Analisa Pasar Global | 5 Maret 2019

Sponsored Links:
Mirae Asset Sekuritas Indonesia Global Market
(Mar 5, 2019)
Investment Information Team
(angga.choirunnisa@miraeasset.co.id)

U.S

Dow ditutup pada level terendah 2 minggu karena investor mencari rincian kesepakatan AS-China

Bursa AS berakhir lebih rendah pada hari Senin, dengan Dow ditutup pada level terendah dua minggu, karena investor berhati-hati setelah awalnya menyemangati laporan bahwa AS dan China hampir menyelesaikan kesepakatan perdagangan yang penting. Kekhawatiran bahwa saham menjadi terlalu mahal di belakang reli dua bulan dari posisi terendah Desember juga membebani sentimen.

Dow Jones -0,79%, turun 206,67 poin menjadi 25.819,65. S&P 500 -0,39%, turun 11,07 poin menjadi 2.792,62. Nasdaq -0,23%, turun 17,79 poin menjadi 7.577,57.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa Washington dan Beijing dapat mencapai kesepakatan perdagangan paling cepat dalam bulan ini. Laporan-laporan media juga mengatakan pakta itu akan mengakhiri sebagian besar tarif AS yang dikenakan terhadap Tiongkok sebagai imbalan terakhir menindaklanjuti janjinya sendiri untuk memungkinkan lebih banyak ekspor AS, di antara langkah-langkah lainnya.

Di sisi ekonomi, Departemen Perdagangan mengatakan bahwa pengeluaran konstruksi turun 0,6% pada bulan Desember, versus kenaikan 0,3% yang diharapkan oleh para ekonom dari survei MarketWatch.

Eropa

Indeks utama Eropa naik karena AS dan China mengambil langkah menuju perjanjian perdagangan

Bursa Eropa naik pada hari Senin setelah laporan AS dan China dengan cepat bergerak menuju tercapainya kesepakatan untuk mengakhiri perang tarif mereka yang berkepanjangan.

Stoxx Europe 600 naik 0,23% menjadi 375,38.

Keuntungan ekuitas didorong oleh optimisme investor atas perkembangan kesepakatan perdagangan terbaru antara AS dan China. Artikel dari Bloomberg dan The Wall Street Journal mengatakan Cina menawarkan untuk meringankan tarif dan pembatasan lainnya pada pertanian, bahan kimia, mobil dan produk lainnya AS, sementara Washington dilaporkan menghapus sebagian besar sanksi pada impor China, menurut sumber yang tidak disebutkan namanya.

British American Tobacco PLC BATS, +0,30% turun 2% setelah mengkritik Pengadilan Banding Quebec karena tidak membatalkan keputusan terhadap anak perusahaannya di Kanada. Daily Mail & General Trust PLC DMGT, +4,48% memimpin kenaikan tertinggi Stoxx 600, menambahkan 5% setelah grup mengumumkan akan mengembalikan $ 1,19 miliar kelebihan uang tunai kepada pemegang saham.


Komentar