalam 1H18 (+19.0% YoY). Sementara itu, laba bersih 1H18 PALM turun menjadi IDR878 juta dari sebelumnya IDR80 miliar di 1H17.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik GarisBar Chart/Grafik BatangCandlestick Chart/Grafik Lilin Grafik Line Chart hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara Bar Chart dan Candlestick Chart hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya pribadi selalu menggunakan candlestick chart di platform trading yang sa…

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham. 
Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah.
Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham
Buyer Versus Seller
Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontrol, dan pihak m…