Rekomendasi Saham William Hartanto | 1 Maret 2019

Sponsored Links:
WH Project Outlook 1 Maret 2019

IHSG ditutup menurun sebesar 82,33 poin (-1.26%) menuju level 6433.34 pada perdagangan hari Kamis 28 Februari 2019.

DIKABARKAN ADA DOWNGRADE LAGI, DAN RESPONS ATAS PERTEMUAN VIETNAM

Dikabarkan ada downgrade kembali oleh salah satu broker asing walapun downgrade hanya sampai menuju neutral, namun efeknya sangat terasa. IHSG pun mulai patah tren, artinya hari ini jika IHSG menurun kembali maka kita sudah terkonfirmasi masuk downtrend.

Kami membuat kesimpulan bahwa sebelum pemilu akan banyak “serangan” oleh broker asing terhadap IHSG, hal ini termasuk wajar karena mereka menjaga keamanan nasabah mereka. Pemilu adalah sesuatu yang bersifat gambling, tidak ada yang tahu siapa pemenangnya, dan pengalaman bagaimana pemilu AS berakhir dengan kemenangan Trump tanpa diguga, maka mereka diperkirakan telah belajar dari sana dan mulai belajar berhati-hati. Kami juga memperkirakan upgrade akan kembali jika arah pemerintahan sudah jelas kembali, yang artinya setelah pemilu.

Investor terlihat kecewa di pasar Asia, karena pertemuan di Vietnam antara Trump – Kim Jong Un tidak membawa hasil. Hal ini dikarenakan Trump tidak bisa memenuhi permintaan mencabut semua sanki yang diberikan terhadap Korut. Pasar semakin tidak pasti.



Lalu, bagaimana dengan IHSG hari ini?

Secara teknikal IHSG sudah masuk downtrend. Kecuali pada hari ini ada “patriotisme investor” lagi dan pelaku pasar berusaha menaikkan IHSG kembali. Peluang tersebut cukup terbuka melihat IHSG sudah beberapa hari tidak bisa menguat.

IHSG VIEW

IHSG berpotensi bergerak mixed dalam range 6420 s/d 6520.

REKOMENDASI SAHAM

Saham-saham yang dapat diperhatikan untuk trading hari ini: SIDO, DMAS, JPFA, GIAA.

Komentar